Kehidupan akan selalu memberikan banyak cerita menyenangkan ataupun menyedihkan. Tetapi meskipun hidup kamu saat ini sedang sedih, putus asa ataupun lelah ternyata masih banyak hal lainnya yang dapat kamu syukuri. Berikut adalah hal-hal penting yang selalu ada dalam hidup kamu tapi kamu kadang menganggapnya remeh sehingga lupa untuk mensyukurinya.

1. Kesehatan

Kita sering kali lupa untuk mensyukuri nikmat sehat yang sudah diberikan. Bayangkan jika kita sakit, kita tidak akan bisa beraktifitas untuk menuntut ilmu ataupun mencari rezeki. Kita sering kali melupakan tentang kesehatan kita, merasa masih muda, masih segar bugar sehingga tidak memperhatikan kesehatan. Sering kali ketika kita sudah jatuh sakit, kita baru merasakan betapa berharganya kesehatan.

Advertisement

Kita harus mensyukuri nikmat sehat yang diberikan dengan berusaha untuk menjaga kesehatan yang dapat dilakukan dengan beberapa cara seperti mulai untuk melakukan pola makan yang sehat atau berusaha untuk berolahraga.

2. Memiliki tempat tinggal

Sering kali kita iri melihat orang lain yang memiliki tempat tinggal mewah lengkap dengan fasilitas yang mewah juga. Sering kali kita lupa bahwa diluar sana juga banyak orang yang hidupnya luntang-lantung tidak menentu tidur dimana. Kita sering kali melupakan dan tidak bersyukur memiliki tempat tinggal yang walaupun tidak mewah namun yang paling penting adalah nyaman dan melindungi kita agar tidak kepanasan dan kehujanan.

3. Memiliki pekerjaan

Kamu sering mengeluh ketika diberikan banyak tugas oleh dosen? Kamu sering mengeluh ketika diberikan banyak kerjaan oleh atasan? Seharusnya kamu bersyukur karena hidup kamu disibukkan oleh hal-hal seperti itu. Di luar sana masih banyak orang yang hidupnya disibukkan dengan masih mencari lapangan pekerjaan dan diluar sana pun masih banyak sekali orang-orang yang tidak mampu untuk menempuh pendidikan yang lebih tinggi.

Advertisement

Sementara kamu diberikan kesempatan untuk menikmati hal itu semua, seharusnya kamu bersyukur bukan mengeluh. Ingat diluar sana banyak orang yang ingin ada di posisi kamu!

4. Masih bisa menikmati makanan tiap harinya

Kenikmatan ini merupakan hal yang sangat penting namun sering kali kita tidak mensyukurinya. Setiap hari kita semua terkadang suka dibuat bingung untuk memilih menu makan sementara kita lupa bahwa diluar sana banyak orang yang justru dibuat bingung untuk memperoleh makanan dari mana. Kita sering kali mengeluh bosan untuk makan dengan menu yang itu-itu saja.

Kita juga sering kali tanpa sadar memberikan komentar negatif kepada makanan jika rasa atau penampilannya tidak sesuai dengan ekspektasi kita. Hal tersebut menandakan bahwa kita masih belum bersyukur.

5. Dikelilingi oleh orang-orang baik

Coba sekarang kamu perhatikan lingkunganmu. Disana ada orang tua, keluarga dan teman-teman yang selalu ada untukmu. Mereka adalah orang-orang yang Tuhan kirimkan untuk melengkapi hidup kamu. Pernahkah kamu memandang mereka lalu seketika kamu merasa bersyukur memiliki mereka?

Kamu memiliki orangtua dan keluarga yang akan selalu mendukung kamu serta teman-teman yang akan selalu menghibur lelah dan sedihmu. Mungkin mereka tidak akan selalu membuatmu senang, tapi tanpa sadar setidaknya keberadaan mereka terkadang mengurangi beban hidupmu bukan?

Gimana? Sudahkan kamu bersyukur hari ini? Jangan mengeluh terus ya! Yuk, banyak bersyukur!

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya