Systemic Lupus Erythematosus atau yang lebih dikenal dengan Lupus merupakan penyakit autoimun yang mulai marak dibicarakan. Terlebih karena lupus ini menyerang 90% perempuan dan salah satunya adalah artis terkenal, Selena Gomez.

Penyakit ini tergolong pada kategori autoimun dimana sistem imun keliru dan menyerang jaringan yang sehat, karena gejala-gejala yang dialami para ODAPUS (Orang dengan Lupus) sangat beragam, maka mengakibatkan penanganan medis yang kurang tepat. Apa saja ya gejalanya? Yuk kita pelajari bersama!

1. Butterfly Sign

Butterfly Sign adalah tanda yang muncul pada bagian wajah yang menyerupai kupu-kupu. tanda ini biasanya yang paling sering dialami oleh para ODAPUS. kulit pada bagian pipi dan hidung akan mengering dan muncul bercak-bercak kemerahan, jika terpapar sinar matahari maka butterfly sign ini akan semakin terlihat.

2. Rambut Rontok

Kita pasti pernah mengalami kerontokkan pada rambut, hal tersebut adalah sesuatu yang wajar. manusia dapat mengalami kerontokkan hingga 100 helai perhari dan itu termasuk kedalam kategori normal, namun jika kerontokkan yang terjadi melebihi dari batas normal hingga terjadi kebotakan, kita harus waspada.

Advertisement

Kerontokkan rambut yang parah bisa menjadi salah satu gejala Lupus yang biasanya tidak disadari. kerontokkan yang banyak dialami pada ODAPUS terlihat lebih signifikan dibanding kerontokkan pada orang-orang biasa.

3. Sariawan yang Terus Bertambah

Sebagian besar orang sudah mengetahui sariawan tanpa harus memeriksakannya ke dokter, bukan? Sariawan bukanlah sesuatu hal yang mengerikan bagi banyak orang. Namun, ketika sariawan muncul di banyak titik dan tidak juga sembuh dalam jangka waktu yang cukup lama, maka kamu harus berhati-hati.

Sariawan muncul biasanya karena seseorang kekurangan vitamin C, dan akan sembuh dengan sendirinya jika kita rajin membersihkan mulut dan mengkonsumsi makanan dan minuman yang mengandung banyak vitamin C. Tetapi pada ODAPUS, sariawan yang muncul bukan hanya pada satu titik, melainkan banyak. Kemudian sariawan yang muncul biasanya disertai gusi berdarah dan pembengkakan pada bibir dengan durasi yang lama dan hilang-timbul.

4. Kelelahan yang Luar Biasa

Advertisement

Kelelahan yang terjadi pada ODAPUS memiliki kesan yang ekstrem dan sulit dikendalikan. para ODAPUS akan merasa sangat lelah hingga tidak dapat melakukan hal-hal yang banyak melibatkan fisik. Rasa lemas yang tidak tertahankan ini dapat kembali pulih perlahan-lahan ketika telah mengkonsumsi obat yang mengandung steroid dan anti-inflamasi.

5. Penurunan Berat Badan Ekstrem

Poin selanjutnya nih yang termasuk kedalam gejala lupus adalah penurunan berat badan yang signifikan. sebagian ODAPUS pasti mengalaminya dan ini akan membuat para ODAPUS akan semakin lemah karena kehilangan bobot yang sangat banyak.

Bahkan dengan penurunan berat badan yang ekstrem ini, membuat para ODAPUS hanya dapat terbaring lemah di atas tempat tidur.

6. Rasa Ngilu Pada Tulang

Rasa sakit dan ngilu pada tulang yang dirasakan terjadi pada hampir diseluruh bagian tubuh, bahkan di titik yang tidak sewajarnya. Mungkin bagi kalian, rasa ngilu bukanlah sesuatu yang mengganggu dan dapat mudah hilang jika kita banyak beristirahat.

Namun tidak dengan ODAPUS, ngilu yang terjadi akan susah hilang walaupun sudah beristirahat ekstra. Kemudian rasa sakit yang terjadi bahkan dapat menyerang bagian tulang tengkorak dan gigi.

7. Nyeri Sendi dan Otot

Selain rasa sakit pada tulang, ODAPUS juga merasakan nyeri hebat pada sendi dan otot yang mengakibatkan bagian tubuh yang sulit untuk digerakkan dan sudah tidak lentur untuk dilekukkan. Selain itu, nyeri yang dirasakan dapat menimbulkan lebam yang tiba-tiba saja muncul dan lama pudar.

Dari 7 Hal di atas, adakah yang kamu rasakan? Tetapi, untuk mengetahui lebih pasti segera hubungi dokter ya agar dapat ditangani secara benar dan tepat. Diagnosa lupus juga harus disertai serangkaian cek laboratorium ya, Jadi jangan takut dan tetap harus waspada. 7 tanda tersebut akan lebih memudahkan kita agar tidak panik pada saat mengalaminya. Semoga bermanfaat ya!

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya