Apa yang terlintas di pikiran kalian ketika membaca kata “kulit”? Mungkin beberapa dari kalian terbayang kulit seperti apa yang menjadi idaman kalian. Sebagian dari kalian, bisa saja justru teringat produk perawatan kulit dan kecantikan yang ingin kalian miliki. Atau mungkin, kalian sedang berkutat dengan masalah kulit, terutama kulit wajah, seperti kulit yang sensitif, pori-pori yang besar, komedo dan jerawat?

Nah, sepertinya ada satu hal yang kalian lupakan, yaitu kulit yang sehat. Ungkapan “Beauty Is Pain” semestinya digantikan oleh ungkapan “Beauty Is Healthy”.

Berhenti sejenak dari perburuan diskon produk perawatan kulit dan kecantikan favorit kamu. Punya kulit yang sehat itu murah dan mudah, lho! Bahkan kamu bisa mendapatkan produk perawatan dan melakukan perawatan homemade alias bikin sendiri. Karena dengan kulit yang sehat, inner beauty kalian akan terpancar bak cahaya ilahi.

1. Kenali jenis kulit dan kebutuhan kulit kamu

Kenali dan cintai kulit kamu

Kenali dan cintai kulit kamu via https://www.stjhs.org

Ada banyak jenis dan karakter kulit wajah yang dimiliki setiap wanita. Mulai dari kulit wajah normal, kering, berminyak, sensitif, dan kombinasi.

Sudah tahu jenis dan karakter kulit kamu? Nah, setelah itu kamu cuma perlu menemukan skin care yang sesuai sama kamu. Misalnya, kamu memiliki jenis kulit wajah sensitif. Pemilik jenis kulit wajah ini, disarankan untuk cenderung menggunakan produk perawatan kulit dan kecantikan yang bersifat alami. Karena kalau salah sedikit, kulit kamu bisa iritasi, bahkan sampai harus ke dokter spesialis kulit. Wah, pilih produk dengan jeli, ya!

Advertisement

Lain halnya kalau kamu pemilik jenis kulit wajah kombinasi, yang biasanya oily di bagian T-zone (dahi, hidung, dagu) tetapi kering di bagian pipi. Dengan kondisi tersebut, ada baiknya kamu menggunakan beberapa merek dan jenis produk perawatan kulit yang sesuai dengan jenis kulit kamu.

Gunakan produk anti-jerawat dan komedo di bagian T-zone kalau memang sering bermasalah di bagian T-zone. Kamu juga bisa menggunakan pelembab ringan dan face wash all skin untuk merawat bagian pipi kamu yang kering.

2. Nggak ada salahnya menggunakan beberapa merek produk, asalkan benar-benar sesuai dengan kulit kamu, ya!

Pilih produk

Pilih produk via https://www.pinterest.com

Apa brand produk perawatan kulit dan kecantikan favorit kamu? Apapun itu, kamu tetap harus memperhatikan kandungan bahan dan fungsi dari produk tersebut, apakah sesuai dengan jenis kulit kamu atau tidak. Tidak semua produk dalam satu brand dibuat khusus untuk jenis kulitmu. Bisa saja, produk toner dari brand lain lebih cocok saat diaplikasikan, atau face wash dari brand lokal yang punya hasil akhir sesuai keinginan.

Advertisement

Kalau kamu memiliki jenis kulit wajah oily, pilihlah produk yang bersifat oil-free atau memiliki kadar pelembab yang ringan. Rajin mencuci wajah dan menggunakan kertas minyak juga dianjurkan, tapi jangan terlalu sering yah. Kalau tiap jam cuci muka, repot juga. Justru wajah kamu akan kehilangan minyak alami dari kulit, dan memicu munculnya jerawat yang tidak diduga-duga.

Buat kamu yang memiliki jenis kulit wajah normal, selamat! Itu artinya, kamu tidak terlalu bermasalah dengan kulit kamu. Perawatan kulit kamu juga cenderung simpel, cukup menggunakan pelembab ringan dan face wash, kamu bisa mendapatkan kulit wajah yang bersih dan sehat.

3. You don’t really need that treatment

yang simpel-simpel aja :)

yang simpel-simpel aja 🙂 via http://isvecklinik.com

Biarkan kulitmu bernafas, bebas dari produk kecantikan dan perawatan yang kadang membuat kulitmu terasa kebas.

Beauty and skin care clinic akhir-akhir ini semakin marak, berbagai brand pun berebut perhatian pelanggan dengan penawaran dan pelayanan yang menggoda iman (menggoda iman wanita untuk tidak menghabiskan banyak uang demi kulit wajah idaman). Beberapa dari kalian mungkin pernah, atau bahkan rutin melakukan beauty and skin care di klinik langganan.

Saran, coba juga beauty and skin care alami yang bisa kalian lakukan dapatkan dengan mudah. Semua itu berawal dari konsumsi makanan yang sehat, sayur, dan buah-buahan yang baik untuk kesehatan kulitmu. Itu semua untuk mengimbangi beauty and skin care clinic yang serba canggih dan praktis.

Karena berdasarkan beberapa kasus yang pernah terjadi, beauty and skin care clinic tidak selalu menjadi solusi kecantikan, melainkan ketergantungan.

4. Kulit yang bersih lebih baik daripada kulit yang putih

Jangan lupa senyum :)

Jangan lupa senyum 🙂 via https://www.pexels.com

Kalau kamu masih mengikuti standar kecantikan “Kulit putih, rambut hitam yang lurus dan panjang, serta tinggi yang proporsional”, maka sekarang saatnya kamu beralih ke #LoveYourSkin!

Karena sejatinya, setiap wanita punya warna, jenis, dan cara perawatan kulit tersendiri. Tidak perlu mengikuti tren tertentu, atau berusaha keras menjadi seperti bintang iklan produk pembersih wajah di televisi. Percuma kalau kulit kamu putih, tapi muncul jerawat bandel dan komedo di sana-sini, kan?

Kulit yang bersih bisa kamu miliki asalkan kamu rajin menjaga kebersihan wajah, menggunakan produk perawatan wajah secukupnya, rutin berolahraga, menerapkan pola hidup sehat, dan tentunya mengonsumsi makanan sehat yang kaya nutrisi.

5. Sebenarnya, kamu bisa membuat tips perawatan kulit ala kamu sendiri, lho!

Karena kecantikan

Karena kecantikan via https://tipkecantikan.com

Mungkin kamu pernah mengikuti beberapa tutorial dan tips perawatan kulit dari para beauty blogger dan vlogger favorit kamu. Tapi, belum tentu semua itu sesuai dengan kebutuhan kulit kamu, kan? Bahkan bisa saja, walaupun menggunakan produk perawatan dan kecantikan terbaik, nyatanya tidak memberikan hasil akhir yang diinginkan. Kalau itu terjadi di kamu, berarti sudah saatnya kamu membuat tips perawatan kulit yang kamu banget!

Setelah mengenali jenis kulit dan memahami kebutuhan kulitmu, kamu pasti tahu dong, treatment dan skin care apa yang pas buat kamu? Beberapa dari kalian bisa mengikuti skin care Korea yang meliputi cleansing, toning, essence, spot treatment & vitamin C, exfoliating, ampoule & serum, sheet mask, face oil (khusus kulit kering dan kulit sensitif), emulsion, dan eye cream. Lengkap banget ya?

Atau kamu nggak mau ribet tapi tetap peduli dengan kesehatan kulit wajah dan kecantikan? Nggak perlu jauh-jauh! Cukup pakai face wash, pelembab wajah, masker wajah, dan toner.

6. Back to nature

Sejak zaman dulu, wanita Indonesia sangat peduli dengan kesehatan kulit dan kecantikan. Umumnya, mereka menggunakan bahan-bahan alami sebagai produk perawatan kulit dan kecantikan.

7. Be healthy, feel pretty!

Demi inner beauty yang hakiki

Demi inner beauty yang hakiki via http://blog.ginocerruti.com

Menjadi cantik bukan tentang seberapa lengkap koleksi kosmetik dan produk perawatan kulit kamu. Tapi tentang bagaimana kamu terlihat cantik dengan caramu sendiri.

Kamu bisa mulai dari menerapkan pola hidup yang sehat. Lakukan kegiatan yang sederhana dan mudah, seperti berolahraga minimal seminggu sekali (idealnya minimal seminggu dua kali untuk menjaga kebugaran tubuh). Setiap jenis olahraga punya manfaat masing-masing, cukup pilih olahraga yang kamu suka.

Kalau kamu suka jenis olahraga yang bisa dilakukan di rumah, cobalah yoga atau pilates. Atau kamu lebih tertarik dengan olahraga yang memeras keringat? Jogging dan basket bisa menjadi pilihan.

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya