Korea Selatan kini menjadi salah satu destinasi wisata paling digandrungi oleh masyarakat Indonesia. Bukan hanya K-Pop idolnya saja yang cantik, negaranya pun tak kalah eloknya. Namun, sebagai negara nonmuslim tentu banyak asumsi bahwa akan sulit berlibur di Korea sebagai seorang muslim dengan kewajiban-kewajibannya. Padahal Korea Selatan sudah termasuk negara muslim-friendly loh peeps! Hmm se-friendly apa sih?

Yuk kita intip beberapa tips yang mungkin membantu teman-teman muslim semua yang ingin berlibur ke Korea.

1. Cari tempat penginapan di daerah Itaewon

Itaewon adalah salah satu distrik di Seoul yang banyak residennya merupakan penduduk asing. Tak heran, kita akan menemukan berbagai macam toko yang menjual berbagai jenis makanan dari seluruh penjuru dunia. Yup, termasuk makanan halal.

Advertisement

Selain itu, Masjid Pusat Seoul juga terletak di Itaewon. Dengan menginap di daerah Itaewon, peribahasanya nih “Sekali mendayung dua tiga pulau terlampaui”. Teman-teman akan dekat dengan masjid, dan dekat pula dengan restauran halal.

2. Persiapkan selalu alat sholat dan aplikasi pengingat waktu sholat

Masjid Pusat Seoul

Masjid Pusat Seoul via https://muslimvillage.com

Ini nih yang biasanya kalau di Indonesia kita take for granted. Karena kita di negara asing, perlu banget mempersiapkan hal-hal kecil ini sedari awal. Sekarang sudah banyak perlengkapan sholat yang travel friendly dan bisa dilipat menjadi keci, jadi teman-teman gak perlu repot membawanya. Aplikasi pengingat waktu sholat seperti

MuslimPro juga sangat penting karena kita akan jarang banget mendengar adzan di Korea, bahkan gak pernah. Dan tentu saja waktu sholat di Korea dan Indonesia berbeda, apalagi di musim panas yang waktu sholatnya bisa lebih lama daripada di Indonesia.

3. Cari restaurant halal yang bersertifikasi

Korea Muslim Federation

Korea Muslim Federation via https://blog.bnbhero.com

Advertisement

Kini restauran halal sudah cukup menjamur di Korea, namun kita tetap harus berhati-hati, peeps! Ada beberapa toko yang hanya memasang logo halal tapi kita tidak tau jelas kebenaran logo halal tersebut.

Untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan, sebaiknya teman-teman mencari restauran yang sudah bersertifikat halal oleh Korea Muslim Federation (KMF).

4. Hindari makanan daging olahan

Korea Street Food

Korea Street Food via http://danielfooddiary.com

Street food Korea memang suka bikin ngiler ya huhu, tapi tunggu dulu, apakah street food Korea halal? Daging babi adalah daging paling lumrah dipakai di Korea, sehingga banyak banget makanan Korea yang mengandung babi, termasuk makanan-makanan street food yang enak-enak itu. Terus kita sebagai muslim harus gimana dong?

Hindarilah makanan street food yang mengandung daging olahan, karena bisa dipastikan ada campuran daging babi disitu, contoh makanannya nih sosis, dumpling, kimbab, meatball, dan sundae. Tapi tenang aja peeps masih banyak kok street food lain yang bisa dijajal. Worry no more!

5. Cek komposisi makanan

Korean Snack

Korean Snack via https://www.amazon.com

Ini nih yang sedikit ribet terutama buat temen-temen yang suka jajan snack Korea tapi tetap mau stay halal. Yap, ayo cek komposisi makanannya. Olahan babi bisa dalam bentuk apa aja, termasuk dalam jajanan di convenient store. Ramyeon, kopi kalengan, roti,  bahkan keripik udang adalah beberapa snack yang terdapat kandungan babinya. Memang tidak semua merek, namun kita tetap harus hati-hati kan?

Duh ribet banget sih? Tenang, sekarang sudah ada aplikasi “Scan Halal” yang membantu teman-teman semua untuk mengecek komposisi snack tersebut. Tinggal scan barcode, klik, dan langsung keliatan deh boleh dimakan atau enggak.

6. Jangan lupa kunjungi tempat wisata yang menyediakan prayer-room

Everland Korea

Everland Korea via http://tourkekorea.net

Jalan-jalan ke tempat-tempat hitz seperti Namsan Tower, Myeongdong, Hongdae, Gyeongbokgung, all checked! Ssstt padahal pemerintah Korea sudah menyediakan beberapa prayer rooms di beberapa tempat wisata di Korea yang bisa kita pakai loh! Beberapa tempat wisata yang gak kalah keren dan menyediakan prayer room adalah Everland dan Nami Island.

Everland sendiri adalah salah satu taman hiburan yang paling terkenal dan terbesar di Korea. Kalau Nami Island atau Pulau Nami pasti teman-teman udah sering denger kan? Pulau kecil yang menawarkan keindahan alamnya yang unik banget! Apalagi kalau lagi winter, uh berasa masuk drama Winter Sonata. Gak bakal nyesel deh datang ke dua tempat itu, dapat wisatanya, mudah juga ibadahnya hihi.

 

Gimana? Sudah siap liburan halal di Korea? Memang, se-friendly nya Korea dengan Muslim tentu kita masih butuh usaha dan pengorbanan. Kalau dibandingkan liburan di dalam negeri memang terlihat sedikit merepotkan, tapi kalau sudah dijalankan pasti akan terasa lebih enteng.

Yuk, segera siapkan bagasimu dan gaja!

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya