6 Tips Agar Kuliah Online Tetap Terasa Efektif dan Masuk Ilmunya. Pasti Nggak Bosan!

Tips efektif kuliah online

 Ada nggak sih, yang kangen kuliah tatap muka bertemu teman-teman? Ada nggak, yang kangen suasana kuliah di kampus?

Terdapat pro kontra dengan adanya sistem kuliah online tersebut. Kuliah online lebih mudah karena tidak harus mengeluarkan ongkos dan tenaga untuk pergi kekampus. Untuk kamu yang malas, kamu juga tidak perlu mandi ketika akan mengikuti kuliah online tersebut. Namun, adanya kuliah online ini juga memberatkan para mahasiswa. Tugas yang dibebankan ke mahasiswa menjadi lebih banyak. Belum lagi, kadang kondisi kuliah online yang terkadang kurang kondusif dan mengalami beberapa gangguan jaringan.

Hmm, bosen juga ya kuliah offline terus. Namun apa boleh buat, pemerintah masih menganjurkan mahasiswa untuk belajar di rumah, sehingga pihak kampus belum membuka sistem pembelajaran secara offline.Nah agar kuliah daringmu lebih efektif, yuk simak tips berikut ini.

Advertisement

1. Buat reminder jadwal kuliah

bikin jadwal | Photo by Bich Tran

bikin jadwal | Photo by Bich Tran via https://www.pexels.com

Sebelum memulai kuliah online, baiknya kamu menyusun jadwal kuliahmu. Dengan membuat susunan jadwal kuliah, maka kamu tidak akan lupa dan tidak akan melewatkan jadwal kuliah daring. 

Buatlah reminder jadwal dengan semenarik mungkin, agar dapat membuatmu menjadi lebih semangat dalam mengikuti kuliah online.

Advertisement

2. Tepat waktu dan disiplin

on time | Photo by energepic.com

on time | Photo by energepic.com via https://www.pexels.com

Pastikan kamu disiplin dan tepat waktu dalam mengikuti kuliah online. Walaupun kuliah online, namun kamu tetap tidak boleh telat, lo. Kamu harus mengikuti kuliah online secara tepat waktu, dan mengisi absen yang disediakan oleh dosenmu.

Tak hanya tepat waktu dalam mengikuti kelas, kamu juga harus tepat waktu dalam mengumpulkan tugasmu. Pastikan kamu mengerjakan dan mengumpulkan tugasmu tepat waktu, dan tidak melewati tenggat waktu yang telah diatur oleh dosenmu.

3. Persiapkan buku dan alat tulis

siapkan buku | Photo by Tranmautritam

siapkan buku | Photo by Tranmautritam via https://www.pexels.com

Sebelum memulai kuliah online, persiapkanlah buku dan alat tulis yang akan kamu gunakan nanti. Jadi, ketika kelas sudah dimulai, kamu tidak perlu repot lagi untuk mengambil buku dan alat tulis karena kamu sudah persiapkan semuanya. Kamu hanya perlu fokus untuk menyimak materi yang disampaikan oleh dosenmu.

Advertisement

4. Simak materi yang disampaikan

simak materi | Photo by August de Richelieu

simak materi | Photo by August de Richelieu via https://www.pexels.com

Pastikan kamu untuk menyimak materi yang disampaikan oleh dosenmu dengan saksama. Simaklah materi tersebut dengan fokus, agar kamu tidak ketinggalan materi yang telah disampaikan.

Nggak mau, kan, kalau kamu tidak paham materi tersebut, padahal dosenmu sudah menjelaskan?

5. Catat poin penting dari materi yang disampaikan

catat materi | Photo by Ketut Subiyanto

catat materi | Photo by Ketut Subiyanto via https://www.pexels.com

Selama dosenmu memberi materi, kamu dapat mencatat poin penting yang disampaikan oleh dosenmu agar kamu tetap ingat materi yang telah dosenmu sampaikan. Biasanya, setelah kelas online selesai, mahasiswa cenderung lupa akan materi yang disampaikan oleh dosen, sehingga alangkah baiknya agar kamu mencatat materi tersebut.

Siapa tahu ketika ujian, materi tersebut keluar dalam soal ujian. Beruntung kan, kamu mencatatnya!

6. Gunakan ruangan yang nyaman

sekolah di ruang yang nyaman | Photo by Petter Olexa

sekolah di ruang yang nyaman | Photo by Petter Olexa via https://www.pexels.com

Gunakan ruang yang nyaman ketika akan mengikuti kuliah online. Pilihlah ruangan yang sepi, tenang, dan tidak ramai agar kamu bisa fokus untuk menyimak materi dari kuliah onlinemu tersebut. Karena, ruangan yang ramai akan membuatmu tidak nyaman dan dapat mengganggu konsentrasimu dalam mengikuti kuliah online.

Nah, itu tadi beberapa tips agar kuliah onlinemu menjadi lebih efektif. Walaupun hanya mengikuti kuliah online, tetap jangan disepelekan, ya! Karena materi dan nilai dalam kuliah online tersebut juga akan memengaruhi IPK-mu nanti. Semangat, guys!

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya

Advertisement

“Artikel ini merupakan kiriman dari pembaca hipwee, isi artikel sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.”

Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

Writing with Sincere

CLOSE