Siapa sih yang nggak ingin kulitnya jadi sehat dan cerah? Banyak yang mendambakan hal tersebut dan memilih melakukan perawatan pada dokter kecantikan. Seperti yang kita tahu, melakukan perawatan wajah pada dokter kecantikan bukanlah hal yang murah.

Padahal ada banyak bahan alami di sekitar kita yang bisa membuat wajah kita menjadi cerah secara alami seperti menggunakan masker buah-buahan. Apa saja sih buah yang bisa mencerahkan wajah kita? Simak ulasanya di bawah ini ya!

1. Jeruk Nipis, si Kecil Kaya Manfaat

Jeruk Nipis, si Kecil Kaya Manfaat

Jeruk Nipis, si Kecil Kaya Manfaat via https://www.cantikbijak.com

Selain menyegarkan, jeruk nipis mengandung banyak manfaat untuk kulit wajah. Hal tersebut dikarenakan jeruk nipis memiliki kandungan AHA (alpha hydroxy acids) dan Vitamin C yang tinggi.

Fungsi utama dari si kecil masam ini untuk mencerahkan wajah. Caranya pun cukup simpel, cukup membersihkan jeruknya lalu iris tipis-tipis dan gosokkan secara perlahan ke wajah dan leher kita. Jangan lupa untuk membersihkan wajah terlebih dahulu sebelum mengoleskannya ke wajah tunggu sampai 15 menit, lalu bilas wajah kita hingga bersih dengan air hangat.

Advertisement

Jika ingin lebih simpel, bisa juga dengan memeras air jeruknya terlebih dahulu. Setelah itu oleskan ke wajah dan leher kita. Lalu tunggu hingga kering dan bilas sampai bersih dengan air hangat. Simpel kan?

2. Stroberi Selain Lezat juga Sehat

Stroberi Lezat juga Sehat

Stroberi Lezat juga Sehat via http://www.womendailymagazine.com

Siapa sih yang enggak suka sama si buah merah kecil satu ini? Selain enak, ternyata stroberi ini memiliki banyak kegunaan untuk wajah kita, lho! Salah satunya adalah mencerahkan wajah kita ya. Berkat kandungan asam ellagic pada buah ini, mampu memutihkan dan memperbaiki flek hitam pada kulit wajah. Selain itu, stroberi juga kaya akan anti-oksidan yang berfungsi untuk melindungi kulit dari bahaya sinar UV.

Cara penggunaannya pun simple banget. Yang pertama kali perlu dilakukan adalah mencuci bersih stroberi lalu parut hinga lembut. Setelah itu oleskan secara merata ke wajah dan leher yang sudah dibersihkan. Diamkan selama 15 menit lalu bilas hingga bersih. Meskipun tidak mencerahkan wajah secara cepat seperti pemutih dari obat-obat dokter, namun jika menggunakannya secara rutin, hasilnya akan sangat memuaskan dan kecerahannya pun akan terliha alami. Silakkan mencoba dan rasakan hasilnya!

3. Lemon si Asem yang Bikin Adem

Lemon si Asem yang Bikin Adem

Lemon si Asem yang Bikin Adem via https://www.pexels.com

Advertisement

Liatin buahnya aja sudah bisa ngrasain kesegarannya, ya! Selain segar si kuning ini sangat kaya akan kandungan vitamin C dan bermanfaat untuk mengangkat sel kulit mati. Sehingga kulit akan tampak lebih cerah secara alami.

Tidak hanya mencerahkan, buah lemon juga ampuh dalam mengobati jerawat dan mengatasi kulit berminyak. Penggunaan nya cukup mudah, cukup peras airnya lalu oles dan pijatkan pada wajah dan leher yang telah di bersihkan. Diamkan selama 15 menit dan bilas dengan ait hangat.

Untuk hasil yang lebih maksimal, gunakan setidaknya 3 hari sekali ya! Meskipun hasilnya tidak langsung ketara, namun secara perlahan si kecil ini akan mempercantik secara alami wajah kita.

4. Nanas Berduri tapi Banyak Manfaat

Nanas Berduri tapi Banyak Manfaat

Nanas Berduri tapi Banyak Manfaat via https://www.pexels.com

Siapa sangka, buah yang sering dijadikan selai ini sangat bermanfaat untuk kesehatan wajah? Nanas kaya akan mineral, vitamin C dan bromelain yang bagus untuk melawan jerawat serta mencerahkan wajah.

Caranya, dengan mengupas nanas dan cuci hingga bersih. Lalu parut nanas dan oleskan secara merata ke wajah dan leher yang sudah dibersihkan. Biarkan cairannya meresap ke dalam kulit selama kurang lebih 15 menit, lalu basuh hingga bersih dengan air hangat. Ulangi dua hingga tiga kali dalam seminggu. Belum pernah mencobannya? Coba dan buktikan hasilnya.

5. Tomat si Manis yang Bikin Mulus

Tomat si Manis yang Bikin Mulus

Tomat si Manis yang Bikin Mulus via https://www.cantikbijak.com

Si merah yang kadang bikin bingung apakah termasuk buah atau sayuran ini sangat bermanfaat untuk kiesehatan wajah. Hal tersebut karena tomat memiliki kandungan vitamin C dan E yang sangat efektif untuk kesehatan dan kecerahan kulit wajah. Selain itu kandungan antiseptic pada buah ini juga bisa membunuh kuman pada kulit wajah.

Cara penggunaannya cukup gampang. Bersihkan tomat, lalu iris tipis-tipis dan gosokkan secara lembut dan perlahan ke wajah dan leher yang telah dibersihkan. Bilas hingga bersih dengan air hangat. Gunakan secara rutin 2 kali dalam seminggu, Karena sejatinya tidak hanya badan yang perlu nutrisi, kulit wajah pun butuh nutrisi.

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya