Lebaran sebentar lagi nih dan tentunya lebaran sangat identik dengan penyajian berbagai jenis hidangan yang manis, gurih, dan lezat. Saat lebaran pasti banyak orang yang sibuk menyiapkan hidangan untuk disajikan. Tapi, bingung mau siapin hidangan manis apa untuk lebaran nanti? Nah, jangan bingung! Selain kue kering, ada hal baru yang bisa disajikan saat lebaran lho, yaitu pie. Sebuah hidangan penutup yang sangat menggoda selera.

Pie atau pai merupakan sebutan bagi kue dengan adonan pastry yang diberi isian dan disajikan dengan bentuk adonan isi yang tertutup maupun terbuka dengan berbagai variasi ukuran, rasa, dan jenis. Berhubung saat lebaran semuanya suka yang manis-manis, berikut ini berbagai jenis pai yang cocok dihidangkan saat lebaran. Pasti tetangga pada ketagihan deh! Penasaran dengan jenis pai apa yang cocok untuk lebaran?

Yuk, scroll ke bawah!

1. Sugar Cream Pie

Averie Cooks

Averie Cooks via https://www.google.com

Sugar Cream Pie adalah salah satu signature dish dari Indiana, Amerika Serikat. Pie ini  biasa disebut dengan “Hosier Pie”. Pie dengan krim yang berbahan dari dari adonan gula dan telur ini telah menjadi rekomendasi selama ratusan tahun di Indiana lho. Rasanya manis dan gurih gitu. Biasanya di atas pie ditaburi dengan sedikit kayu manis agar saat selesai dipanggang tercium wangi khas dari pie ini.

Advertisement

Tambahan ekstrak vanila juga menjadi khas dari pie ini. Tekstur dari pie ini juga sangat lembut dan hampir mirip dengan cheesecake. Yum! Rasa manis dari pie ini akan memberikan kebahagiaan bagi siapapun yang menyantapya. Dijamin deh, sahabat kamu pasti ketagihan sama pie ini.

2. Apple Pie

Apple pie atau pie apel adalah pie buah yang isian utamanya adalah buah apel. Biasanya pie apel disajikan dengan baluran whip cream atau es krim vanila di atasnya. Pie apel ini biasanya memakai lapisan pastry atas dan bawah. Lapisan atasnya bisa dibentuk sesuai selera lho. Baking sekalian mengasah kreativitas, keren banget dong!

Selain cara membuatnya yang mudah, pie apel ini juga memiliki bahan-bahan yang sangat sederhana dan mudah ditemui. Bahan dasarnya adalah apel yang bisa kamu pilih sesuai selera. Lagi-lagi, aroma khas pie apel adalah kayu manis. Jangan lupa untuk melumuri apel dengan kayu manis dan gula. Gula akan memberikan rasa manis seperti karamel. Cocok banget untuk dimakan bersama di siang hari. Lezatnya!

3. Pumpkin Pie

Taste of Home

Taste of Home via https://www.google.com

Advertisement

Nah, siapa nih di sini yang suka sekali dengan labu? Ternyata selain bisa dibuat sebagai kolak, labu juga bisa dijadikan isian pie lho. Rasanya sama lezatnya. Ambil labu kuning secukupnya, lalu dikukus hingga matang. Kemudian dihaluskan dan disaring agar tidak membentuk gumpalan kasar. Lalu, dimasak sebentar dengan tambahan gula, susu, serbuk vanila dan telur.

Setelah matang, tuangkan labu ke dalam adonan pie yang telah dipanggang setengah matang. Lalu, masukkan kembali ke dalam oven dan tunggu hingga pie siap dihidangkan. Mudah sekali bukan? Cita rasa labu ini akan sangat cocok di suasana lebaran. Nah, pie ini juga cocok di makan bersama krim kocok.

4. Mixed Berry Pie

NYT Cooking

NYT Cooking via https://www.google.com

Siapa nih pecinta asam, manis, dan gurih? Mari tunjuk tangan! Para pecinta berry pasti suka dengan pie ini. Pie ini akan sangat cocok untuk kamu yang suka dengan rasa asam dan tidak suka dengan hal yang terlalu manis. Rasa asamnya segar dan berasal dari campuran berbagai jenis buah berry. Rasa ini akan lebih nikmat karena dipadukan oleh gurihnya adonan pai yang sangat cocok dinikmati di hari lebaran bersama keluarga, sahabat, dan teman dekat.

Rasa asam dari pie akan tersamarkan saat pai dipadukan dengan es krim vanila atau susu kental manis. Pie ini akan sangat nikmat bila disajikan saat suasana hangat. Lebaran banget deh. Yuk di coba!

5. Chocolate Pie

Google Image

Google Image via https://www.google.com

Remaja pasti suka nih! Pie coklat yang tentunya akan jadiin mood bagus di hari yang penuh berkah ini. Rasa coklat tidak bisa tidak enak! Apalagi kalau dimakan ramai-ramai. Sama dengan pie lainnya, pie coklat berisikan adonan dari coklat, serbuk vanila, susu, dan telur. Teksturnya lembut dan kenyal.

Enggak jauh berbeda dengan Amish Sugar Cream Pie. Pie coklat selalu menjadi favorit remaja karena rasanya yang manis dan aroma coklatnya yang khas. Topingnya bisa ditaburi apa saja sesuai selera nih, seperti almond, potongan strawberry, potongan coklat, atau lain-lainnya.

6. Coconut Pie

Pie yang cocok untuk lebaran yang terakhir adalah pie kelapa. Pie kelapa merupakan pie yang memiliki rasa hampir mirip dengan pie susu. Bedanya pie kelapa memiliki tekstur yang sedikit kasar karena ditaburi parutan kelapa kering pada isiannya. Topingnya biasanya adalah krim kocok. Hal tersebut memberikan ciri khas kepada pai kelapa itu sendiri.

Pie ini nikmat saat disajikan dalam keadaan dingin. Mungkin tidak banyak anak muda yang suka dengan pie ini karena rasanya yang agak sedikit tradisional dan tak familiar. Tapi percaya deh, pie ini sama enaknya dengan pie yang lainnya. Sehingga siap-siap saja pai ini akan menjadi primadona saat lebaran nanti.

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya