Ingin Menemukan Kendaraan yang Pas? Ini Dia 5 Tips Memilih Mobil yang Tepat Sebelum Membeli

Agar mobil impian yang tepat guna dapat terbeli, perhatikan tips berikut ini ya!

Jika kamu memiliki keinginan untuk membeli mobil baru, kemungkinan besar kamu akan kebingungan bagaimana cara memilih mobil yang tepat. Sebelum membeli, pastikan kamu sudah memikirkan matang-matang agar mendapatkan mobil idaman sesuai ekspetasi. Setelah melakukan sedikit riset dasar dalam menentukan mobil baru untuk dibeli, kamu sudah bisa mendapatkan mobil keinginan dengan mudah. Selain itu ada beberapa tips yang dapat memudahkan kamu dalam membeli mobil lho! Yuk simak artikel berikut ini!

ADVERTISEMENT

1. Nilai Kebutuhan

Photo by Hassan OUAJBIR from Pexels

Photo by Hassan OUAJBIR from Pexels via https://www.pexels.com

Dalam hidup, ada kebutuhan dan keinginan. Saat memilih mobil, mulailah dengan memahami apakah kamu membutuhkan mobil. Jika demikian, lanjutkan untuk mempersempit jenis apa yang kamu butuhkan. Tuliskan kebutuhan itu di selembar kertas. Jika kamu mengikuti daftar tersebut, kebutuhan tersebut akan membawa kamu ke mobil yang tepat.

Namun, jika kamu ingin mobil menjadi semacam pisau dapur yang mempersiapkan kamu untuk apa pun. Dalam hal ini, prioritaskan! Biasanya, kamu akan menemukan satu hal yang dibutuhkan 80% dari waktu. Misalnya, kebanyakan orang menggunakan mobil mereka untuk bepergian atau menjemput anak-anak dari sekolah. Tulis penggunaan utama di bagian atas daftar kebutuhan itu dan lihat sisanya lebih sebagai keinginan.

ADVERTISEMENT

2. Tetapkan Anggaran

Photo by Fizkes from Shutterstock

Photo by Fizkes from Shutterstock via https://www.shutterstock.com

Kecuali jika kamu memiliki setumpuk uang tunai, kamu mungkin perlu mengambil pinjaman mobil. Ini merupakan tindakan cerdas untuk menjaga total pengeluaran pembayaran mobil bulanan, asuransi, bahan bakar, pemeliharaan, perbaikan, pendaftaran – hingga 20% atau kurang dari gaji bulanan kamu.

Gunakan kalkulator kredit mobil untuk mengetahui berapa harga pembelian yang akan memberikan pembayaran bulanan yang sesuai dengan anggaran kamu. Hindari godaan untuk memperpanjang pinjaman selama 60 bulan (lima tahun) hanya untuk membeli mobil yang lebih mahal.

ADVERTISEMENT

3. Gunakan Alat Pencari Mobil

Photo by TippaPatt from Shutterstock

Photo by TippaPatt from Shutterstock via https://www.shutterstock.com

Tips selanjutnya, buatlah daftar target lima mobil untuk diteliti dengan membaca ulasan dari pakar dan pemilik otomotif. Bahkan jika sangat yakin bahwa kamu tahu apa yang kamu inginkan, penting untuk melihat model lain yang bersaing. Pasar sangat ramai akhir-akhir ini, mudah untuk mengabaikan model yang mungkin lebih sesuai dengan kebutuhan daripada pilihan utama. Jangan terburu-buru bagian dari proses ini!

ADVERTISEMENT

4. Lakukan Test Drive

Photo by JESHOOTS.com from Pexels

Photo by JESHOOTS.com from Pexels via https://www.pexels.com

Selanjutnya, kamu bisa melakukan test drive untuk mencoba satu per satu mobil yang sudah kamu pilih. Dengan melakukan test drive, kamu bisa memilih mobil yang tepat dan nyaman sesuai selera pribadi. Jika pihak dealer mengijinkan, tetapkan waktu test drive sesuai waktu senggangmu. Setelah itu, kamu bisa langsung mencoba mobil satu per satu.

ADVERTISEMENT

5. Buat Keputusan

Photo by Mikhail Nilov from Pexels

Photo by Mikhail Nilov from Pexels via https://www.pexels.com

Jika kamu masih ragu-ragu, kembali ke pencari mobil dan tarik kandidat baru. Tetapi jika keputusan sudah jelas, kamu dapat melanjutkan ke fase pembuatan kesepakatan. Sadar tidak sadar, emosi dan intuisi akan berperan dalam pilihan kamu. Tutupi dasar-dasar praktisnya terlebih dahulu, lalu buka pintu untuk faktor kesenangan. Kemudian kamu akan memiliki mobil sesuai selera dan siap melayani kebutuhanmu.

Itu dia 5 tips yang bisa kamu terapkan sebelum membeli sebuah mobil. Semoga mendapatkan mobil impian!

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya

“Artikel ini merupakan kiriman dari pembaca hipwee, isi artikel sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.”

Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

Seorang Blogger dan penulis di situs-situs media nasional.