Puasa merupakan bulan suci bagi umat muslim untuk berlomba-lomba meningkatkan amal ibadah dan mendekatkan diri kepada Allah. Puasa identik dengan sahur dan buka bersama keluarga. Namun tidak bagi sebagian orang, salah satunya pelajar yang dituntut untuk tetap menjalankan ibadah mulia, yaitu puasa dan belajar di perantauan.

Minggu awal puasa mungkin akan terasa berat, namun berikut ini beberapa tips yang bisa kalian coba untuk menjalankan puasa yang penuh berkah di jauhnya kehangatan kampung halaman.

1. Jangan tinggalkan salat

NUOnline

NUOnline via http://www.nu.or.id

Salat akan mendekatkan diri kita kepada Allah. Sehingga kita boleh merasa jauh dengan keluarga, namun tidak dengan Allah. Apalagi salat merupakan kewajiban bagi umat muslim. Di bulan suci ini, mari tingkatkan salat kita menjadi lebih baik lagi.

2. Nyalakan alarm

Advertisement

Jangan lupa untuk selalu menyalakan alarm untuk bangun sahur yang bisa dibilang sulit untuk dilakukan, apalagi rasa kantuk sering membuat sulit bangun. Nyalakan kira-kira satu jam sebelum sahur supaya ada persiapan untuk mempersiapkan menu sahur yang akan disantap.

3. Telepon orang tua

Kalian tidak bisa sampai di titik sekarang ini tanpa bantuan orang tua. Mintalah doa dan doakanlah mereka selalu. Ucapkan salam dan jangan lupa saling bertukar kabar. Rasa sayang kepada orang tua membuat kegiatan belajar di kota rantau menjadi lebih bersemangat dan barokah.

4. Jangan bermalas-malasan

Puasa harus diisi dengan kegiatan bermanfaat, apalagi sebagai pelajar akan banyak sekali kegiatan yang bisa dilakukan dan bermanfaat bagi orang lain. Selalu ingat bahwa jauh dari orang tua menumbuhkan rasa mandiri terhadap diri sendiri dan lingkungan sekitar.

5. Mengikuti kegiatan bakti sosial

Advertisement

Bulan puasa dapat diisi dengan sedekah dan kegiatan kemanusiaan yang dapat bermanfaat bagi orang sekitar. Apalagi bulan suci ini sangat indah bila diisi dengan kepedulian dengan sesama. Mulai dari hal-hal yang kecil dengan mengisi kotak infak masjid atau memberi uang kepada orang yang membutuhkan.

6. Pesan katering untuk sahur dan berbuka

Padatnya kegiatan pelajar membuat pola makan sahur dan berbuka menjadi tidak teratur. Memesan katering merupakan pilihan yang sesuai bagi beberapa pelajar yang tidak ada waktu untuk memasak dan sulit untuk mencari makan di luar. Apalagi saat ini banyak yang menyediakan jasa katering yang sesuai dengan kantung para pelajar.

7. Buka puasa bersama teman

Midtowngary

Midtowngary via http://midtowngary.com

Mungkin sebagai pelajar perantauan tidak bisa berbuka bersama keluarga, namun teman-teman sudah terasa seperti keluarga sendiri. Dengan berbuka bersama dapat meningkatkan silaturahmi dan kebersamaan.

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya