Sebenarnya di sini gue itu mau curhat ya, dengan hiruk pikuk perasaan seorang wanita yang sering curhat ke gue. Semua itu menjadi sebuah pelajaran yang berharga tanpa harus sekolah di jurusan psikologi.

Ketika kita digombalin seorang laki-laki, ketika kita dibohongin laki-laki, pasti jawaban yang paling menusuk itu ya hanya satu, “Ah dasar laki-laki!”.

Tetapi dengan mudahnya gue menilai tentang laki-laki, jarang orang menilai guee ini pengalaman lah, sering disakiti laki-laki lah, apa lah! Makanya judul di atas itu pas banget dengan isi hati yang kadang semrawut. Untuk mengenal laki-laki tak perlu lah ya kita itu menjadi korban dari mulut manisnya. Seperti halnya kalau kita ingin steak tuna barbeque, tak perlu juga kita bisa mengolahnya sendiri. Beli di warung steak aja nyamleng, tinggal leppp! 😂

Jadi bisa diartikan gini, kita tak perlu merasakan kepahitan akut untuk bisa memahami lika-liku laki-laki.

Di sini gue akan corat-coret untuk kasih tips bagaimana mengenal lika-liku laki-laki sebelum nasi sudah menjadi bubur. Dari bubur aja masih ada dua golongan, tim diaduk atau tak diaduk. Apalagi untuk memahami seorang laki-laki, tentu akan lebih komplek. Sekomplek hati wanita sesuai masanya eaaaa.

Ini nih, tanda-tanda laki-laki yang tak akan membuatmu terluka.

1. Test kepekaan rasa

Coba deh, kamu pura-pura lagi pusing atau yang paling simpel, misalnya kamu kehausan. Nah bagaimana reaksi dia. Mencarikan kamu minum? Atau hanya diam saja, pura-pura gak dengar. Kalau dia langsung cuzz membeli air minum, berarti dia adalah laki-laki yang peka. Meskipun ini tidak mutlak ya, paling tidak dia ada rasa perhatian dan empati.

2. Perhatian pada keluarga, terutama orang tua

Advertisement

Nah ini sangat penting dalam menentukan kenyamanan kalian berdua. Laki-laki yang begitu menyayangi keluarga, terutama ibunya bisa dipastikan dia adalah laki-laki yang tulus dan penuh perhatian. Tipe laki-laki seperti ini tak akan tega membuat hati wanita atau pasangannya terluka sedikit pun. Orang tua saja disayang, apalagi kamu.

3. Dapat mengontrol emosi ketika berkendara

Kalian tahu sendiri kan, emosi orang itu mudah sekali meningkat ketika di perjalanan. Meski menjaga emosi ketika berkendara itu bukan perkara mudah, paling tidak kita bisa menjaga kondisi hati agar tenang dan nyaman dalam berkendara. Tidak membahayakan diri sendiri atau orang lain. Entah itu naik mobil atau motor. Nah, laki-laki yang mampu mengontrol emosinya berarti mampu pula menjaga hati kamu.

4. Tidak mudah ingkar janji

Advertisement

Ingkar janji atau yang kita kenal sebagai PHP ( Pemberi Harapan Palsu). Laki-laki yang mudah ingkar janji bisa diartikan memang sudah menjadi kebiasaan. Tapi bisa juga karena lupa saking banyaknya agenda yang dijalani.

Meskipun pada kenyataannya kita sering berhadapan dengan tipe semacam itu bahkan kita sendiri secara tidak sadar telah melakukannya.

5. Tidak merendahkan wanita

Bentuk merendahkan wanita tentu sangat luas sekali, baik itu verbal atau non verbal. Secara tidak sengaja kita melontarkan sebuah pujian tapi ternyata itu sangat menyinggung lawan bicara kita. Bagaimanapun juga tingkat sensitivitas tiap orang lain-lain, bukankah lain hati lain perasaan?? Nah dalam pergaulan rasa empati wajib kita kedepankan. Kalau pasangan kalian memiliki empati yang tinggi, layak untuk dipertahankan.

Apalagi di era arus digital seperti sekarang ini ya, banyak flatform media sosial yang memiliki fitur-fitur keren yang bisa digunakan untuk berbagi ilmu, berbagi informasi, atau bahkan hanya untuk sebuah pengakuan. Ah nggak dong ya hehe.

Yang terpenting hati-hati dengan jari, saring sebelum sharing. Jangan sampai dengan dalih sebuah Pengakuan, tapi banyak yang terluka di sana. Uhuk.

6. Kepoin postingan di sosmednya

Benarkah kalau kepribadian bisa dibaca dari aktivitas di media sosial? Media sosial adalah media yang menghubungkan dengan teman yang jauh atau bahkan orang yang lagi dikenal. Tentu netizen yang yang santun akan berbeda dengan netizen yang postingannya ke SARA ataupun seks. Nah, dari sini kita bisa menilai seseorang selain dari bahasa tubuh dll.

Platform media sosial yang populer sekarang ini adalah FB & Whatshapp. Orang akan lebih leluasa mengupdate hal baru lewat platfom tersebut, bahkan tanpa batas. Semua tergantung dari pribadi masing-masing.

Ada yang suka posting yang berhubungan edukasi keluarga, ada yang suka posting ilmu kesehatan, resep masakan. Tapi nggak jarang pula ada orang yang suka share hal-hal yang berbau seks atau porno.

Pandangan kita secara otomatis akan bisa menilai bagaimana kepribadian mereka. Tapi itu tidak mutlak sih ya, paling tidak kita sedikit mengetahui tipe-tipe orang dengan berbagai rasa dan sifat.

Kalau kita menjumpai pacar atau pasangan yang hobi posting gambar yang tidah senonoh, dia layak untuk ditinggalkan. Karena kehormatan kita terlalu berharga untuk diberikan kepada laki-laki semacam itu.

7. Loyalitas

Loyal bisa diartikan suka memberi atau memberi dukungan terhadap siapapun yang membutuhkan tanpa pandang bulu, baik orang yang dikenal ataupun belum. Untuk poin ini hampir mirip sich dengan poin pertama, tentang kepekaan rasa. Untuk laki-laki seperti ini layak dipertahankan, orang lain aja dibantu, apalagi kamu.

Dalam berteman, bermedia sosial atau dalam lingkungan pekerjaan, mari ciptakan hubungan yang baik dan sehat. Agar jiwa kita juga sehat.

Yuk kalau kamu punya uneg-uneg, pingin curhat, tulis aja di Hipwee. Karena kita #SemuaBisaJadiPenulis.

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya