Biaya makan selama travelling menjadi salah satu komponen yang terbesar dalam pengeluaran, karena itu penting banget buat kamu yang hobi travelling untuk bisa mengatur dan mengendalikannya dengan baik. Nggak seru kan kalo tiba-tiba di tengah asik liburan malah kehabisan uang yang ujungnya berpengaruh dengan sisa waktu perjalananmu yang jadi nggak menyenangkan lagi.

1. Atur jadwalmu selama travelling, termasuk jadwal makan juga, ya!

Planning liburanmu via https://www.airtreks.com

Kegiatan travelling yang padat tentu menguras waktumu. Pengeluaran tidak terduga bisa menguras isi dompetmu akibat tidak makan tepat waktu, di mana kemungkinan kamu akan lebih banyak jajan atau ngemil berbagai makanan yang harganya belum tentu murah, tentunya jika membeli di lokasi wisata yang kamu kunjungi. Mengatur jadwal travelling termasuk jadwal makan selama travelling lebih efektif, di mana kamu dapat memilih waktu yang tepat untuk mendatangi tempat makan terdekat yang harganya masuk akal dengan isi dompetmu.

2. Mengatur budget untuk makan juga harus lho!

Ngatur budget via https://www.airtreks.com

Menghindari makan tanpa perhitungan yang baik, akan membuat budget makan segera habis, meskipun liburanmu masih cukup panjang. Nggak ada salahnya lho kamu mengatur budget makan harian atau budget setiap satu kali makan. Dengan demikian kamu bisa mengontrol kondisi keuanganmu. Jangan terlalu memaksakan diri jika ternyata uangmu tidak cukup untuk menu tertentu yang harganya cukup mahal, kamu bisa memilih menu makanan lain yang harganya lebih murah namun juga memenuhi nutrisi tubuhmu.

3. Cek harga sebelum memesan makanan itu perlu banget daripada nyesel kemudian

Advertisement

Makan di pinggir jalan yang penting hemat via http://mytrip.co.id

Meskipun beberapa rumah makan di lokasi wisata yang kamu kunjungi menawarkan berbagai varian menu murah, namun bisa saja hal tersebut tidak berlaku pada setiap menu yang ditawarkan. Cobalah lebih cermat dengan mengecek harga sebelum memesan, daripada isi kantongmu terkuras karena harus membayar sejumlah harga yang cukup besar. Hal ini sangat sering terjadi dan banyak dikeluhkan. Oleh karena itu penting buat kamu untuk cermat sebelum membeli ya!

4. Ajak temanmu yang juga suka travelling

Makan bareng biar rame via http://bryankonietzko.tumblr.com

Alih-alih selama travelling kamu nggak sendirian, kamu juga bisa menghemat biaya makan dengan patungan dengan temanmu. Selain kamu bisa lebih ngirit isi dompet, travellingmu juga lebih bermakna jika bareng temanmu yang sudah berpengalaman kan? Hehehe.

5. Mampir di rumah teman atau saudara yang rumahnya searah dengan tujuan travellingmu

Ada yang nyiapin makan via https://www.twitter.com

Perjalananmu selama travelling tentu membutuhkan waktu yang tidak singkat dan menguras tenaga. Mengunjungi rumah teman atau saudaramu yang searah dengan tujuan perjalananmu menjadi pilihan daripada kamu harus menginap di hotel, penginapan, atau fasilitas umum yang keamanannya belum tentu terjamin untukmu. Alih-alih bisa numpang istirahat dan menjalin silaturahmi, kemungkinan kamu juga dapat bonus makan gratis! Hehehe.

Jadi mulai sekarang, sebelum travelling kamu harus memersiapkan jadwal makanmu supaya nggak kelaparan di jalan karena isi dompet yang tinggal recehan.