Buah-buahan memang menjadi salah satu makanan yang memiliki banyak penggemar, bukan hanya orang dewasa, tetapi hampir semua kalangan. Buat kamu yang muslim, mungkin sebagian dari kalian nggak bakalan nyangka kalau ada buah-buahan yang disebutkan dalam kitab suci Al Quran.

Penasaran apa saja itu?

1. Delima

Buah Delima

Buah Delima via https://id.pinterest.com

Buah delima tentu sudah nggak asing lagi untuk kita. Dan yang bikin nggak nyangka ternyata buah satu ini terdapat dalam Al Quran yang mana disebutkan dalam surat Al An`am ayat 99 yang

Advertisement

"Dan Dialah yang menurunkan air hujan dari langit, lalu Kami tumbuhkan dengan air itu segala macam tumbuh-tumbuhan, maka Kami keluarkan dari tumbuh-tumbuhan itu tanaman yang menghijau. Kami keluarkan dari tanaman yang menghijau itu butir yang banyak, dan dari mayang korma mengurai tangkai-tangkai yang menjulai, dan kebun-kebun anggur, dan (kami keluarkan pula) zaitun dan delima yang serupa dan yang tidak serupa. Perhatikanlah buahnya di waktu pohonnya berbuah dan (perhatikan pulalah) kematangannya. Sesungguhnya pada yang demikian itu ada tanda-tanda (kekuasaan Allah) bagi orang-orang yang beriman."

Advertisement

Buah delima memiliki rasa manis agak sepat, dan juga sangat mudah tumbuh di Indonesia. Memiliki banyak kandungan antioksidan, vitamin A, vitamin B3 atau niasin, B9 atau asam folat serta 40 persen vitamin C.

Ditambah lagi kandungan mineral pada buah delima seperti zat besi dan kalsium serta serat yang baik untuk diet. Karena kandungan gizi yang sangat bermanfaat, buah delima sudah dikenal sejak jaman Yunani kuno.

2. Tin

Buah Tin atau dalam Bahasa Inggris disebut Fig, merupakan buah yang berasal dari Timur Tengah. Buah satu ini memang ada di dunia lho guys. Ada yang nggak percaya dan bilang bahwa buah Tin hanya ada dalam Al Qur`an, karena memang disebutkan dalam Surat At Tin, dalam ayat pertama yang berbunyi, "Demi (buah) Tin dan (buah) Zaitun."

Buah Tin memiliki kandungan nutrisi yang sangat baik untuk tubuh. Kaya akan zat besi dan juga kalium serta serat larut yang mana berguna untuk menjaga kadar gula. Buah tin bisa dimakan segar atau dikeringkan.

Biasanya buah Tin kering sering ditemukan sebagai oleh-oleh Haji atau Umroh. Dan buah Tin segar bisa ditemukan pada swalayan tertentu di Indonesia.

3. Pisang

Buah Pisang

Buah Pisang via https://id.pinterest.com

Pisang merupakan buah yang bisa kita temukan sepanjang tahun. Karena memang berbuah sepanjang musim. Jika di Korea pisang termasuk buah yang mahal, karena hanya bisa hidup di iklim tropis, di Indonesia buah satu ini memiliki harga yang relative terjangkau.

Nggak itu aja, nyatanya buah ini disebutkan juga alam Al Quran, tepatnya pada surat Al Waqiah ayat : 29 yang berbunyi, " dan pohon pisang yang bersusun-susun (buahnya)."

4. Zaitun

Zaitun, pastinya bakalan bikin kita mikir seperti apa sih buah tanaman ini. Karena memang kita lebih sering mendengar nama minyak zaitun atau olive oil. Ternyata Zaitun ada buahnya juga. Di Timur Tengah seperti negara Turki atau Arab Saudi, buah Zaitun biasanya dibikin asinan dan disajikan sebagai teman makan.

Kalau di Indonesia mirip acar gitu. Minya Zaitun sudah nggak diragukan lagi manfaatnya. Kandungan lemak baik seperti omega 9, omega 6, omega 3 dan lemak jenuh. Selain itu terdapat juga vitamin E, vitamin K, zat besi dan phenolic.

Selain disebutkan dalam Surat At Tin ayat 1, Zaitun juga disebutkan dalam Surat Abasa ayat ke 29 yang berbunyi, " zaitun dan kurma."

5. Anggur

Buah Anggur

Buah Anggur via https://id.pinterest.com

Anggur, buah satu ini disebutkan dalam Surat Abasa ayat ke 28 yang berbunyi, "anggur dan sayur-sayuran." Mengkonsumsi buah Anggur sangat baik untuk kesehatan. Apalagi kandungan antioksidan polifenol yang tinggi sangat baik untuk kesehatan untuk melawan radikan bebas.

Dan juga untuk menjaga kesehatan otak, kandungan revesratrol dalam anggur dapat memperlancar peredaran darah menuju otak.

6. Kurma

Rasa manis legit dan khas, hanya dimiliki buah satu ini. Kurma, merupakan buah yang identik dengan bulan Ramadhan atau oleh-oleh Haji. Kurma mengandung zinc, magnesium, kalium, fosfor, zat besi serta kalsium. Selain itu buah kurma juga mengandung folat, vitamin A, vitamin K, thiamin, riboflavin serta niacin.

Dalam Surat Maryam ayat 25 yang berbunyi, " Dan goyanglah pangkal pohon kurma itu ke arahmu, niscaya pohon itu akan menggugurkan buah kurma yang masak kepadamu."

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya