Tips Liburan Hemat di Lombok

Pulau Lombok yang berlokasi di Nusa Tenggara Barat (NTB) yang dulunya tak banyak yang tau kalau Pulau Ini begitu Indah. Kini Pulau Lombok telah menjelma menjadi destinasi wisata yang sangat populer, baik itu di kalangan wisatawan domestik maupun mancanegara, bahkan wisatawan manca negara lebih dulu mengexplore keindahan Pulau Lombok. Saat anda berada di Pulau Lombok Anda akan dengan mudah menemukan berbagai wisata alam yang dengan pemandangannya begitu mempesona. Mulai Gili Trawangan, Gili Nanggu, Bukit Merese, Pantai Tanjung Aan dan beberapa Air Terjun yang bersumber dari Gunung Rinjani.

Dengan berlibur selama 5 hari saja anda akan puas mengexplore beberapa obyek wisata yang sangat indah di pulau Lombok, rata-rata para wisatawan domestik yang berlibur di Pulau Lombok mereka menghabiskan waktu selama 5 hari saja dan mereka sangat puas namun ingin kembali lagi ke Pulau Lombok. Berikut ini saya akan sharing tips liburan hemat di Lombok yang bedasarkan cerita sepasang backpacker yang mengexplore Lombok.

1. Hari pertama saat kedatangan di Airport Lombok

Kedatangan dari Airport Lombok

Kedatangan dari Airport Lombok via http://www.wisatadilombok.com

Saat kami sampai di bandara Lombok kami langsung dikerubungi oleh para sales taksi charteran dan kayaknya nggak ada taksi argo deh, jadi akhirnya kami tawar-menawar harga dan kami mendapatkan harga 300 ribu dengan rute dari airport menuju ke hotel di Area Senggigi. Setelah kami sampai dan di hotel check in untuk istirahat sejenak. Kemudian kami jalan sekitar 5-10 menit kepura batu bolong (gratis kecuali untuk donasi) pura yang berlokasi di Panggie Pantai Senggigi tempat yang asIik untuk menikmati sore hari, kemudian kami jalan sekitar 1,5 km ke utara ada deretan toko, adventure tour dan cafe di senggigi.

2. Hari kedua Pantai Kuta Lombok

Seger Beach - Wisata Lombok

Seger Beach – Wisata Lombok via http://www.wisatadilombok.com

Kami menyewa motor dapat 60 ribu/24jam. Langsung menuju ke Lombok Tengah bagian selatan kurang lebih 60 km ke Pantai Kuta lombok – bukit sunrise sunset Tanjung Aan – pantai tanjung Aan. Rute yang kami lalui yaitu Ampenan Kota Tua langsung menuju jalan lingkar dan tembus menuju ke bay pass yang rutenya ke Airport terus lurus menuju ke Rumah Adat Sade, kemudian sampai di area kuta dengan keindahan pantainya. Di Kuta ada beberapa pantai yang bisa di explore yaitu, Pantai Kuta, Pantai Seger, Pantai Tanjung Aan, Bukit Merese dan masih banyak lagi. Namun perlu di Waspadai untuk tidak sampai petang di area Kuta karna jalan balik yang akan dilalui belum banyak penerangan jalan.

3. Hari ketiga explore Air Terjun Tiu Kelep

Tiu Kelep - Wisata Lombok

Tiu Kelep – Wisata Lombok via http://www.wisatadilombok.com

Untuk hari ketiga kami masih menggunakan motor untuk mengexplore keindahan Pulau Lombok ini, rute kami di hari ketiga adalah mengunjungi Air terjun Tiu Kelep dan Sendang Gila, jaraknya sekitar 70 km ke utara dari Senggigi yang dalam perjalanan kami dengan puasnya menikmati pemandangan fantastis dari hamparan pantai dan persawahan, saran untuk menuju ke Air Tiu Kelep dan Sendang Gile kalian harus dalam kedaan tubuh yang fit karna jalan yang dilalui dengan beberapa tanjakan. Sesampai di lokasi kami bayar parkir 5 ribu dan tiket masuk. Untuk mengunjungi Air terjun Tiu Kelep kalian harus menggunakan jasa guide lokal yang ada di sana karena kalian akan menelusuri hutan dan menyeberangi sungai agar kalian tidak tersesat dan aman. Usahakan untuk menanyakan berapa biaya guide lokal agar kalian bisa meminimalkan budget.

4. Hari keempat menginap di Gili Trawangan

Gili Trawangan - Wisata Lombok

Gili Trawangan – Wisata Lombok via http://www.wisatadilombok.com

Breakfast di hotel kemudian kami check out dari hotel di Senggigi terus kami meminta pihak hotel untuk memesankan taksi bluebird dan kami menuju ke pelabuhan Bangsal 130 ribu, karena taksi nggak boleh masuk area pelabuhan bangsal, kita bisa jalan atau naik kodomo. Ada 2 kapal ke Gili, slow boat 15 ribu atau fast boat 85 ribu. Lebih baik pilih slow boat karena waktu itu terisi dengan cepat 30 -45 menit sampai di Gili Trawangan. Check in hotel sewa sepeda dari hotel 50 ribu dan bersepeda keliling pulau 7 km bisa lewat jalan pintas membelah pulau.

5. Hari kelima snorkling Gili Trawangan

Pakej Percutian Lombok

Pakej Percutian Lombok via http://www.percutianlombok.com

Untuk snorkling trip 3 Gili ada yang include makan siang dan ada yang tidak dan kami memilih untuk tidak include makan siang jadi kami beli sendiri nanti saat boatnya berhenti di resto di gili air. Setelah puas snorkling seharian kami check out hotel kemudian naik boat balik ke Bangsal.

Lombok sangat indah tapi di pantainya yang biru hijau masih banyak yang belum tau dan di explore. Penduduk Lombok sangat baik hati dan ramah yang terpenting saat kita ramah orang juga akan ramah kepada kita.

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya

“Artikel ini merupakan kiriman dari pembaca hipwee, isi artikel sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.”