Tak Ingin Sengsara di Hari Tua, Ini 5 Asuransi yang Wajib Dimiliki dari Sekarang

Asuransi merupakan bentuk perjanjian antara dua belah pihak, pihak pertama berkewajiban membayar iuran atau premi dan pihak lainnya memberikan jaminan kepada si pembayar iuran tersebut. Biasanya, asuransi juga dikenal sebagai salah satu investasi yang wajib dimiliki seseorang selama ia hidup.

Meski demikian, masih banyak juga orang yang menganggap asuransi tidaklah penting. Padahal, jika kamu memiliki asuransi, contohnya kesehatan, jika suatu waktu kamu sakit dan sedang tidak ada uang, dengan asuransi itu kamu bisa berobat ke Rumah Sakit.

Walaupun memang tidak semua asuransi menanggung 100 persen, tetapi ada baiknya kamu tetap memilikinya. Untuk jaga-jaga di kemudian hari, karena tidak pernah ada yang bisa memprediksi apa yang bakalan terjadi ke depannya kan? Musibah sudah pasti akan memengaruhi rencana keuangan, bahkan bisa memporak-porandakannya! Itulah alasan kuat bagi kita untuk memiliki asuransi. Pada hakikatnya, kerugian yang diakibatkan oleh musibah tak perlu kita tanggung sendirian.

Apa saja sih asuransi yang wajib kamu punya? Gak cuma asuransi kesehatan aja lho ya. Tapi ini deretan asuransi lain yang harus kamu punya.

Advertisement

1. Asuransi kesehatan

Sudah dikatakan sejak awal bahwa memiliki asuransi kesehatan itu penting. Suatu waktu kamu sakit dan kekurangan biaya, asuransi ini dapat menjadi penolongmu. Meskipun semua orang tidak menginginkan sakit, tapi alangkah lebih baik ketika menyediakan payung sebelum hujan dong.

2. Asuransi jiwa

Untuk jenis asuransi ini masih belum dipahami oleh khalayak luas. Ada yang beranggapan tidak penting, ada yang mengatakan belum butuh jadi tidak perlu dibuat. Eits, jika kamu seorang laki-laki dan sudah menikah, memiliki asuransi jiwa untuk dirimu sendiri itu wajib.

Advertisement

Biar bagaimanapun, kehidupan ke depan tidak ada yang tahu, kalau saja kamu tidak panjang umur, istri dan anak-anakmu mendapatkan biaya dari asuransi tersebut. Jadi kamu tidak menyulitkan keluarga yang ditinggalkan olehmu. Salah satu fungsi dari asuransi ini adalah memberikan perlindungan finansial apabila pihak tertanggung meninggal dunia.

3. Asuransi rumah

Jika kamu sudah memiliki rumah, asuransi hunian ini juga menjadi aspek penting. Asuransi ini bertujuan untuk melindungi tempat tinggal kamu dari kerugian atau bencana yang terjadi.

Kerugian yang bisa di asuransikan tersebut berupa kebakaran, kebanjiran, atau terkena bencana alam lain seperti gempa bumi. Pihak asuransi akan mengganti kerugian tersebut agar kamu bisa kembali membangun rumah itu. Asal kamu aktif membayarnya setiap bulan ya.

Advertisement

4. Asuransi Kendaraan

Asuransi Mobil

Asuransi Mobil via http://lifepal.co.id

Satu lagi asuransi yang masih diabaikan banyak orang, asuransi kendaraan. Mereka beranggapan bahwa mengeluarkan biaya untuk asuransi kendaraan tidak sepenting asuransi kesehatan atau jiwa.

Kamu salah besar kalau menganggap hal itu. Asuransi kendaraan ini bisa memberikan perlindungan dari kecelakaan, atau kerusakan yang terjadi. Selain itu juga asuransi ini berfungsi mengganti kehilangan kendaraan yang misalnya kamu alami.

Setelah membaca empat asuransi penting yang wajib kamu miliki diatas, kira-kira tergerak kah untuk mulai membuatnya? Tidak ada salahnya kok memikirkan masa depan, anggaplah kamu sedang berinvestasi, yang bisa digunakan sewaktu-waktu. Kamu bisa hidup tenang tanpa memikirkan dana darurat seperti musibah sakit, kecelakaan, atau kehilangan tempat tinggal.

Semakin besar risiko yang dipertanggungkan, semakin besar pula premi asuransi yang harus dibayar. Maka itu, jangan berpikir kamu bisa menjadi peserta asuransi mana saja, yang penting preminya termurah.

Jika kamu adalah tulang punggung keluarga, tentunya risiko hidup lebih besar. Karena itulah tak bisa hanya berpatok pada pokoknya sudah ikut asuransi dengan membayar premi termurah. Yang lebih penting adalah ketepatan program asuransi itu dengan kebutuhan kamu.

Seperti kata pepatah, mencegah lebih baik daripada mengobati. Daripada terbelit masalah keuangan setelah tertimpa musibah karena tak punya asuransi, lebih baik kamu mencegah masalah itu.

5. Asuransi Pendidikan

Asuransi pendidikan adalah penggabungan dari asuransi jiwa dan biaya pendidikan. Tujuannya adalah memastikan bahwa anak bisa menyelesaikan pendidikan meskipun ada yang terjadi dengan orangtua di masa depan. Asuransi ini menawarkan dua tipe pengelolaan dana, yaitu tabungan dan investasi.

Selain uang santunan meninggal dunia, uang investasi tabungan juga bisa dicairkan di masa depan.

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya

Advertisement

“Artikel ini merupakan kiriman dari pembaca hipwee, isi artikel sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.”

Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

CLOSE