Jerawat merupakan masalah kulit yang paling sering di alami oleh setiap orang. Tak hanya kaum wanita, ternyata pria juga rentan terkena masalah kulit tersebut. Aktivitas para pria yang cenderung lebih sibuk dan padat membuat mereka tidak sempat untuk menjaga kebersihan kulit wajah mereka.

Jika perawatan yang intens bukan solusi atas segala keterbatasan waktu tersebut, maka tips mengenai kebiasaan-kebiasaan kecil ini dapat diterapkan untuk meminimalisir munculnya jerawat-jerawat nakal tersebut.

Yuk intip beberapa tips untuk menjaga kebersihan kulit wajahmu agar si dia lebih senang berdekatan denganmu!

1. Jangan menunda-nunda mandi saat setelah berolahraga ya!

Jangan menunda-nunda

Jangan menunda-nunda via http://yournextremedy.blogspot.com

Umumnya, para pria memang gemar berolahraga untuk menjaga kebugaran dan melatih stamina. Olahraga memang efektif dalam membantu tubuh mengeluarkan racun melalui ekskresi keringat, namun kebanyakan pria tidak memiliki kesadaran akan pentingnya membersihkan diri sesegera mungkin setelah mengeluarkan keringat saat berolahraga.

Advertisement

Mereka justru cenderung memiliki kebiasaan untuk mengelap keringat dengan baju, tangan, dan bantuan benda lainnya yang tak terjamin kebersihannya. Jika hal tersebut dibiasakan, maka kesehatan kulit badan dan wajah akan terganggu. Akibatnya, kulit akan rentan terkena jerawat punggung (back acne) dan jerawat di wajah!

2. Kurangi merokok dan minuman beralkohol yuk sob!

Kurangi merokok dan minuman beralkohol

Kurangi merokok dan minuman beralkohol via http://www.cigarettesreviews.com

Menurut penelitian yang dilakukan oleh San Galiicano Dermatological Insitute di Roma, kurang lebih 40% perokok memiliki masalah kulit berjerawat. Hal tersebut disebabkan karena merokok dapat memperkecil pembuluh darah. Kondisi tersebut merangsang pertumbuhan komedo, jerawat, serta menimbulkan kerutan-kerutan pada wajah.

Tak kalah dengan rokok, minuman beralkohol juga turut memberikan kontribusi dalam memperparah kondisi jerawat di kulit wajah.

3. Hindari rasa malas untuk membersihkan kulit wajah yuk!

Hindari rasa malas

Hindari rasa malas via https://www.themanual.com

Advertisement

Membersihkan kulit wajah dua kali dalam sehari merupakan cara yang sangat sederhana untuk dilakukan oleh para pria yang tak ingin terlalu repot dalam menjaga kebersihan kulit wajahnya. Hal tersebut dilakukan saat setelah bangun tidur di pagi hari dan sebelum tidur di malam hari. Pakailah sabun pembersih wajah yang cocok dan sesuai dengan tipe kulitmu.

Jika kulitmu berminyak cenderung berjerawat, pakailah sabun pembersih wajah yang mengandung bahan Salicylic Acid. Jika kulitmu kering dan sering terkelupas, pakailah sabun pembersih wajah yang mampu menyeimbangkan kadar pH kulit wajahmu serta rajin memakai pelembab.

Jangan lupa untuk memakai sunblock wajah dan badan di siang hari agar kulitmu tidak terkena paparan UVA dan UVB yang dapat memberikan dampak buruk baik dalam jangka pendek maupun jangka panjang (seperti penuaan, kanker kulit, dan lain-lain).

4. Kurangi begadang!

Kurangi begadang!

Kurangi begadang! via http://www.wisegeek.com

Mengurangi kebiasaan begadang ternyata sangat berpengaruh untuk menjaga kondisi kesehatan kulit loh! Menurut Laporan Journal of Clinical Endokrinologi and Metabolism, jam tidur ideal yang tak terpenuhi mampu meningkatkan sitokin inflamasi. Hal ini dapat memicu peradangan dan pertumbuhan jerawat di permukaan kulit.

Sah-sah saja jika begadang memang diperlukan untuk mengerjakan tugas kuliah maupun kantor demi mengejar deadline, namun jika tidak terlalu diperlukan, hindari kebiasaan buruk ini ya.

5. Menjaga kebersihan rambut

kebersihan rambut

kebersihan rambut via https://brickellmensproducts.com

Tak sedikit pria rutin menata rambut kepalanya menggunakan gel rambut/pomade. Namun, banyak dari mereka yang malas untuk membersihkannya menggunakan shampoo. Kurang bersihnya rambut kepala mampu mendorong penyebaran bakteri pemicu jerawat di permukaan kulit melalui bantal.

Tak hanya rambut kepala, kebersihan kumis serta brewok pun harus tetap dijaga. Hal ini disebabkan karena semakin lebat rambut kumis dan brewok, maka semakin mudah penyebaran bakteri penyebab jerawat di area tersebut. Mencukur rambut kumis dan brewok secara rutin merupakan cara yang tepat untuk menjaga kebersihan kulit wajahmu. Selalu gunakan shave cream agar bagian yang hendak dicukur tidak mengalami iritasi ya!

6. Menghindari Stres

Menghindari Stres

Menghindari Stres via https://www.promises.com

Lelahnya kehidupan kantor dan rumah tangga memang terbukti mampu memicu stres. Menurut Rachel Nazarian (Dermatologist), jerawat yang disebabkan oleh stres dilalui oleh proses pelepasan hormon kortisol dan hormon testosteron. Sebagai pria, alangkah baiknya kita mampu menyikapi masalah dengan tenang dan bijak.

Selain mampu menyelesaikan masalah secara efektif, belajar menyikapi masalah dengan tenang dan bijak juga mampu meredam pikiran negatif. Pikiran yang positif mampu mengontrol keseimbangan hormon dan sistem kekebalan tubuh agar mencegah timbulnya berbagai penyakit termasuk jerawat.

7. Hindari kebiasaan memencet jerawat

memencet jerawat

memencet jerawat via https://www.gqindia.com

Jerawat yang tengah matang dan memerah memang terkadang membuat kita ingin segera memencetnya agar cepat menghilang. Namun, hal tersebut ternyata merupakan suatu kesalahan besar. Memencet jerawat hanya akan memicu penyebaran jerawat dan memperparah kondisi bekas yang ditinggalkan.

Kebiasaan buruk ini juga dapat meninggalkan bopeng pada permukaan kulit. Seperti yang telah kita ketahui, kondisi permukaan kulit yang telah bopeng sangat sulit untuk diperbaiki dan memerlukan waktu regenerasi yang lama. Selain itu, dilarang keras untuk memencet jerawat di area T-Zone (daerah sekitar dahi dan hidung) karena terdapat banyak pembuluh darah dan syaraf-syaraf penting di area tersebut.

8. Hindari pemakaian Steroid

Steroid digunakan oleh kaum pria untuk membantu pembentukan massa otot dalam bentuk suplemen oral. Sementara itu, steroid juga marak digunakan sebagai bahan aktif dalam kosmetik untuk mengobati dan menekan inflamasi pada jerawat. Namun, pemakaian steroid secara berlebihan juga dapat mengakibatkan acne-steroid loh!

Dikutip dari www.dermnetnz.com, acne-steroid adalah ungkapan untuk kondisi kulit berjerawat yang disebabkan oleh penggunaan kortikosteroid dalam dosis tinggi. Biasanya hal ini terjadi dalam masa pengobatan melalui bantuan obat steroid sistemik. Kondisi jerawat yang parah ini merupakan efek samping dari penggunaan steroid anabolik baik secara oral maupun topikal. Tak hanya bagian wajah, acne-steroid ini juga dapat menyerang bagian tubuh terutama punggung (back acne).

9. You are what you eat

You are what you eat

You are what you eat via http://thepaleologic.com

Kamu adalah apa yang kamu makan. Jika kamu pernah mendengar peribahasa tersebut, itu berarti kamu juga harus menerapkannya dalam kehidupanmu. Hindarilah makan-makanan berminyak jika kamu tak mau kulit wajahmu semakin berminyak. Hindarilah konsumsi kacang-kacangan, dairy products (susu, telur, keju, dan lain-lain) secara berlebihan jika kamu tak mau kulit wajahmu disinggahi oleh jerawat-jerawat nakal.

Perbanyaklah mengonsumsi air putih supaya kelembaban kulitmu tetap terjaga, dan memakan buah serta sayuran agar kulitmu tetap ternutrisi. Tak hanya untuk mencegah terjadinya berbagai permasalahan kulit seperti jerawat, memperhatikan nutrisi dan pola makan juga membantumu tetap segar, bugar dan sehat sehingga terhindar dari berbagai macam penyakit lho!

Nah, itulah 9 kebiasaan sederhana untuk menjaga kebersihan kulit guna mencegah terjadinya jerawat. Jika semua kebiasaan diatas rutin dilakukan, niscaya jerawat-jerawat nakal di permukaan kulit kamu akan hilang dengan sendirinya. Jika kamu memiliki wajah yang bersih dan bebas dari jerawat, kepercayaan dirimu pun akan meningkat. Menjaga kesehatan dan mencegah penyakit itu enggak semahal yang kamu pikirkan lho, asalkan tetap konsisten dan sabar dalam menjalaninya!

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya