Inggris, negara pelopor demokrasi parlementer ini memiliki berjuta pesona yang menyihir jutaan kalangan di dunia. Budayanya yang kental dan kehidupan keluarga kerajaannya yang tidak pernah lepas dari sorotan kamera, sejarahnya yang memikat dengan bangunan-bangunan kuno dmasa prasejarah dari era romawi hingga sekarang, sungguh akan memanjakan mata para pecinta arsitektur, daratannya yang hijau dan berbukit, pesisir pantainya yang indah (yang seringkali menjadi setting pembuatan musik video boyband Inggris) dan terutama daerah pedesaannya yang tidak kalah indah dari daerah perkotaannya, membuat negara dengan liga sepakbola terbaik di dunia ini menjadi tempat paling eksentrik, luar biasa dan benar-benar menarik di bumi.

Jika kamu sedang merencanakan untuk sejenak melepaskan dari riuhnya kehidupan perkotaan, atau jika kamu adalah seorang traveler yang sedang dalam pencarian akan tempat eksotis layaknya negeri dongeng, ataupun kamu adalah seorang penggemart sejarah dan warisan budaya Inggris, dengan sebuah desa tua yang berumur ratusan tahun, kota kota di pinggiran pantai dan rumah rumah bersejarah abad pertengahan, maka daerah-daerah pedesaan Inggris menawarkan berbagai pilihan yang sangat indah dan sebagian besarnya hanya berjarak beberapa jam perjalanan dengan naik mobil ataupun kereta dari London.

Dan berikut adalah beberapa tempat yang saya rekomendasikan untuk kamu yang ingin jalan-jalan ke Tanah Britania Raya ini.

1. Hampshire

Ingin merasakan bagaimana kehidupan sehari-hari Jane Austen atau ingin megalami secara langsung suasana pedesaan yang digambarkan di novel-novel karyannya? Hampshire jawabannya !

South Down National Park yang terletak di Hampshire bagian timur merupakan kampung halaman dari novelis terkenal ini. Sebagian besar setting lokasi di novel Jane Austen pun diambil di Hampshire.

Advertisement

Di sini kamu dapat mengunjungi rumah bergaya manor yang pernah ditinggali Jane Austen di Chawton, yaitu Great House. Di rumah yang berumur lebih dari 400 tahun ini kamu seakan dibawa kembali ke masa lalu dengan pemandangan ruang makan dimana terdapat meja tempat Jane biasa makan dengan keluarganya lengkap dengan lukisan-lukisan keluarga Jane dan benda benda warisan keluarga. Kamu juga dapat menjelajahi perkebunan dan taman yang indah khas Inggris disekitar Great House. Menikmati semua pemandangan ini membuat kamu seakan berada didalam novelnya Jane Austen.

Jika kamu adalah pecinta pantai, kamu bisa menuju Hayling Island yang merupakan salah satu pantai terbaik di Hampshire, piknik di tepi pantai yang dihiasi oleh pondok-pondok berwarna cerah yang berjejer di pinggir laut. Kamu juga bisat mengunjungi Lepe Country Park di Exbury. Di sini kamu dapat melihat kapal-kapal yang berlayar dan mendarat dari Southampton.

2. Cornwall

Godrevy Portreath Heritage Coast Cornwall

Godrevy Portreath Heritage Coast Cornwall via https://www.mirror.co.uk

Salah satu hal yang menarik dari Cornwall adalah daerah ini relatif lebih terisolasi di Inggris namun juga merupakan salah satu yang daerah tujuan wisata paling populer di kalangan para traveler. Iklimnya yang relatif hangat, garis pantai yang panjang, pemandangan yang menakjubkan, dan warisan Celtic yang beragam yang dikombinasikan dengan cerita tentang penyelundupan dan bajak laut, tentu memberikan pengalaman yang tidak akan terlupakan bagi siapa saja yang pernah menginjakkan kakinya di Cornwall.

Advertisement

Cornwall dibatasi oleh garis pantai yang indah, terbentang sekitar 482 kilometer bukit-bukit pasir dan tebing, rangkaian pelabuhan bergaya abad pertengahan dan hutan kayu ek yang dapat dicapai dengan berjalan kaki.

Garis pantai Cornwall yang masih alami akan membawa kamu pada petualangan seperti di novel Enid Blyton, berpiknik di ladang yang diselimuti bunga-bunga liar dan pantai terpencil dipesisir Cornwall, memanjat tebing tebing batu, ataupun berenang dengan anjing laut dan hiu yang tidak berbahaya.

3. Cheshire

Gallery Cheshire

Gallery Cheshire via http://www2.mmu.ac.uk

Jika membicarakan tentang Cheshire, tentu tidak lepas dari kucing dalam kisah terkenal Alice’s Adventure in The Wonderland karya penulis kenamaan Inggris, Lewis Caroll dan produk terkenal Cheshire, keju. Cheshire juga merupakan tempat kelahiran bintang James Bond, Daniel Craig. Taman-taman yang indah dan terkesan menenangkan berbaur sempurna dengan bangunan rumah-rumah megah para bangsawan.

Cheshire menyajikan pemandangannya yang indah, penginapan pedesaan yang nyaman dan 'The Castle on the Rock' – Beeston Castle and Woodland Park yang berdiri dengan anggunnya di sebuah bukit di pedesaan ini.

4. Yorkshire Dales

Yorkshire Dales terkenal dengan hamparan dinding batu yang melintasi bentang daratnya, daratan hijau yang sangat kontras dengan pemandangan menakjubkan tebing berbatu kapur yang terbentuk secara alami dari fenomena alam seperti yang terdapat desa Kilnsey Crag atau Malham Cove.

Pemandangan domba-domba di atas tebing, dan padang rumput di dasar lembah menjadi pemandangan ikonik khas Yorkshire yang menarik banyak wisatawan untuk datang dan menikmati pemandangan yang menentramkan ini, layaknya terapi alami bagi wisatawan.

Kamu bisa mencoba berjalan-jalan disepanjang jalan kota – kota kecil di Yorkshire seperti Skipton, Leyburn, Hawes dan Richmond yang menawarkan hiburan-hiburan lokal yang menarik, dan bagi kamu yang ingin membeli oleh-oleh, kamu bisa membeli produk – produk khas buatan Yorkshire di pasar-pasar lokal yang tersedia.

5. Lake District

Lake District atau Lakeland, adalah taman nasional paling populer di Inggris. Setiap tahun, sekitar 15 juta orang berlomba-lomba untuk menjelajahi daerah pegunungan dan pedesaannya. Panorama puncak bukit yang curam, pemandangan pegunungan dan danau berkilauan diterpa cahaya matahari seolah menyihir para wisatawan dengan keindahannya.

Disamping pesona alamnya yang begitu memikat, dimana kamu dapat berlayar di danau hingga menyusuri jalan-jalan di gunung-gunung yang terdapat di Lake District ini, banyak juga diantara wisatawan yang datang ke sini karena karya–karya sastra yang terinspirasi dari wilayah ini.

Penulis yang terinspirasi dari tempat ini misalnya William Wordsworth, Samuel Taylor Coleridge, Arthur Ransome dan, Beatrix Potter, yang ulang tahunnya yang ke 150 dirayakan di seluruh wilayah taman nasional pada tahun 2016 lalu.

Tanah Britania Raya sangat kaya dengan desa-desa yang damai, danau yang tenang, malam yang berkilauan dan keajaiban alam. Jadi sekarang waktunya bagi kamu untuk mengunjungi lima tempat dengan pesona ajaib di Inggris ini dan buat perjalanan kamu menjadi tak terlupakan.

Nah bagaimana dengan pedesaannya, keren bukan? Tentukan pilihanmu dan segeralah berlibur! #AyoKeUK #WTGB #OMGB

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya