Pegagan atau biasa disebut Pane Gowang adalah tanaman liar yang sering kita temui di pekarangan rumah. Namun ternyata daun dari pegagan ini memiliki manfaat yang sangat baik untuk sang buah hati anda, salah satunya adalah untuk membantu kecerdasan otak anak.

Tanaman yang sangat mudah ditemui di daerah pesawahan ini memang belum banyak yang mengetahui bahwa tanaman ini memiliki segudang manfaat yang baik untuk tubuh dan juga anak-anak. Berikut beberapa manfaat dari daun pegagan:

1. Mengurangi Kecemasan

Manfaat Daun Pane Gowang

Manfaat Daun Pane Gowang via https://www.google.com

Salah satu manfaat dari daun Pane Gowang adalah untuk meredakan stress atau kecemasan. Sebuah studi yang dilakukan di india, yang memiliki tujuan untuk mengetahui manfaat Pane Gowang dalam skala kecil guna mengetahui efek dari pegagan. Dan ternyata terbukti dapat membantu mengurangi kadar kecemasan pada manusia.

2. Membantu Saluran Pencernaan

Saluran Pencernaan

Saluran Pencernaan via https://www.google.com

Advertisement

Manfaat dari daun Pane Gowang yang selanjutnya adalah untuk membantu melancarkan proses pencernaan pada tubuh manusia. Karena kandungan yang terkandung pada daun pegagan atau Pane Gowang dapat membantu pencernaan, di anataranya adalah penyakit asam lambung.

3. Membunuh Sel Kanker

Manfaat yang luar biasa jika kita mengonsumsi daun Pane Gowang adalah dapat menyembuhkan berbagai penyakit kanker. Hal ini dikarenakan kandungan dalam daun pegagan yang memiliki zat antioksidan di dalamnya.

Selain itu juga terdapat senyawa nabati bersifat mengobati seperti flavonoid dan fenolat.

4. Menyembuhkan Luka Kulit

Luka Kulit

Luka Kulit via https://www.google.com

Advertisement

Banyak penelitian yang telah membuktikan bahwa daun oane gowang sangat baik untuk mengobati kerusakan kulit. Saat ini juga telah banyak produk herbal dipasaran yang berbahan dasar daun Pane Gowang yang berguna untuk mengobati luka pada kulit.

5. Menghilangkan Strecth Marks

Strecth Marks

Strecth Marks via https://www.google.com

Pegagan memiliki kandungan vitamin E serta kolagen. Kedua kandungan ini dapat mengurangi Strecth Marks yang biasanya muncul pada ibu hamil. Bagi yang sangat peduli dengan penampilan bisa mengkonsumsi ekstrak daun Pane Gowang atau bisa merebus daun Pane Gowang sendiri di rumah.

6. Cara Konsumsi Daun Pane Gowang

Cara Konsumsi Daun Pane Gowang

Cara Konsumsi Daun Pane Gowang via https://www.google.com

Untuk mengkonsumsi daun pegagan sendiri caranya cukup mudah. Berikut beberapa langkah yang perlu di lakukan

Sebagai lalapan :

1. Siapkan 2 genggam daun pegagan.

2. Cuci bersih dengan air.

3. Kemudian rebus

4. Konsumsi daun pegagan sebagai lalapn atau dengan sambal.

Sebagai minuman / jus :

1. Siapkan 2 genggam daun pegagan.

2. Cuci bersih dengan air.

3. Blender dengan air (1 gelas blimbing)

4. Minum secara rutin 1x sehari selama seminggu.

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya