Alor, bagi kamu penyuka alam bawah laut mungkin sudah sering mendengar nama ini. Daerah ini sekarang menjadi tujuan impian bagi penyelam dari seluruh dunia. Kecantikan bawah laut yang tidak diragukan lagi membuat Alor mendapakan penghargaan sebagai tempat menyelam terpopuler pada Anugrah Pesona Indonesia pada tahun 2016. Namun demikian, bukan hanya keindahan bawah laut yang membuat Alor wajib ada dalam list travelling kamu.

Berikut 7 tempat yang wajib kamu kunjungi ketika berlibur di Alor :

1. Pulau Kepa, Ternate, Pura dan Pantar

Keindahan bawah laut perairan Alor via http://Instagram.com

Sebenarnya bisa dikatakan hampir di seluruh tempat di Alor merupakan tempat yang bagus untuk Diving, karena perairannya yang bisa dikatakan masih perawan. Untuk saat ini Pulau Kepa, Pura, Ternate dan Pantar merupakan tempat dengan spot paling banyak di eksplore oleh mereka pencinta dunia bawah laut.

2. Pantai Mali dan Paliboo

Menanti pagi di Pantai Mali via http://facebook.com

Pernah nggak kamu berpikir ketika tinggal di Kota, menyaksikan matahari terbit sepertinya bukanlah hal yang bisa kamu saksikan dan nikmati setiap hari? Walaupun terkadang kamu sudah keluar rumah sebelum matahari terbit tapi tetap menyaksikan sang penguasa siang muncul dari timur bukanlah hal yang terlalu di perhatikan. Nah, ketika kamu berkunjung ke Alor kamu akan bisa menyaksikan dan menikmati indahnya ketika pacaran merah mulai muncul di timur. Pantai Mali dan Paliboo adalah tempat yang paling pas untuk menyaksikan nya. Kamu akan disuguhi oleh pemandangan yang spektakuler yang akan membuatmu speechless!

3. Pantai Sebanjar, Puncak Hulnani, Kokar dan Batu Putih

Senja di Batu Putih via http://Instagram.com

Advertisement

Di Alor bukan hanya ketika matahari terbit nya yang menyuguhkan pemandangan yang luar bisa. Seperti tidak mau kalah ketika terbenam pun kamu akan bisa menyaksikan sang matahari menghilang di garis horizon lautan lepas atau menghilang di salah satu pulau yang begitu banyak terdapat di sini. Tergantung dimana kamu memutuskan untuk menyaksikannya. Ketika kamu ingin melihat matahari perlahan tenggelam di laut lepas kamu bisa datang ke Kokar, Pantai sebanjar dan Puncak Hulnani bisa menemani kamu menyaksikan matahi tenggelam dibalik pepulauan diujung sana.

4. Pantai-Pantai

Pantai Ling'al via http://Instagram.com

Sebagai Negara kepulauan, Indonesia memiliki bentang pantai yang sangat luas sekali dan bisa dikatakan hampir di setiap wilayahnya memiliki pantai yang indah. Tidak terkecuali pantai- pantai yang ada di negeri yang jugja dikenal dengan nama ‘Surga di Timur Matahari’ ini. Hampir semua pantai di Kepulauan Alor ini layak di kunjungi. Tidak hanya yang ada di Kepulauan Induk tetapi juga di Pulau pulau yang masuk di gugusan Kepulauan ini. Walaupun beberapa diantaranya masih susah di akses tapi disanalah letak petualangannya. Jiwa petualangmu akan diuji. Tapi dijamin lelahmu akan terbayar ketika sampai di tempat tujuan. Beberapa diantaranya yang harus kamu kunjungi adalah sebagai berikut : Pantai Ling’al , Pantai Batu Putih, Pantai Deree , Pantai Ilawee, Pantai Pasir Tiga Warna di Kepulauan Pantar , Jawatoda dan Pantai Pigewa.

5. Air Terjun Mataru dan Ilawe

Air Terjun Mataru via http://Instagram.com

Alor bukan hanya tentang indahnya matahari terbit, terbenam serta pantai pantai yang akan membuatmu berdecak kagum. Disini juga ada keindahan alam lain yang bisa kamu nikmati ketika disini. Air terjun bisa menjadi pelengkap untuk mengisi waktu liburmu disini. Hanya saja akses menuju ketempat ini masih sedikit parah. But it worth it!!

6. Desa Adat Takpala, Bampalola dan Kabola

Penduduk asli Alor dengan pakaian terbuat dari kulit kayu via http://facebook.com

Advertisement

Melengkapi keindahan alam yang telah di berikan oleh yang maha kuasa , Alor juga di kenal memiliki nuansa adat yang kental. Disini terdapat beberapa destinasi desa adat yang bisa kamu pilih atau kunjungi semuanya. Di desa adat ini kamu bisa belajar tentang asal usul, budaya dan kehidupan penduduk asli. Kamu bisa memakai pakaian adat alor untuk kemudian di pajang di Media socialmu. Disini ada baju adat yang terbuat dari kulit kayu loh!

7. Al-Qur’an Tua dan Museum Moko

Al-Qur'an tua dari kulit kayu via http://google.com

Last but not least yang harus masuk dalam list kamu ketika mengunjungi –heaven on earth- ini adalah Al- Qur’an tua yang menjadi penanda peneyebaran Islam di daerah ini, terletak di Masjid di daerah Alor Besar. Museum Moko yang menjadi tempat pertama untuk mencari segala sesuatu tentang Alor. Awalnya museum ini hanya berisi Moko yang merupakan barang peninggalan sejarah yang bentuknya mirip gendang terbuat dari Perunggu dan memiliki banyak motif. Moko biasa digunakan untuk mas kawin ketika masyarakat Alor menikah.

Jika kamu beruntung mungkin kamu bisa bertemu dengan Ikan Dugong dan hamparan pasir putih yang membentang di antara daratan utama dengan salah satu pulau, yaitu pulau Sika. Hamparan pasir ini bisa di temui ketika bulan masih sabit dan air surut.

So, what are you waiting for?

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya