Banyak hal menyedihkan yang bisa merusak suatu hubungan asmara, semisal pertengkaran dan perselingkuhan. Intensitas terjadinya hal-hal tersebut dapat menjadi parameter untuk memutuskan apakah suatu hubungan akan dipertahankan atau tidak. Mengejutkannya, tanpa terlibat konflik pun ternyata hubungan bisa hancur jika kamu atau pasanganmu memiliki pikiran pikiran di bawah ini. Apa saja itu? Yuk simak semuanya di sini.

1. Mudah Menyalahkan

Mudah Menyalahkan

Mudah Menyalahkan via https://www.pexels.com

Apakah kamu mudah menyalahkan pasanganmu untuk setiap masalah yang terjadi pada hubungan kalian? Atau bahkan kamu sering mengkambinghitamkannya juga untuk setiap hal buruk yang terjadi pada hidupmu, semisal, “Kayaknya setelah aku pacaran sama kamu, kok aku jadi apes terus ya?”

Atau punya pikiran jelek lainnya yang menganggap dialah sumber segala negatif?

Advertisement

Pikiran mudah menyalahkan orang lain biasanya dirasakan oleh mereka yang sepertinya sudah berusaha sebaik mungkin, tapi kenapa segala sesuatunya tak sesuai dengan keinginan. Malah jadi lebih buruk. Hal ini manusiawi sebetulnya.

Namun, pikiran ini akan menjadi masalah bila kamu selalu menyalahkan orang lain untuk berbagai hal. Akan ada banyak konsekuensi negatif yang akan ditanggung tak hanya oleh orang terdekatmu, tapi juga dirimu sendiri.

Sebelum hal ini menjadi bumerang bagi kehidupanmu, cobalah untuk merenungkan sebab musabab masalah yang terjadi padamu. Jangan tutup kemungkinan bahwa kamu juga bagian dari terjadinya masalah itu. Lalu, mulailah fokus dalam mencari solusi.

2. Gampang Banget Memberi "Label" Pada Pasangan

Advertisement

Ada dua jenis cap atau label yang ada dalam hubungan asmara. Yang pertama adalah label yang diberikan ke pasangan karena kedekatan emosional seperti panggilan sayang “gendut” atau “cungkring”.

Yang kedua adalah label yang diberikan pada pasangan untuk melebih-lebihkan hal negatif pada dirinya seperti “Si lelet!” atau “Emang kamu tu pemalas!”. Semakin mudah dan cepat kamu mencap negatif pasanganmu tanpa berpikiran adil pada kualitas postif dari orang itu, semakin kamu menyuburkan racun dalam hubunganmu.

Selain bisa membuat pasangan buru-buru ingin mengakhiri hubungan, pikiran mudah memberikan label buruk ini akan membuatmu jadi semakin sulit melihat sisi positif dari dirinya. Akibatnya, mood-mu akan jadi semakin jelek dan rasanya jengkel terus tiap hari.

Kalau dibiarkan terus-terusan, pikiran ini bisa terbawa sampai ke luar hubungan cinta. Tak mau kan kalau kamu ganti dilabeli balik sebagai orang menyebalkan?

3. Selalu Memakai Prinsip "Seharusnya"

Selalu Memakai Prinsip "Seharusnya"

Selalu Memakai Prinsip "Seharusnya" via https://www.cantikbijak.com

Bila kamu merasa pasanganmu tak pernah sekalipun melakukan hal yang benar. Atau betapapun dia mencoba, kamu lebih mudah menemukan dan mengingat kesalahan yang ia buat sehingga kesannya perbuatannya itu salah semua, berarti kamu termasuk orang yang menjalankan prinsip ini.

Entah karena dia tak sesuai dengan standar yang kamu anut atau perilakunya sedang tak sebagus biasanya, pikiran “seharusnya dia….”, lama-lama bisa mengguncang hubunganmu dengannya. Selain kamu akan terlihat sebagai orang yang demanding alias terlalu menuntut, pikira seperti ini hanya akan membuatmu merasa lelah.

Untuk mengatasinya, coba renungkan mengapa tindakannya terlihat selalu salah di matamu. Tanyakan padanya apa sebabnya. Siapa tahu selagi kamu memendam pikiran “dia seharusnya bertindak benar”, kamu tanpa sadar menjadi salah satu penyebab dari kesalahan yang dilakukannya.

4. Cepat Berkesimpulan Negatif

Cepat Berkesimpulan Negatif

Cepat Berkesimpulan Negatif via http://www.kutipkata.com

Salah satu hal yang dapat merusak hubungan cintamu dengan pasangan adalah mudah berkesimpulan negatif. Hanya karena hal sepele dan tanpa sebab yang jelas, kamu mudah menyimpulkan ia melakukan sesuatu yang buruk.

Contohnya, saat dia tak segera membalas chat darimu, kamu langsung berpikir mungkin saja saat ini dia sedang bersama wanita lain. Atau dia tak mencintaimu lagi karena mengabaikan pesan darimu.

Pikiran semacam ini bisa jadi bumerang bagi dirimu sendiri. Lambat laun, kamu akan seperti orang yang mengidap penyakit skizofrenia karena pikiranmu terus dibayangi dengan kemungkinan negatif. Sekarang cuma soal pacar, besok mungkin menjalar ke keluarga, teman bahkan urusan kerja.

5. Lebih Fokus pada Kesalahan Pasangan

Lebih Fokus pada Kesalahan Pasangan

Lebih Fokus pada Kesalahan Pasangan via https://www.mediapria.com

Apakah kamu sering bertengkar dengan pasanganmu hanya karena hal hal yang sepele? Kamu lebih fokus dan lebih ingat akan kesalahan pasanganmu, walaupun itu hanya sepele. Kamu juga menjadi pihak yang paling hobi mengungkit kesalahan masa lalunya walaupun dia sudah berusaha untuk memperbaikinya.

Pikiran ini dapat menarikmu dari kebahagiaan karena fokusmu hanya ke hal-hal negatif saja. Bila terus terusan seperti ini, pasanganmu bisa kabur karena dia menganggap sekeras apapun dia berusaha memperbaiki diri, kamu hanya akan mengingat diirnya yang lama saja.

6. Suka Membandingkan Keadaan Sekarang dengan Keadaan di Masa Lalu

Timer Pasir Klasik

Timer Pasir Klasik via https://pixabay.com

Selalu membanding-bandingkan keadaan yang dulu dengan sekarang adalah salah satu pikiran yang bisa jadi racun dalam hubunganmu. Memang sih, saat keadaan menjadi tak seindah dulu, tanpa sadar kita ingin semuanya kembali ke masa lalu.

Sekali dua kali dipikirkan mungkin tak apa. Tapi, kalau pikiran seperti ini jadi langganan, ia akan menimbulkan kerugian.

Yang jelas sih, pikiran suka membanding-bandingkan ini takkan membantu menyelesaikan masalah yang sedang kalian hadapi. Yang ada malah menimbulkan perasaan kecewa dan semakin ingin kembali ke masa lalu, yang mana itu tak mungkin. Belum lagi, hubunganmu dengan pasangan akan stuck dan masa depan pun akan suram.

Daripada memendam pikiran ini dan tak mendapat hasil apapun, akan lebih baik bila kamu mulai mengkomunikasikan pada pasanganmu tentang masalah yang dihadapi. Dengan begitu, ia jadi tahu keluhanmu dan masalah yang ada bisa segera dicari solusinya.

7. Selalu Berpikir Bahwa Pasangan Punya Motif Terselubung

Berprasangka Buruk

Berprasangka Buruk via https://www.cantikbijak.com

Ini adalah pikiran dimana kamu selalu mengira bahwa apa yang dilakukan pasangamu tujuannya hanya mencari keuntungan darimu semata. Semisal, “Hmm…dia ngajakin dinner pasti biar aku kasih ijin dia buat pergi touring bareng temennya”.

Atau “Dia kok romantis banget? Pasti dia lagi pengen minjem duit ke aku”. Pokoknya bagimu, apa yang pasangamu lakukan tak tulus. Selalu ada hal yang ingin ditebus dari sikap baiknya itu.

Dengan pikiran seperti ini, hubunganmu lama-lama akan terlihat seperti bisnis. Hanya ada dua kemungkinan untuk masa depan kalian. Yang pertama, mungkin kamu jadi ikut-ikutan modus juga karena selalu berpikir dia lagi modusin kamu. Kedua, kamu jadi paranoid.

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya