Puasa dikenal sebagai salah satu bentuk ibadah yang dilaksanakan oleh umat muslim. Ada 2 bentuk puasa dalam Islam yaitu puasa wajib yang dilaksanakan saat bulan Ramadhan dan puasa sunah yang dilaksanakan di waktu-waktu tertentu. Terlepas dari ibadah, puasa mempunyai maanfaat yang baik untuk tubuh, seperti:

1. Mengurangi efek candu rokok dan alkohol

Duh..duh mbak

Duh..duh mbak via http://tntportal.ba

Manfaat ini sangat baik bagi kamu si perokok berat dan pencinta alkohol. Dengan rajin berpuasa otomatis kita membiasakan untuk mengontrol diri dan sedikit-sedikit melepas pengaruh buruk rokok dan alkohol.

2. Memperbaiki sistem imun tubuh!

Jadi produktif deh

Jadi produktif deh via http://www.go-dok.com

Advertisement

Tahukah kamu, saat berpuasa tubuh akan merangsang produksi limfosit yang merupakan salah satu jenis sel darah putih yang berfungsi melindungi tubuh dari bakteri dan virus. Luar biasa kan?

3. Mengasah konsentrasi

Semangat kerjanya ya bang

Semangat kerjanya ya bang via https://www.google.co.id

Menurut penelitian sekelompok mahasiswa University of Chicago yang melakukan puasa selama 7 hari. Terbukti bahwa kewaspadaan mental dan konsentrasi mereka mengalami peningkatan. Sehingga mereka mendapatkan nilai yang baik di kampusnya. Wow!

4. Menenangkan jiwa, jadi nggak gampang marah

Tenangin aja say!

Tenangin aja say! via https://www.google.co.id

Manfaat yang satu ini emang nggak aneh, karena saat berpuasa kita tidak hanya diharuskan melawan hawa nafsu namun juga mengontrol emosi. Luar biasa, bukan?

5. Menyehatkan jantung

Jantung sehat

Jantung sehat via https://www.google.com

Advertisement

Saat menjalani puasa, produksi hormon adrenalin akan berkurang yang menyebabkan pembuluh darah perifer akan melebar sehingga tekanan serta volume darah ke jantung menurun. Keren kan?

Puasa memang memiliki banyak manfaat ya guys. Selain menambah pahala tentunya, juga tubuh akan menjadi sehat. Banyak sekali ya manfaatnya!

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya