Tips ala Trinity Traveller, Tetep Bisa Travelling Walaupun Dompet Tipis!

Travelling sudah menjadi bagian dari gaya hidup. Hampir semua orang menjadikan travelling sebagai bahan wajib yang harus ada di daftar akhir pekan.

Mau nggak mau, disadari atau nggak, saat ini travelling sudah menjadi bagian dari gaya hidup. Hampir semua orang, bisa dibilang mayoritas yah guys menjadikan travelling sebagai bahan wajib yang harus ada di daftar akhir pekan. Keinginan untuk mendatangi tempat-tempat baru, berbagi kisah melalui foto-foto di feed instagram, menenangkan diri dari segala hiru pikuk rutinitas harian,ataupun sederet alasan lainnya. Terlebih lagi bagi kaum millenials rasanya travelling kini menjadi sebuah keharusan.

Nah, teruntuk kalian khususnya kaum millenials yang ingin travelling tapi masih bingung harus dimulai dari mana karena minimnya dana dan belum ada penghasilan yang jelas? Jangan khawatir, guys! Berikut ini ada 6 tips ala Trinity Traveller dan juga beberapa tips dari salah seorang teman yang jauh di sana, di mana sebelumnya mereka pernah melakukan perjalanan dari Medan ke Yogyakarta dengan budget seminimalis mungkin.

Penasaran? Yuk intip 6 tips ala Trinity Traveller yang bisa kamu contoh.

1. Hitung budget yang kamu punya sebelum memilih destinasi yang ingin kamu kunjungi

Advertisement

Hampir sama seperti artikel sebelumnya, yaitu ke Yogya dengan budget 1 jutaan, hal pertama yang wajib kamu perhitungkan adalah Your Budget, guys. Banyak yang berpendapat bahwa uang adalah prioritas kedua saat kamu ingin berpergian, yang terpenting tahu dulu tempat yang ingin kamu kunjungi, dan uang kemudian. Itu adalah kesalahan besar, BIG NO! Dengan travelling on a budget, justru kamu harus tahu dulu prakira atau jumlah biaya yang kamu punya sampai dengan saat ini.

Semakin jauh destinasimu, maka akan semakin mahal pula biaya yang harus kamu keluarkan. kalau kamu tidak memiliki modal yang cukup, ada baiknya untuk kamu mengunjungi tempat-tempat terdekat terlebih dahulu. Pastikan bahwa biaya akomodasimu sesuai dengan budget yang kamu miliki.

Dengan modal yang kecil, tentu kualitas pun juga akan mengikuti, tapi yang namanya travelling  dengan modal seadanya. Dibawa enjoy aja ya guys, toh yang penting adalah pengalamannya dan kualitas liburannya. Artinya seberapa baik kamu menikmati waktu liburanmu, bukan seberapa mewah fasilitas liburanmu. 

Advertisement

2. Nggak perlu bawa barang banyak-banyak, because less is more!

clothes

clothes via https://unsplash.com

Kalau ini, terutama para cewek-cewek, bisa dipastikan bahwa mereka akan membawa barang-barang ala OOTD untuk keperluan foto-foto ala Instgramable. Iya kan? Tapi nih guys, dengan membawa barang-barang yang berlebih, itu justru akan merepotkan kamu sendiri. Pasalnya kamu akan berpergian dengan modal sedikit atau minim budget, lebih baik bawa barang-barang yang memang perlu kamu bawa agar lebih ringkas dan praktis. 

Bawalah barang-barang yang lebih multifungsi. Kuncinya ada di mix and match. Ada baiknya untuk kamu membawa baju yang mudah untuk di mix and match agar kamu tetap terlihat stylish walaupun memakai baju yang sama. Satu lagi ada baiknya bagi para perempuan untuk tidak membawa alat makeup lengkap, cobalah untuk memindahkan cream malam,cream pagi kalian pada mini jar agar terlihat lebih praktis dan efisien tempat.

3. Untuk menghemat biaya travel, lebih baik gunakan transportasi umum

Advertisement

Ini adalah permasalahan umum yang paling sering dialami yaitu membengkaknya biaya. Salah satu hal yang dapat membuat biaya travellingmu membengkak adalah transportasi. Di setiap tempat pastinya biaya transportasi berbeda-beda, hal tersebut dikarenakan setiap jarak per kilometernya dengan biaya tarifnya berbeda.

Jadi lebih baik kamu gunakan transportasi umum. Meskipun tidak senyaman dengan menggunakan transportasi pribadi, tapi akan ada banyak sekali pengalaman dan pelajaran yang bisa kamu dapatkan. Yah, bisa dibilang selain irit biaya, kamu akan menemukan sensasi yang terkadang justru membuatmu merasa berdecak kagum.

4. Mencari tempat-tempat gratis untuk dikunjungi

Saat kamu memutuskan untuk pergi ke tempat baru, pasti akan banyak spot menarik yang ingin kamu kunjungi. Namu, ketika kalian ingin mengunjungi tempat-tempat bagus, kalian perlu menyadari bahwa kalian juga membutuhkan biaya lebih untuk tiket masuk.

guys, begini. Ada banyak tempat-tempat bagus yang bisa kamu kunjungi tanpa harus merogoh kocek dalam-dalam, yang bisa dibilang beberapa diantaranya justru digratiskan. Yang terpenting, kamu harus rajin-rajin mencari tahu tentang informasi daerah yang akan kamu kunjungi nantinya. Dijamin, pasti ada.

5. Masak sendiri di homestay atau cari makanan yang murah tapi mengenyangkan

cooking

cooking via https://unsplash.com

makan danminum adalah kebutuhan pokok bagi setiap orang. Terlebih bila kamu berada dalam sebuah perjalanan, tentunya kamu butuh asupan yang cukup agar badan gak cepet lemas. Coba deh sesekali kamu memasak di tempat menginapmu, yah semacam homestay atau guesthouse kamu.

Tapi jangan lupa untuk membeli bahan-bahan makananmu terlebih dahulu, kemudian masak sendiri. itu jauh lebih murah lho guys, dan penulis sudah membuktikannya disaat penulis memilih untuk solo travelling di Bali. Yah walaupun tidak semua homestay ataupun guesthouse mengijinkannya tapi ada baiknya kamu menanyakannya terlbih dahulu.

Dan biasanya sepengalaman penulis, ada beberapa homestay yang justru senang ketika tamunya memasak di dapur mereka. Yang pada akhirnya mereka akan mengajakmu memasak bersama kemudai saling bertukar makanan yang nantinya akan disuguhkan secara bersamaan, dan tak jarang tamu-tamu luar sangat tertarik.

6. Percaya deh, overthinking justru akan membuatmu nggak kemana-mana

travelling

travelling via https://unsplash.com

“Worrying gets you nowhere. Kalo kebanyakan mikir,kamu gak akan bisa kemana-mana. Just do it!. Kata Trinity. penulis pikir ini betul banget. Pasti banyak di antara kita yang sebelum berpergian, mikirnya banyak banget. Yang justru ending-nya malah bikin kamu gak jadi kemana-mana. Yang dimulai dari jadwal, cuti di-acc atau enggak, dan segala macam tetek bengek yang ada dipikiran kita. Nah, pemikiran-pemikiran seperti itu yang justru akan menghambatmu nantinya. 

Hidup cuman sekali, guys. Kalau kamu ingin membuat hidupmu semakin berkesan dan memiliki cerita dalam setiap ritme hidupmu, go travel now. Jadi,gimana? Nggak ada alasan lain lagi kan untuk gak travellingt? You can go anywhere you want

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya

Advertisement

“Artikel ini merupakan kiriman dari pembaca hipwee, isi artikel sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.”

Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

Selalu merasa bahwa hidup ini hampa tanpa pedasnya sambal bawang. Dan selalu merasa bahwa Jogja adalah kota teromantis didunia

CLOSE