Lakukan 5 Hal Mudah Ini, Biar Harimu Tetap Berjalan Asik Meski Panasnya Super Terik

Tips cuaca panas terik

Dilansir dari tribunnews.com, menurut hasil pengamatan Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG), suhu udara maksimum bisa mencapai lebih dari 39 derajat Celsius sejak 19 Oktober 2019. Disampaikan oleh Kepala Bidang Analisis Variabilitas Iklim BMKG Indra Gustari, ada dua alasan kenapa cuaca di Indonesia begitu panas.

Pertama, sebagian besar wilayah Indonesia masih dalam kondisi kemarau, khususnya wilayah yang ada di selatan ekuator. Kedua, saat ini posisi semu matahari berada tepat di atas Indonesia (sekitar ekuator) sehingga menyebabkan intensitas penyinaran matahari menjadi lebih tinggi. 

Dampak suhu sangat panas karena posisi semu matahari berada di atas Indonesia, diprediksi BMKG akan berlangsung sampai 10 hari ke depan. Selain itu ada pula dampak yang kita rasakan, seperti dehidrasi, merasa gerah dan terus berkeringat, kulit menjadi belang, dan bisa menyebabkan pusing jika terlalu lama berada dibawah sinar matahari.

Yuk, simak apa saja hal yang harus kita lakukan dalam menghadapi panasnya cuaca ini.

Advertisement

1. Pertama jangan lupa konsumsi air putih secara cukup

Google.com/minumairputih

Google.com/minumairputih via https://www.google.com

Cuaca yang panas membuat kita rentan dehidrasi, untuk mencegah hal tersebut banyak minum air putih. Tidak selamanya minuman yang dingin itu baik, apalagi kalo matahari lagi terik-teriknya. Nanti yang ada kamu dehidrasi. Minum air putih biasa jauh lebih baik dibanding yang dingin ya guys.

2. Gunakan masker untuk menghindari debu saat keluar rumah

Google.com/penggunaan masker

Google.com/penggunaan masker via https://cdns.klimg.com

Lindungi wajah kamu dari paparan sinar matahari dengan menggunakan masker saat bepergian, ya. Selain masker, kamu bisa gunakan topi atau payung untuk melindungi tubuh kamu dari teriknya matahari yang membuat pusing dan kulit terbakar.

Advertisement

3. Pakai sunblock dan sunscreen saat akan keluar rumah. Ini wajib dan nggak bisa ditawar!

Google.com/Aplikasikan Sunblock

Google.com/Aplikasikan Sunblock via https://cdn1-production-images-kly.akamaized.net

Sebelum menggunakan sunblock atau sunscreen, gunakan krim pelembab pada wajah agar kulit wajah kamu tidak kering. Setelah itu aplikasikan sunscreen pada wajah yang mengandung SPF dan jangan lupa aplikasikan juga sunblock untuk tubuh ya guys.

Perawatan kulit yang satu ini berlaku bagi wanita maupun pria, karena pada dasarnya merawat tubuh itu penting bagi kesehatan. Penggunaan sunblock atau sunscreen pada kulit bisa melindungi dari berbagai efek buruk dari sinar matahari.

Kulit menjadi gelap, iritasi, penuaan dini, menimbulkan jerawat bahkan bisa menyebabkan kanker kulit adalah efek sinar matahari. Oleh karena itu, demi kesehatan kulit jangan malas gunakan sunblock saat keluar ruangan ya guys.

Advertisement

4. Jaga kesehatanmu dengan rajin makan buah

google.com/buahbuahansegar

google.com/buahbuahansegar via https://res.cloudinary.com

Buah-buahan yang mengandung air akan membantu kamu terhindar dari dehidrasi lho guys. Seperti buah jeruk, anggur, stroberi, semangka, kiwi, pir dan belimbing. Alangkah baiknya jika mengonsumsi buah-buahan secara rutin karena dampak yang dihasilkan pun sangat bermanfaat bagi kesehatan tubuh.

5. Cuaca memang lagi panas-panasnya. Kalau bisa sih bepergian atau keluar rumah seperlunya aja~

google.com

google.com via https://mmc.tirto.id

Hal ini juga penting dilakukan saat cuaca sedang ekstrem seperti sekarang ini. Kalau dikotamu cuaca sedang panas menyengat, diusahakan jangan bepergian jika memang tidak penting. Gunakan waktumu untuk istirahat yang cukup ya!

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya

Advertisement

“Artikel ini merupakan kiriman dari pembaca hipwee, isi artikel sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.”

Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

Editor

Not that millennial in digital era.

CLOSE