5 Barang yang Harus Kamu Bawa Saat Belanja di Supermarket Selama Pandemi Masih Berlangsung

Yuk belanja dengan protokol kesehatan

Di era pandemi ini kita semua pasti menghabiskan banyak waktu di rumah aja. Yang biasanya setiap hari pergi hang out sama temen-temen sekarang cuman bisa hang out online, yang biasanya setiap malam minggu wisata kuliner pergi ke tempat makan favorite, sekarang amannya makan makanan home made yang udah pasti steril. Pasti kangen banget kan jajan-jajan makanan dari luar, nah alternatifnya bisa bikin sendiri dirumah nih! Buat ngisi waktu biar nggak jenuh selama dirumah aja sekalian ngobatin kangen sama makanan-makanan favorite kalian.

Memasak udah jadi hobi sejuta umat selama pandemi ini. Yang tadinya ngga bisa masak, karena nontonin konten masak terus jadi bisa masak. Selain itu, di masa seperti ini kita harus memperhatikan apa yang kita konsumsi. Harus makan makanan yang bersih, higienis dan yang bernutrisi juga ya!

Beli bahan-bahan buat masak pasti harus ke supermarket nih, selain buat men-support hobi masak kamu, buat memenuhi kebutuhan sehari-hari seperti shampoo, sabun juga perlu banget demi menjaga kebersihan diri, apalagi hari gini harus super duper ekstra jaga kebersihan karena virus dari luar bisa menempel di tubuh kita.

Hal yang harus diperhatikan saat pergi keluar rumah adalah penerapan social distancing. Apa sih social distancing itu? Social distancing atau yang biasa dikenal sebagai physical distancing adalah kondisi menjaga jarak minimal 2 meter dengan orang lain untuk mengurangi penyebaran virus.

Diberlakukannya social distancing demi kenyamanan dan keamanan bersama, serta mengurangi resiko terpapar virus covid-19, bahkan saat kondisi badan sedang sehat tidak menjamin bahwa akan kebal dari virus covid-19 ini dan tidak menjadi perantara penyebar virus. Cara yang dapat di lakukan adalah menjaga jarak terhadap orang yang sehat maupun tidak. Usahakan kalau mau belanja ke supermarket saat pengunjung nya masih sepi, pagi-pagi pas baru buka. Biar nggak dempet-dempetan sama orang bawa trolley, jadi susah social distancing nya.

Patuhi juga protokol kesehatan yang diberlakukan. Sebelum masuk ke dalam supermarket, pastinya suhu tubuh akan diukur oleh staf supermarketnya. Kalau suhu nya normal baru deh bisa masuk. Di lantai supermarket juga udah di tempelin stiker safe steps sebagai panduan untuk para pengunjung agar menjaga jarak. Di beberapa supermarket diberikan stiker arah panah agar jalannya satu arah biar ngga bentrokan dengan pengunjung lain. Namun di beberapa supermarket juga hanya ada stiker jaga jarak di bagian kasir. Agar pas ngantri nggak dempet dempetan.

Mau ada stiker jaga jarak ataupun nggak ada, kesadaran diri sendiri yang terpenting untuk selalu menerapkan protokol kesehatan ini. Terkadang suka lupa dan merasa udah aman karena udah pakai masker dan selalu bawa hand sanitizer. Namun penularan dapat terjadi kalau ada kontak dari orang yang menyentuh kita, sengaja ataupun tidak sengaja. Karena virus dapat menempel dan bertahan di tubuh, baju, benda yang kita bawa. Maka dari itu penerapan social distancing amatlah penting, untuk mengurangi penyebaran virus corona meskipun sedang beraktivitas di luar rumah.

Nah, selain menerapkan social distancing, beberapa hal penting ini juga harus bawa setiap keluar rumah. Apa aja sih isinya?

Advertisement

1. Cadangan masker

Photo by Anna Shvets from Pexels

Photo by Anna Shvets from Pexels via https://www.pexels.com

Penting banget nih, karena masker kain harus diganti tiap 4 jam sekali atau kalau masker itu lembab atau basah. Masker yang di pakai juga baiknya masker kain atau masker medis ya!

2. Face shield

Photo by Ian Panelo from Pexels

Photo by Ian Panelo from Pexels via https://www.pexels.com

Selain pakai masker, face shield juga menjadi benda penting yang harus dibawa untuk extra protecton. Face shield berfungsi untuk melindungi mata dan area wajah dari paparan virus serta sebagai penghalang droplets.

Advertisement

3. Hand Sanitizer

Photo by Edward Jenner from Pexels

Photo by Edward Jenner from Pexels via https://www.pexels.com

Benda kedua yang wajib banget dibawa. Kandungan alkohol di dalam hand sanitizer dapat membersihkan tangan dari virus dan kuman, apalagi kalau habis megang-megang produk di supermarket.

4. Tisu Basah

photo by: Bobo.id

photo by: Bobo.id via https://images.app.goo.gl

Tisu basah ini sangat penting untuk dibawa. Tisu basah mengandung alkohol yang dapat membunuh virus dan bakteri, bisa digunakan sebagai pembersih tangan atau benda yang sering di pegang. Sebelum pegang trolley di supermarket, jangan lupa elap dulu ya pake tisu basah.

5. Tisu kering

Photo by Julian Paolo Dayag from Pexels

Photo by Julian Paolo Dayag from Pexels via https://www.pexels.com

Tisu kering ini juga nggak kalah penting dari tisu basah. Tisu kering dapat digunakan untuk mengeringkan tangan yang basah, untuk keperluan di toilet dan apabila ingin memegang area wajah namun tidak sempat mencuci tangan. Karena hindari memegang wajah sehabis menyentuh benda lain yang tidak steril ya!

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya

Advertisement

“Artikel ini merupakan kiriman dari pembaca hipwee, isi artikel sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.”

Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

CLOSE