Tips dan Trik Memangkas Biaya Kehidupan Ala Anak Kost untuk Calon Anak Kost

Hidup anak kost agar hemat

Kehidupan anak kost sering diartikan sebagai kehidupan yang tidak menyenangkan. Karena kita dituntun untuk hidup secara mandiri, dan jauh dari keluarga. Padahal kehidupan anak kost itu menyenangkan, kalau kita bisa menikmatinya dan menjadikannya sebagai pelajaran hidup untuk masa depan. Kehidupan anak kost juga disebut-sebut memerlukan biaya yang banyak, padahal tidak sama sekali.

Kalau kita bisa mengatur pemasukan dan pengeluaran hidup sehari-hari, maka dapat dipastikan uang yang kita keluarkan tidaklah banyak. Bahkan, kita bisa menabung untuk keperluan yang lainnya, atau digunakan untuk refreshing atau menghibur diri sendiri dari tekanan tugas maupun pekerjaan. Berikut tips dan trik ala anak kost untuk menghemat biaya hidup.

Advertisement

1. Jangan Membeli Barang Yang Kurang Berguna

Kita kerap sekali mempunyai hasrat untuk membeli barang yang kurang berguna atau bermanfaat, misalnya kita ingin sekali membeli boneka padahal boneka kita sudah banyak. Padahal uang yang kita gunakan untuk membeli sesuatu yang kurang bermanfaat bisa kita gunakan untuk hal lain.

2. Hiduplah Dengan Teratur

Style Tribunnews

Style Tribunnews via http://www.style.tribunnews.com

Hidup teratur atau hidup yang terstruktur sangatlah penting untuk anak kost. Dengan hidup yang terstruktur, kita dapat menentukan hal-hal apa saja yang menjadi prioritas dan lebih meminimalisir pengeluaran-pengeluaran yang tidak perlu kita keluarkan. Karena kita sudah mempunyai gambaran, apa saja yang kita butuhkan.

Advertisement

3. Jangan Mau Kalah Dengan Gengsi

Glitzmedia

Glitzmedia via http://www.glitzmedia.com

Gengsi seringkali membebani kita, padahal kita bisa saja hidup tanpa gengsi. Hanya karena gengsi, kita tidak perlu mempunyai kehidupan seperti orang lain yang terkesan mewah. Karena mempunyai pengeluaran yang sedikit, jadilah diri sendiri yang apa adanya dan tidak hidup karena gengsi.

4. Belajarlah Memasak

Tribunnews

Tribunnews via http://www.tribunnews.com

Belajarlah memasak. Karena dengan memasak, kita dapat mengira-ngira beberapa biaya pengeluaran kita untuk makanan. Kita juga terhindar dari ketergantungan makan di luar. Jika kita bisa memasak, setidaknya kita bisa menghemat 2 kali dari total biaya makan kita sehari-hari.

5. Belajarlah Menabung

Dengan menabung, kita seperti mempunyai uang untuk berjaga-jaga jika suatu hari hal yang tidak diinginkan terjadi. Sebagai contoh, jika kita kehabisan uang karena kebutuhan yang mendadak, kita tidak perlu pusing untuk mencari uang dan membebani orangtua. Semua ini bisa terlaksana, jika kita semangat untuk menabung.

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya

Advertisement

“Artikel ini merupakan kiriman dari pembaca hipwee, isi artikel sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.”

Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

CLOSE