#DiIndonesiaAja-Tempat Wisata Menarik di Karanganyar yang Wajib Anda Kunjungi Saat Liburan Nanti.

Beberapa tempat wisata yang wajib anda kunjungi saat pergi ke Karanganyar

Kabupaten Karanganyar merupakan salah satu kabupaten yang terletak di provinsi Jawa Tengah. Kabupaten ini berbatasan dengan Kabupaten Sragen di utara, Kabupaten Ngawi dan Kabupaten Magetan (Jawa Timur) di timur, Kabupaten Wonogiri di selatan, serta Kabupaten Boyolali, Kota Surakarta, dan Kabupaten Sukoharjo di barat. Mayoritas penduduk bekerja sebagai petani sayuran, pedagang, wirausaha maupun wiraswasta.

Kawasan yang telah di daerah pegunungan yang memiliki hawa dingin dan cocok untuk untuk di tanami sayuran maupun tanaman yang hidup di tempat yang sejuk. Selain itu juga memiliki keindahan alam yang sangat luar biasa. Sehingga terdapat tempat wisata menarik  yang wajib anda kunjungi saat liburan bersama keluarga anda. Untuk tiket masuk sekitar Rp.10.000- Rp. 20.000/ per area. Nih aku kasih tau tempatnya biar kamu bisa liat daftar kunjunganmu di saat liburan nanti.

Advertisement

1. Telaga Mandirda

Telaga Mandirda

Telaga Mandirda via https://wisatalengkap.com

Telaga Madirda adalah sebuah telaga alami yang berada di kaki Gunung Lawu, Karanganyar. Suasana Telaga Madirda yang sejuk dan asri berada di kaki Gunung Lawu. Menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan.

2. Air Terjun Jumog

Air Terjun Jumog

Air Terjun Jumog via http://http

Air terjun Jumog merupakan salah satu tempat wisata yang terletak di Jln.dk berjo Berjo, Gandu, Berjo, Kec. Ngargoyoso, Kabupaten Karanganyar, Jawa Tengah. Air Terjun Jumog memiliki keindahan dan kelestarian yang alami karena tempat ini masih terjaga keasrianmya sehingga membuat hati wisatawan betah untuk tinggal di tempat ini.

Advertisement

Rute menuju lokasi air terjun mempunyai dua pintu masuk, yaitu pintu masuk bawah yang disarankan untuk wisatawan yang membawa anak anak ataupun lansia karena akses jalan mudah dan hanya datar saja. dan yang kedua lewat pintu atas dan harus menuruni sekitar 116 anak tangga menuju ke air terjun, sangat cocok untuk anda yang senang hiking sambil berolah raga.

3. Candi Cetho

Candi Cetho yang merupakan sebuah candi Hindu terletak di Dusun Cetho, Gumeng, Kecamatan Jenawi. Candi ini merupakan peninggalan kerajaan Majapahit, selain sebagai tempat ibadah bagi penduduk setempat yang beragama Hindu tempat tersebut juga sebagai tempat pariwisata.

Saat kemari, kamu wajib memakai kain kampuh bercorak hitam putih yang diikatkankan di pinggang. Kain tersebut biasanya di berikan pada pintu masuk kawasan wisata candi Cetho. Di sini kamu juga bisa berfoto-foto untuk nambah koleksi foto pribadimu.

Advertisement

4. Candi Sukuh

Candi sukuh merupakan sebuah candi yang terletak di Desa Berjo, Ngargoyoso. Di kawasan candi sukuh ini terdapat banyak patung bernuansa erotis. 

5. Tenggir park

Tenggir Park

Tenggir Park via https://wisatalengkap.com

Objek wisata Tenggir Park mendiami kawasan kaki Gunung Lawu. Jika kamu berkunjung ke candi Sukuh jangan lupa mampir ke tempat wisata tenggir park karena lokasinya hanya beberapa meter di atasnya Candi Sukuh. Kalau kamu suka dengan berfoto-foto nah tempat ini recommended banget buat kamu.

Di Tenggir Park ada banyak sekali tanaman bunga yang tumbuh dengan subur selain itu juga terdapat tempat-tempat bagus untuk berfoto. Tak mengherankan jika objek wisata ini lumayan ramai pengunjung karena tempat ini memiliki udara yang begitu sejuk, bahkan di siang hari.

6. Tahura

Tahura atau dikenal dengan nama Taman Hutan Raya ini memiliki nama lengkap Taman Hutan Raya K.G.P.A.A.Mangkunagoro I dan terletak di dusun Sukuh, desa Berjo, kecamatan Ngargoyoso, Karanganyar. Lokasinya berada sekitar 800m dari candi Sukuha.

Tahura dikelola oleh Balai Penelitian Tumbuhan dan Pengelolaan Taman Hutan Raya (BPTP Tahura) yang merupakan Unit Pelaksana Teknis Daerah Dinas Kehutanan Provinsi Jawa Tengah. Ada sebuah vila dan aula yang disewakan untuk umum. Untuk kegiatan makrab, fasilitas di Tahura ini cukup lengkap. Ada sebuah masjid serta tanah lapang untuk menunjang kegiatan makrab

7. Agrowisata Kampung Karet

Agrowisata Kampung Karet

Agrowisata Kampung Karet via https://wisatalengkap.com

Wisata Karanganyar atau Agrowisata Kampung Karet terletak di Desa Puntukrejo Kec. Ngargoyoso, Kabupaten Karanganyar yang sudah masuk ke dalam PT Perkebunan Nusantara IX. Kawasan wisata Agrowisata Kampung Karet bisa di bilang sebagai kawasan wisata Edukasi dan cocok untuk liburan bersama teman dan keluarga.

8. Kebun Teh Kemuning

Kebun teh kemuning

Kebun teh kemuning via https://wisatalengkap.com

Kebun Teh Kemuning terletak di Ngargoyoso, Kabupaten Karanganyar merupakan kebuh teh yang sangat luas dengan bentang alam yang indah. Jika dilihat dengan drone maka topografi alam di kebun Teh Kemuning ini semakin elok dan cantik memanjakan mata yang memandangnya. Kamu juga bisa belajar memetik teh secara langsung di sini dan mencoba teh yang khas di daerah ini.

9. Air Terjun Parang Ijo

Air Terjun parang ijo

Air Terjun parang ijo via https://wisatalengkap.com

 Air Terjun parang ijo terletak di Dusun Munggur, Desa Girimulyo, Kecamatan Ngargoyoso, Kabupaten Karanganyar. Kamu juga bisa berkunjung ke sini. Tempat nya ya hijau dan alami cocok buat kamu yang ingin mencari ketenangan dengan cara berliburan ke sini

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya

Advertisement

“Artikel ini merupakan kiriman dari pembaca hipwee, isi artikel sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.”

Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

CLOSE