Tingkatin Semangat Kerja dengan Passion, Intip Tips Menemukannya Di Sini

Tips temukan passion untuk tingkatin semangat kerja

Kerja sesuai passion akhir-akhir ini lagi banyak dibicarakan anak muda. Pasalnya ada yang setuju kalau passion jadi modal penting dalam berkarir ada juga yang berpikir kalau cuma nurutin passion kita nggak akan melihat peluang kerja di bidang lain. Di tengah pro dan kontra, ternyata banyak ahli yang menyebut kalau passion dapat membantu meningkatkan semangat kerja dan membuat mereka lebih mencintai pekerjaannya.

Vallerand (2008) menyebut seseorang dengan passion kerja yang tinggi akan lebih mudah mencintai pekerjaan, mereka lebih mudah menjalaninya, menginvestasikan waktu, dan energinya. Karena seseorang dengan passion tinggi akan merasa bahwa pekerjaan itu adalah panggilan jiwanya (Vallerand dan Houlfort, 2003).

Buat kamu yang penasaran dan mau menemukan passion kerja, berikut 5 tips menemukannya.

Advertisement

1. Tanyakan pada diri kamu, hal apa yang membuatmu semangat?

Photo by wayhomestudio via freepik

Photo by wayhomestudio via freepik via http://freepik.com

Lakukan apapun sesuai kata hati, namun tetap bertanggung jawab dan memikirkan dampak kedepannya baik untuk diri sendiri maupun orang lain. Pekerjaan apa sih yang membuat kamu selalu senang dan bersemangat?

Sesuatu yang menghidupkan semangatmu untuk bekerja sepenuh hati dan tanpa paksaan adalah passion yang akan membawa karirmu lebih bahagia untuk dijalani.

Advertisement

2. Siapa sosok yang kamu rasa ingin seperti dia?

Photo by Pormezz via shutterstock

Photo by Pormezz via shutterstock via http://shutterstock.com

Ternyata perasaan iri itu nggak selalu buruk lho. Melihat seseorang yang lebih sukses dan bahagia dalam karirnya bisa memotivasi kamu untuk mencapai kesuksesan yang sama bahkan lebih baik.

Melihat pencapaian seseorang hingga ada di posisi yang hebat, membuat kamu ingin mengenal bagaimana proses dan aspek pekerjaan yang membawanya sampai ke posisi itu.

3. Tanamkan rasa pada hal-hal yang kamu suka

Photo by Hananeko_Studio via shutterstock

Photo by Hananeko_Studio via shutterstock via http://shutterstock.com

Coba deh mulai memberi rasa pada hal-hal yang kamu sukai, karena dari sini kamu bisa mengetahui hal-hal yang membuatmu nyaman atau sebaliknya. Terapkan pada kehidupan sehari-hari, lambat laun kamu akan memahami diri sendiri dan menemukan passion yang kamu cari.

Advertisement

4. Coba cari tau hal apa yang selalu kamu pertahankan meski ada pertentangan

Photo by Timeimage via freepik

Photo by Timeimage via freepik via http://freepik.com

Pernah gak punya keinginan kuat pada pekerjaan atau kegiatan di bidang tertentu? Terkadang orang-orang di sekitar kamu, utamanya keluarga punya pilihan sendiri untuk setiap jalan karir kamu.

Tapi kalau kamu berusaha untuk tidak mengikutinya dan tetap memilih jalan karir sendiri, itu tanda passion-mu sudah ketemu. Nggak ada salahnya kok membuktikan diri akan pilihan karir sendiri, dibanding harus melakukan pekerjaan setengah hati.

5. Ikutan Tes Minat & Bakat untuk yakinin passion kamu

Photo by Rawpixel.com via shutterstock

Photo by Rawpixel.com via shutterstock via http://shutterstock.com

Semakin cepat ketemu passion, kamu semakin punya banyak waktu untuk mengembangkan potensi yang kamu punya. Cara tercepat untuk bisa menemukan dan meyakinkan passion yang tepat bisa dengan ikutan Tes Minat & Bakat. Yuk cari tahu dan mulai tes pertamamu di sini!

Temukan informasi lowongan kerja ter-update dan rencanakan karir hebatmu di TopKarir. Download aplikasinya gratis di App Store dan Play Store ya.

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya

Advertisement

“Artikel ini merupakan kiriman dari pembaca hipwee, isi artikel sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.”

Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

CLOSE