Tak Hanya Kucing dan Anjing, 6 Pilihan Hewan Lucu ini Juga Cocok Jadi Teman Bermain

Ketika kucing dan anjing sudah lumrah jadi hewan peliharaan, beberapa hewan ini tak kalah menggemaskan

Manusia merupakan makhluk sosial yang tidak bisa hidup sendirian. Sesekali manusia juga perlu memiliki teman bermain untuk menghilangkan stres setelah disibukkan dengan aktivitas. Memelihara hewan menjadi pilihan tepat bagi kita saat berada di dalam rumah. Tingkah lucunya kadang membuat kita tertawa tanpa harus beranjak dari kenyamanan.

Beberapa hewan peliharaan mungkin bisa dirasa seperti anggota keluarga sendiri. Biasanya orang memelihara kucing dan anjing. Tingkah lucu dan kesetiaan keduanya memang perlu diacungi jempol. Tapi, ada heawan lucu lain yang juga layak dipelihara dan jadi teman kita, lo. Apa saja ya?

Advertisement

1. Burung Hantu

Photo by Sounder Quest on Unsplash

Photo by Sounder Quest on Unsplash via https://unsplash.com

Meskipun terlihat garang, beberapa orang memilih burung hantu sebagai hewan peliharaan. Makhluk nokturnal ini sangat cocok bagi pekerja yang seharian sibuk dengan aktivitasnya dan hanya memiliki waktu malam hari untuk refreshing. Seperti halnya anjing, burung hantu tergolong spesies buas yang dapat dijinakkan.

Cara perawatannya tergolong mudah jika dibandingkan burung lainnya. Kamu hanya perlu memberikan makan sekali sehari pada sore atau malam hari dengan jenis makanan segar. Burung hantu lebih sering berada pada tempatnya atau hanya melakukan sedikit aktivitas setiap harinya. Hal ini juga yang membuat pemiliknya tak perlu payah menyiapkan sangkar lebih besar.

Advertisement

Burung hantu juga memiliki kemampuan unik yang membedakannya dari burung lainnya. Mereka dapat memutar kepala hingga 270 derajat. Beberapa karakteristik istimewa tersebut bisa menjadikan burung hantu sebagai salah satu pilihan hewan peliharaan.

2. Hamster

Photo by Ricky Karawala on Unsplash

Photo by Ricky Karawala on Unsplash via https://unsplash.com

Kalian pasti ingat dengan serial Hamtaro! Si hamster kecil yang gemar makan biji bunga matahari! Lucu bukan tingkah hamtaro? hehe

Advertisement

Hamster dikenal sebagai hewan mungil menggemaskan yang suka berlari dalam putaran roda. Tubuhnya yang kecil nan lucu membuat hamster menjadi salah satu hewan peliharaan terbaik yang cocok menemani keseharianmu. Dengan perawatan yang sederhana, hamster sudah dapat tumbuh dan berkembang dengan baik.

Kamu hanya perlu menyediakan ruang kubus lengkap dengan mainan kecil di dalamnya serta beberapa makanan kecil yang bisa dimakan oleh hamster. Namun, sebelum meminang hamster sebagai hewan peliharaan, alangkah baiknya kamu juga harus paham dalam memilih jenis hamster yang jinak. Karena jika salah memilih jenisnya, hamster akan cenderung suka menggigit orang lain.

3. Kelinci

Photo by Waranya Mooldee on Unsplash

Photo by Waranya Mooldee on Unsplash via https://unsplash.com

Tidak jarang beberapa orang menjadikan kelinci sebagai hewan peliharaannya. Fisiknya yang gemuk ditumbuhi bulu halus membuat kelinci lebih nyaman untuk dipeluk. Terkadang saat sedang terdiam, kelinci lebih mirip seperti boneka hidup. 

Kelinci akan lebih cocok pada pemilik dengan pribadi periang dan energik. Pasalnya, kelinci lebih suka melompat daripada berdiam diri. Terlebih saat ada orang asing yang mendekatinya. Jangan khawatir, kelinci termasuk hewan jinak yang tak perlu perawatan ekstra.

4. Ikan Cupang

Photo by Worachat Sodsri on Unsplash

Photo by Worachat Sodsri on Unsplash via https://unsplash.com

Siapa yang tidak terpesona dengan kecantikan ikan cupang? Ikan cupang merupakan primadona di antara para ikan hias lainnya. Ekornya yang indah penuh kharisma menjadikan ikan cupang sebagai salah satu pilihan terbaik dalam memilih hewan peliharaan.

Dengan melihatnya saja mata kita seakan dimanjakan oleh keindahan dunia dari makhluk kecil ini. Pikiran seakan dapat disegarkan hanya dengan melihat ekornya dikibaskan saat berenang di akuarium.

5. Burung Kakak Tua

Photo by Jairo Alzate on Unsplash

Photo by Jairo Alzate on Unsplash via https://unsplash.com

Burung kakak tua terkenal dengan kemampuannya meniru suara manusia. Sudah banyak orang yang menjadikannya hewan peliharaan untuk diletakkan di luar ruangan. Selain menghibur diri sendiri, burung ini juga dapat memberitahukan saat sang pemilik kedatangan tamu di depan rumah.

Burung ini sangat cocok bagi pemilik yang menyukai adanya suara. Dalam artian lebih baik dihindari jika kalian tidak menyukai kebisingan.

6. Love Birds

Photo by Jonah Pettrich on Unsplash

Photo by Jonah Pettrich on Unsplash via https://unsplash.com

Salah satu burung cantik yang menjadi idola di pasaran yaitu love birds. Kalau orang Jawa biasa menyebutnya labetBurung yang memiliki warna cantik alami ini juga sangat cocok menjadi hewan peliharaan di rumah. Pemeliharaannya juga cukup mudah dan murah.

Selain itu suara dari burung ini menjadi daya tarik tersendiri bagi para penggemar setia love birds. Banyak juga loh yang menjadikan love birds ajang perlombaan dari segi suaranya. Waw… tak hanya sebagai hiburan, love birds juga bisa menghasilkan cuan. 

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya

Advertisement

“Artikel ini merupakan kiriman dari pembaca hipwee, isi artikel sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.”

Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

Saya seorang bidan doyan nulis

CLOSE