Salah satu penyebab kulit kusam dan tampak gelap adalah paparan sinar matahari yang terus menerus. Anda yang sibuk di luar ruangan seringkali mengalami masalah kulit seperti ini. Walaupun tampak sepele namun kondisi kulit yang kusam dan tampak hitam bisa mempengaruhi rasa percaya diri, bukan?

Sekarang, anda tidak perlu khawatir lagi karena ada beberapa cara memutihkan badan secara alami dengan menggunakan ramuan tradisional. Ramuan tersebut tanpa bahan kimia berbahaya dan tetap aman untuk kulit. Bahan-bahannnya pun sangat mudah ditemukan di sekitar lingkungan anda. Yang paling penting, anda akan mendapatkan hasil yang seperti anda impikan sebelumnya.

1. Penguapan

Memutihkan badan secara alami

Memutihkan badan secara alami via https://zivagold.com

Penguapan adalah salah satu cara memutihkan badan secara alami. Cara ini bahkan sudah digunakan sejak zaman Ken Dedes. Ken Dedes sendiri dikenal karena kecantikan alaminya yang mampu memikat para raja.

Advertisement

Wanita mana yang tidak mau seperti itu? Ternyata salah satu rahasia kecantikan Ken Dedes adalah melakukan penguapan secara rutin atau yang biasa disebut dengan Ratus.

Ratus memadukan rempah-rempah asli Indonesia seperti kemenyan, cendana, kenanga, atau klobot. Sebelum digunakan untuk proses penguapan badan, semua bahan herbal tersebut dikeringkan terlebih dahulu. Setelah kering, rebus dalam air mendidih. Air rebusan inilah yang digunakan untuk proses penguapan layaknya sauna. Air tersebut juga bisa digunakan sebagai air mandi dan aman untuk seluruh bagian tubuh termasuk rambut.

Cara sederhana ini ampuh untuk melancarkan peredaran darah, membersihkan organ kewanitaan, dan membuka pori-pori yang tersebut.

Advertisement

Jika digunakan secara teratur, asap dari ramuan tradisional ini akan membersihkan kulit badan sehingga kulit anda tampak lebih putih, berkilau, dan sehat. Ucapkan selamat tinggal pada masalah kulit seperti jerawat atau lingkaran hitam.

Jika bagian dalam anda bersih maka kulit pun akan merasakan manfaatnya. Selain manfaat tersebut di atas, pengasapan ramuan tradisional ini juga akan membuat tubuh anda menjadi lebih wangi tanpa harus menggunakan parfum.

2. Parem

Bahan herbal untuk memutihkan badan

Bahan herbal untuk memutihkan badan via https://zivagold.com

Bagi anda yang berasal dari Jawa mungkin sudah tidak asing lagi dengan istilah parem. Parem adalah sejenis produk herbal kecantikan yang juga terbuat dari berbagai rempah dari Indonesia. Layaknya Ratus, parem juga sudah digunakan sejak lama mulai zaman nenek moyang sebagai perawatan kulit mereka.

Untuk membuat parem, siapkan beberapa bahan seperti serai, cendana, jahe, cengkeh, pala, lengkuas, beras hitam, dan minyak kelapa. Tumbuk semua bahan tersebut hingga halus menyerupai serbuk kering. Untuk menggunakan parem, siapkan wadah kemudian isi dengan serbuk parem yang sudah anda buat sebelumnya. Tambahkan sedikit minyak kelapa hingga ramuan ini menjadi mirip dengan lulur. Jika teksturnya sudah pas, balurkan parem ke seluruh tubuh anda dan biarkan selama beberapa menit hingga kering. Jika sudah kering, hapus baluran menggunakan lap yang sudah dibasahi.

Sembari membalurkan ramuan parem ini, pembalur akan memijat seluruh tubuh dengan lembut. Karena itulah biasanya resep parem hanya dimiliki oleh para pemijat khususnya pemijat tradisional.

Dilihat dari bahan-bahan yang digunakan pada parem, ramuan tradisional ini tidak hanya sekedar memutihkan kulit tubuh anda. Lebih dari itu, bahan-bahan ini akan menghangatkan bahkan sering digunakan untuk menghilangkan pegal-pegal dan masuk angin.

Saat didiamkan khasiat dari bahan-bahan tersebut akan membantu melancarkan peredaran darah hingga mengangkat kotoran yang menyumbat pori-pori dan sel kulit mati. Jika pori-pori kulit bersih dan bebas dari sel kulit mati, maka kulit badan akan menjadi lebih putih merona, sehat, dan lebih cerah.

3. Bedak Dingin

Cara alami memutihkan kulit

Cara alami memutihkan kulit via https://zivagold.com

Ramuan tradisional lain yang sudah digunakan sejak zaman nenek moyang adalah bedak dingin. Sebutannya beragam tergantung dari daerahnya. Di Kalimantan Selatan contohnya yang menyebut bedak dingin tersebut dengan naman batimung.

Bedak dingin ini juga dibuat dari bahan yang mudah didapat bahkan mungkin saja anda tidak menyangka kalau bahan tersebut membantu memutihkan kulit. Bahan-bahan yang diperlukan untuk membuat bedak dingin adalah ketan hitam.

Tumbuk terlebih dahulu hingga lembut hingga teksturnya mirip bedak. Jika ingin cepat, anda bisa membeli bubuk ketan hitam yang sudah jadi di pasar tradisional atau toko yang menjual bahan kue. Caranya sangat mudah, siapkan mangkok dan tuangkan ketan hitam bubuk. Kemudian tambahkan air secukupnya hingga menjadi bedak menjadi sepertu lulur. Balurkan ke seluruh badan kemudian bungkus diri anda dengan kain besar atau baju mandi. Agar hasilnya lebih maksimal, padukan dengan metode pengasapan.

Siapkan bahan-bahan untuk ramuan pengasapan seperti minyak serai, akar wangi, daun jeruk purut, temu giring, kenanga, pandan, dan melati. Rebus semua bahan dalam kuali yang terbuat dari tanah liat yang sudah isi dengan air. Tutup kuali saat proses perebusan agar uapnya tidak hilang.

Sipakan bangku kecil sebagai tempat duduk. Sambil tetap menggunakan baju mandi atau handuk dan baluran bedak ketan hitam, letakkan kuali yang sudah mendidi di bawah anda. Buka tutup kuali dan biarkan uapnya masuk ke dalam tubuh anda.

Proses ini akan membantu membersihkan pori-pori kulit sekaligus melancarkan peredaran darah. Dengan kondisi kulit yang relaks dan bersih, kulit badan akan lebih sehat, cerah, dan tentu saja putih merona.

Bagi anda yang kesulitaan mencari ketan hitam, anda bisa mengganti bahannya dengan beras putih yang biasa anda konsumsi. Caranya pun sama, tumbuk beras hingga halus kemudian tambah air dan balurkan ke seluruh bagian tubuh.

Kedua bedak ini sifatnya mendinginkan kulit sehingga saat anda membalurkan bedak tersebut, tubuh akan terasa lebih dingin dan nyaman. Dengan bantuan pengasapan proses pembersihan dan pemutihan badan bisa lebih maksimal. Selain itu, tubuh anda menjadi lebih harum alami tanpa parfum berbahan kimia.

4. Lulur

Bahan alami untuk memutihkan

Bahan alami untuk memutihkan via https://kaylin.id

Bagi anda yang suka perawatan maka pasti tidak asing lagi dengan lulur. Bahkan lulur juga digunakan di beberapa spa yang mengusung paket perawatan tradisional. Sama halnya dengan semua cara memutihkan badan secara alami di atas, lulur juga sudah digunakan sejak lama untuk mempercantik tampilan.

Pada masa kerajaan, lulur bahkan menjadi produk kecantikan eksklusif yang hanya digunakan oleh para permaisuri dan putri keraton. Bahan ramuannya pun bersifat rahasia. Namun seiring dengan berjalannya waktu, lulur bisa digunakan oleh siapapun yang ingin merawat kulit termasuk memutihkan kulit tubuh. Umumnya, lulur digunakan oleh masyarakat Jawa.

Tidak perlu khawatir karena bahan yang digunakan untuk membuat lulur perawatan kulit tidaklah serumit yang anda bayangkan. Bahan tersebut justru sangat umum ditemukan baik di pasar tradisional atau dapur.

Bahan tersebut adalah kunyit. Ya, hanya dengan menggunakan bubuk kunyit yang bisa anda buat sendiri atau membelinya langsung, anda sudah bisa melakukan perawatan. Siapkan mangkuk atau wadah kemudian masukkan bubuk kunyit. Tambahkan sedikit air hingga teksturnya menjadi seperti pasta. Kemudian balurkan lulur kunyit tersebut ke seluruh tubuh.

Tubuh anda akan tampak berwarna jingga kekuningan tetapi tidak masalah karena anda bisa membersihkannya nanti. Biarkan lulur kunyit tersebut selama kurang lebih 15 menit hingga 20 menit atau sampai lulur tersebut kering dan berkerak. Proses menunggu ini adalah proses penyerapan semua kandungan bermanfaat kunyit ke dalam pori-pori kulit.

Setelah kering, bersihkan lulur tersebut dengan air hangat secara perlahan. Nikmati prosesnya sembari menenangkan pikiran dan tubuh. Bahan dapur berwarna oranye ini memang memiliki cara memutihkan badan secara alami sebenarnya tidak hanya dilakukan dari luar saja.

5. Jamu

Menggunakan pemutih wajah

Menggunakan pemutih wajah via https://www.hailee.id

Sebenarnya, anda juga bisa merawat kulit badan dari dalam. Salah satu yang paling umum dilakukan oleh nenek moyang bahkan hingga saat ini adalah meminum jamu tradisional.

Sama seperti lulur Jawa, jamu juga hanya diminum oleh permaisuri atau putri Jawa saja. Resepnya pun resep rahasia kerajaan. Kini jamu sudah bisa dinikmati siapa saja walaupun keberadaannya juga sudah sangat jarang. Tapi tenang saja, anda bisa membuat jamu sendiri di rumah. Ada banyak jenis jamu yang sangat bermanfaat untuk memutihkan dan mencerahkan kulit. Salah satunya adalah jamu yang terbuat dari cengkih, santan, dan gula batu.

Dengan meminum jamu ini secara teratur, kulit akan tampak lebih putih dan cerah. Tidak hanya itu saja, kulit anda juga akan menjadi lebih bersih dan bebas dari jerawat dan masalah kulit lainnya. Perlu anda ketahui saja, jamu ini dulunya dipercaya sebagai jamu awet muda. Pasti anda tertarik bukan jika bisa memiliki kulit yang awet muda dengan cara yang mudah, murah, dan aman?

Jika ingin lebih mudah lagi, anda bisa mengkonsumsi jamu beras kencur. Sesuai dengan namanya, jamu ini terbuat dari beras dan kencur.

Beras memang terbukti bisa memutihkan kulit seperti dijadikan bedak dingin. Kencur pun berkhasiat untuk mempercantik kulit anda dari dalam. Bahan herbal ini memiliki kandungan minyak atsiri yang sangat tinggi. Selain memutihkan dan mencerahkan kulit, kencur juga membantu membersihkan tenggorokan, menghangatkan badan dan mengeluarkan gas dalam perut.

Bahkan, kencur sangat baik untuk anda yang sedang diet. Putri Indonesia tahun 2015, Anindya Kusuma Putri saja yang seorang publik figure modern masih mengkonsumsi jamu beras kencur, kenapa anda tidak?

Bisa jadi ini adalah salah satu resep rahasia kecantikan kulitnya yang tampak cerah tersebut. Memiiki kandungan antiseptik dan anti bakteri. Kedua kandungan itu sangat berguna untuk membersihkan kulit sekaligus mengecilkan pori-pori kulit. Tambahkan pula temu giring untuk kulit lebih putih dan cerah alami. Namun jika tidak ada, lulur kunyit yang digunakan secara rutin akan memberikan hasil yang sama termasuk menjadikan kulit nampak lebih putih berkilau dan segar.

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya