Tips Memanfaatkan Waktu Muda Sebagai Bekal Untuk Menghadapi Tantangan di Masa Depan

Jangan sampai terlena saat masih muda

Masa muda adalah masa yang paling bahagia. Di mana saat itu rasa ingin tau, rasa ingin mencoba sesuatu sangat tinggi. kata orang masa itu adalah masa dimana sedang asik-asiknya mencari cinta, di mana dua muda mudi baru merasakan indahnya kisah cinta.

Tapi jangan salah, masa muda juga merupakan masa keemasan di mana masa depan yang akan menjadi taruhannya. Oleh karena itu kita harus bisa memanage bagaimana memanfaatkan waktu muda agar tidak menyesal di masa depan nantinya.

Advertisement

1. Masa depanmu engkau yang tentukan, memulai sekarang atau tidak sama sekali

Foto oleh fauxels dari Pexels

Foto oleh fauxels dari Pexels via https://www.pexels.com

Masa muda merupakan sebuah pilihan. Mau bersenang-senang menghabiskan waktu muda bekerja keras di masa tua, atau hidup prihatin tidak mengurangi bersenang-senang mempersiapkan masa muda untuk membangun masa depan dan bahagia di waktu mendatang.

Semua itu adalah pilihan, kamu bisa menentukan pilihanmu karena dirimu yang akan mengalami itu bukan orang lain.

Advertisement

2. Belajar dari sekarang, atau kebodohan bersamamu nanti

Photo by Pexels

Photo by Pexels via https://www.pexels.com

Kunci sebuah kesuksesan adalah belajar. orang sukses pasti mempunyai ilmu dan juga wawasan yang luas.

Caranya adalah dengan belajar dan membaca buku. Belajar tidak melulu harus di sekolah melainkan apa yang kita lihat, apa yang kita dengar, dan apa yang kita rasakan itu adalah belajar. Dan hal yang sangat penting adalah membaca karena membaca adalah jendela ilmu pengetahuan.

3. Mengurangi hal-hal yang tidak perlu untuk dikerjakan

Advertisement
Photo by Google Images

Photo by Google Images via https://www.google.com

Kurangi melakukan hal-hal yang dianggap tidak perlu seperti, nongkrong yang tidak jelas, sering berpergian tapi entah tanpa arah dan tujuan hanya sekedar untuk mencari hiburan. Manfaatkanlah waktu sebaik mungkin.

Rancang agenda harian apa saja yang ingin dan harus dilakukan. Boleh sekali-kali kumpul dengan teman-teman untuk menghilangkan stres, namun setelah itu harus segera fokus ke arah tujuan dan target yang ingin dicapai.

4. Gunakan pengalaman orang lain sebagai pembelajaran

Foto oleh fauxels dari Pexels

Foto oleh fauxels dari Pexels via https://www.pexels.com

Jadikan pengalaman orang lain sebagai pembelajaran untuk bisa lebih melangkah ke depan. Kegagalan orang lain jadikan sebagai pengingat untuk tidak melakukan hal yang serupa dan ambilah kesuksesan sebagai motivasi bahwa kita juga bisa melakukannya. Ambilah hikmah dari setiap kejadian yang telah kita atau orang lain alami.

5. Berdoa kepada Tuhan meminta yang terbaik yaitu jalan menuju kesuksesan

Foto oleh Arina Krasnikova dari Pexels

Foto oleh Arina Krasnikova dari Pexels via https://www.pexels.com

Setelah kita berusaha selanjutnya adalah berdoa. kata pepatah usaha tanpa doa sombong, sebaliknya doa tanpa usaha itu omong kosong.

Sudah semestinya kita sebagai manusia harus berdoa dan berserah diri kepada Tuhan, karena hasil bak buruknya usaha yang kita lakukan juga merupakan kehendak dari tuhan. Namun satu hal yng mesti diingat usaha tak akan pernah menghianati hasil.

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya

Advertisement

“Artikel ini merupakan kiriman dari pembaca hipwee, isi artikel sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.”

Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

CLOSE