Bullying atau ejekan biasanya dilakukan oleh sekelompok orang terhadap orang lain. Rata-rata seseorang dibully karena memiliki masalah pada fisiknya. Contohnya karena dia berbadan gemuk, kurus, cacat, dan lain-lain. Akan tetapi, jika kamu merasa fisikmu baik-baik saja, maka ada alasan lain yang membuatmu dibully.

1. Masalah ekonomi bisa membuatmu dibully

Miskin vs Kaya

Miskin vs Kaya via https://www.finansialku.com

Ada pepatah mengatakan bahwa:


Apabila berteman dengan tukang minyak tanah maka kita akan bau minyak tanah, tapi kalau kita berteman dengan tukang minyak wangi maka bau kita juga akan wangi.


Advertisement

Artinya bahwa apabila kita berteman dengan orang yang baik kita akan menjadi orang baik. Sebaliknya, jika kita berteman dengan orang yang tidak baik, maka kita juga menjadi orang yang tidak baik. Akan tetapi, banyak yang salah mengartikan pepatah tersebut. Banyak yang mengartikan bahwa jika kita berteman dengan orang yang kurang mampu, maka kita akan menjadi orang yang tidak mampu juga dan sebaliknya. Inilah mengapa masalah ekonomi membuat seseorang termasuk kamu dibully. Jika kamu berasal dari keluarga yang tidak mampu, maka kamu akan dibully oleh teman maupun orang lain. Akan tetapi, jika kamu berasal dari keluarga mampu, bukan berarti kamu tidak akan dibully, bisa jadi kamu dibully karena orang lain iri denganmu. Jadi, ubahlah hidupmu menjadi lebih baik, dan tunjukkan pada mereka apa yang telah kamu lakukan.

2. Kelemahanmu yang membuatmu dibully

Karena kamu penakut, jadi wajar kamu dibully

Karena kamu penakut, jadi wajar kamu dibully via http://google.com

Tak ada manusia yang sempurna. Jadi, wajar jika setiap manusia memiliki kelemahan akan suatu hal. Misalnya, kamu disuruh temanmu lompat dari suatu ketinggian dan kamu tidak melakukannya, kamu akan di bilang "penakut" dan seterusnya kamu akan dibully seperti itu. Kamu akan berhenti dibully jika kamu bisa mengatasi rasa takutmu itu. Jadi, atasilah kelemahanmu atau jangan sampai kelemahanmu diketahui orang lain.

3. Kelebihanmu juga bisa membuatmu dibully

Parasmu yang rupawan bisa membuat orang lain "iri"

Parasmu yang rupawan bisa membuat orang lain "iri" via http://google.com

Kelebihan fisik bukan berarti karena kamu berbadan gemuk. Di sini kelebihan fisik diartikan sebagai fisik yang “lebih baik” dibandingkan dengan yang lain. Seperti berparas cantik, berparas tampan, berkulit putih, dan lain-lain. Tidak semua orang dapat menerima kelebihan fisikmu. Rata-rata orang akan “iri” dengan kelebihanmu. Jadi, kamu dibully karena mereka “iri” dengan kelebihan fisikmu.

4. Prestasi yang kamu miliki bisa jadi membuatmu dibully

Anak muda berprestasi, Joey Alexander

Anak muda berprestasi, Joey Alexander via http://google.com

Advertisement

Sama halnya dengan kelebihan fisikmu, keahlian yang kamu miliki juga tidak semua bisa menerimanya. Mereka akan cenderung “iri” kepadamu, dan itulah yang terkadang membuat kamu dibully.

5. Ada beberapa sifatmu yang menyebabkan kamu dibully

Tidak bisa menahan emosi

Tidak bisa menahan emosi via http://google.com

Sama seperti yang dikatakan sebelumnya, bahwa manusia tidak ada yang sempurna. Begitu juga denganmu. Mungkin ada beberapa sifat yang membuat kamu dibully seperti manja, pemarah, jutek, dan lain-lain. Tidak semua orang bisa menerima sifatmu. Adapun yang bisa menerima sifatmu memilih untuk bersikap “cuek”. Sedangkan, yang tidak bisa menerima sifatmu memilih untuk bersikap “perhatian” yang tak lain adalah dengan membully.

6. Bisa jadi mereka ingin dekat denganmu, tetapi gengsi

Ingin berteman tetapi gengsi

Ingin berteman tetapi gengsi via http://google.com

Mungkin kamu pernah berpikir bahwa kamu tidak memiliki kelebihan ataupun mungkin sifatmu tidak terlalu menyebalkan, tetapi kamu sering dibully. Mereka mungkin ingin dekat denganmu, tetapi gengsi atau bisa juga karena tidak tahu caranya supaya bisa dekat denganmu. Sehingga mereka ingin mendapat perhatianmu dengan cara membully.

Itulah beberapa alasan yang membuat kamu dibully. Jadi, jika kamu ingin membalasnya, balaslah dengan senyuman dan prestasimu!

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya