Mahasiswa pasti nggak jauh-jauh dari kata capek, stres, dan ngantuk. Ya, benar. Itu karena tuntutan tugas kuliah yang bikin mahasiswa begadang ngerjain tugas tersebut, apalagi deadline udah mepet. Kegiatan organisasi pun bikin capek, apalagi kalau ada event besar. Bisa-bisa nggak tidur. 

Beberapa mahasiswa juga ada yang kerja paruh waktu untuk menambah uang jajan mereka. Kerja pun menguras tenaga mereka. Jadi nggak heran kalau di kelas beberapa dari mereka ngantuk saat jam mata kuliah hingga mereka tidur.

Ini dia, beberapa tips dari aku biar kalian nggak ngantukan saat jam mata kuliah…

1. Kerjakan Tugas Sedini Mungkin

kerjakan tugas

kerjakan tugas via http://google.com

Advertisement

Maksudnya, jika diberi tugas usahakan untuk mengerjakannya jauh-jauh hari dari deadline pengumpulan. Jangan membuang-buang waktu hingga menunggu deadline tugas tersbut dikumpulkan. Minimal kerjakan tugas tersebut satu minggu sebelum dikumpulkan. Hal ini dapat meringkas waktu kamu, jadi bisa rebahan santuy pas weekend.
 

2. Hindari Begadang di Malam Hari

tidur yang cukup

tidur yang cukup via http://google.com

Begadang memang sudah menjadi kebiasaan mahasiswa, apalagi mahasiswa semester tua. Untuk menghindari ngantuk di pagi hari, usahakan kalian tidur di bawah jam 10 malam, ya. Begadang sendiri punya efek buruk loh buat kesehatan kamu, terutama liver. Saat malam, sudah waktunya untuk semua organ-organ tubuh istirahat. Gimana caranya? Tidur tidak terlalu larut.
 

3. Selalu Sedia Permen

permen

permen via http://google.com

Biasanya ngantuk datang saat kalian tidak fokus pada apa yang kalian kerjakan. Pikiran kalian kosong, dan kalian tidak melakukan apa-apa. Untuk menghindari ngantuk, kunyahlah permen. Aktivitas tersebut membuat kaliah nggak terlalu gabut sehingga dapat mengurangi rasa ngantuk.
 

4. Jangan Lupa Olahraga Ya Gaes

excercise

excercise via http://google.com

Advertisement

Buat kalian yang merasa cepat lelah dan mengantuk, mungkin kalian kurang olahraga nih. Olahraga dapat membantu meningkatkan energi kalian sehingga nggak cepat lelah.
 

5. Hindari Makanan Berat

hard food

hard food via http://google.com

Kenapa sih harus menghindari makanan berat? Makanan berat seringkali bikin kenyang dan kalau kita udah kenyang, auto ngantuk deh. Makanlah makanan yang sekiranya bisa mengganjal perut kalian selama belajar. Tapi ingat ya guys, jangan belajar dengan perut kosong dan jangan menunda makan malam. Otak kalian juga butuh asupan untuk berpikir guys
 

6. Sinar Matahari Agar Lebih Segar

Selama kalian belajar, pasti merasa jenuh dan pegal kan? Coba deh, keluar dan jemur diri kalian agar terkena sinar matahari. Usahakan sinar matahari pagi karena sinar matahari dapat meningkatkan vitamin D dalam tubuh kalian yang dapat mem-boosting energi loh.
 

7. Dengarkan Musik

Saat lagi sumpek-sumpeknya mikirin tugas, pasti ada tuh setan yang memeberikan rasa ngantuk. Tapi kalian pasti ingin tugas itu cepet selesai kan? Makanya cepat dikerjakan jangan tidur mulu wkwk.

Mendengarkan musik disela-sela belajar bisa meningkatkan energi dan mood kalian. Jadi kalian nggak buang-buang waktu untuk mengerjakan tugas.

Nah itu tadi sederet tips untuk kalian si tukang ngantuk. Jangan lupakan tugas kalian sebagai mahasiswa ya…

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya