#RemajaBicaraKespro-Cewek Wajib Tahu: Ini Dia 7 Tips Atasi Bocor di Sekolah!

Dari aku yang dulu sering banget bocor di sekolah

Hai, girls! Bocor di sekolah adalah pengalaman menyebalkan yang pernah aku temui di samping berbagai masalah seputar menstruasi lainnya. Kalau bocornya di rumah mah masih aman-aman aja, tapi kalau di sekolah? Beuh, anti deh! Kalau bisa jangan sampai.

Sedikit cerita, aku adalah orang yang pertama kali bocor di kelasku waktu itu. Agak sial memang, tapi dari situ aku bisa belajar banyak dan menjadi lebih well-prepared ketika menstruasi datang. 

Ini dia hal-hal yang aku lakukan untuk mengatasi bocor di sekolah.

Advertisement

1. Bersihkan dengan air dan sabun cair

Photo by Cici Hung on Unsplash

Photo by Cici Hung on Unsplash via https://unsplash.com

Noda darah di celana atau rok akan sangat membandel. Maka dibutuhkan sabun untuk mengangkat noda-noda tersebut. Sangat direkomendasikan untuk memakai sabun cair daripada jenis sabun lainnya. Kamu bisa membawanya di botol kecil dan dimasukkan ke pouch sanitasimu!

Jika situasi sangat amat darurat, kamu boleh memakai air dan garam dari kantin untuk membersihkannya atau hanya dengan air saja. Tak perlu mencuci seluruh bagian, kamu hanya perlu membersihkan nodanya. Setelah itu pastikan kamu mengeringkan dengan tisu sampai layak pakai ya. Jangan terlalu lembap karena akan mengundang pertumbuhan bakteri dan jamur. 

Advertisement

2. Bawa celana dalam cadangan

Photo by Derick Anies on Unsplash

Photo by Derick Anies on Unsplash via https://unsplash.com

Agak ribet memang, tapi ini adalah antisipasi yang lebih baik daripada mencuci celana dalam. Bawalah celana dalam cadangan saat kamu memasuki masa menstruasi. Simpan celana dalammu dalam tempat yang aman seperti kantong sanitasi ataupun saku tersembunyi di dalam tasmu.

3. Bawa pembalut lebih

Photo by Natracare on Unsplash

Photo by Natracare on Unsplash via https://unsplash.com

Terkadang teman-teman kita membawa pembalut lebih, tetapi jangan bergantung dengan mereka. Itu adalah persediaan mereka. Kita juga harus memiliki persediaan di kantong sanitasi kita masing-masing ya, girls!

Pilih pembalut yang nyaman kamu pakai dan mampu menampung datang bulanmu ya! Jangan lupa ganti setiap 4 jam sekali. Jika kamu bukan golongan pemakai pembalut, kamu bisa membawa tampon atau menstrual cup cadangan ya!

4. Buat pembalut darurat

Photo by Alexas_Fotos on Unsplash

Photo by Alexas_Fotos on Unsplash via https://unsplash.com

Dalam situasi darurat, kamu juga dapat membuat pembalut darurat sendiri dengan tisu. Caranya ambill tisu toilet dan menggulungnya di seputar telapak tangan sebanyak sepuluh kali atau sampai pembalut cukup tebal. Kemudian pasang secara membujur di celana dalam. Lalu ambil tisu toilet lagi dan lilitkan di pembalut dan celana dalam sebanyak 8-10 kali sampai pembalut benar-benar kencang.

5. Bawa jaket

Photo by Raychan on Unsplash

Photo by Raychan on Unsplash via https://unsplash.com

Meski cuacanya tidak dingin, kamu harus tetap membawa jaket untuk menutupi rok/celanamu ketika kamu bocor dengan cara dililitkan di pinggang.

Teman-teman kelasmu biasanya sudah tahu apa artinya kamu memakai jaket yang dililitkan. Tak apa, itu wajar kok. Ada banyak perempuan yang seperti itu di luar sana dan itu sudah biasa.

6. Tanyakan pada temanmu

Photo by Ben White on Unsplash

Photo by Ben White on Unsplash via https://unsplash.com

Terkadang kita tidak bisa melihat apakah kita bocor atau tidak. Mintalah bantuan pada teman perempuan di dekatmu untuk melihat apakah kamu bocor atau tidak terutama setelah kamu beranjak dari kursi. Mereka pasti akan membantumu.

Cara lainnya yakni dengan menunggu kelas sepi dan saat itulah kamu baru beranjak dari kursimu untuk melihat kondisi rokmu.

7. Rajin ke toilet

Photo by Chastity Cortijo on Unsplash

Photo by Chastity Cortijo on Unsplash via https://unsplash.com

Melihat rok saja tidaklah cukup. Kamu juga perlu rajin mengecek keadaan pembalutmu. Bisa jadi pembalutmu bergeser akibat aktivitas yang kamu lakukan. Kamu perlu membenahi posisinya.

Itulah tips-tips mengatasi bocor di sekolah yang pernah aku lakukan. Tidak usah malu kalau kamu pernah 'kecolongan'.

Semoga semakin hari kamu semakin siap menghadapi datang bulan di situasi dan kondisi apapun!

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya

Advertisement

“Artikel ini merupakan kiriman dari pembaca hipwee, isi artikel sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.”

Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

A young girl who passionate in Child's Growth and Development. I also enjoy the writing poetry and some articles for competition

CLOSE