9 Kebiasaan yang Bisa Memperbaiki Kualitas Hidup untuk Hadapi Tantangan 2023

Awal tahun 2023 menjadi awal tahun yang baik setelah melewati gempuran pandemi, semua aktivitas sudah mulai normal. Semua orang sudah berlomba meraih impiannya. Namun, krisis ekonomi global menjadi tantangan baru, digadang-gadang terjadinya kemerosotan bahkan resesi, untuk menghadapi hal tersebut kita sebagai generasi society 5.0 selain modern cara berpikir, dituntut bisa menjadi produktif. Menjadi produktif tidak mudah, pun tidak instan, segalanya butuh proses. Memulai dari langkah sederhana menuju perubahan yang besar. 

Sobat Hipwee, mungkin beberapa kiat berikut ini bisa membantu menjadi pribadi lebih produktif, kreatif dan mampu bersaing menghadapi tantangan global. 9 Kebiasaan yang bisa memperbaiki kualitas hidup untuk hadapi tantangan di tahun 2023, sebagai berikut:

Advertisement

1. Mengerjakan pekerjaan dengan segera, tidak menunda waktu memiliki banyak waktu kosong tanpa bermanfaat.

Mengatur waktu foto oleh Gustavo Fring

Mengatur waktu foto oleh Gustavo Fring via http://www.pexels.com

Kebiasaan menunda waktu, seperti bermain games, media sosial tanpa jeda dan terlalu banyak melihat berita malah membuat pekerjaan terbengkalai. Terlebih menunda satu pekerjaan, akhirnya pekerjaan tersebut menjadi menumpuk. Ketika berencana mau mencuci piring, namun karena suka menunda, nanti saja deh. Satu piring menjadi sepuluh biji. Begitu dengan pekerjaan membuat konten, menunggu besok, menunggu mood maka pekerjaan semakin banyak yang belum selesai terlebih mendekati deadline. Agar efisien dalam mengerjakan sesuatu maka, ketika sudah terpikirkan untuk membuat postingan atau mengerjakan pekerjaan domestik segera lakukan saat itu juga.Bisa juga dengan menulis draft terlebih dahulu agar lebih teratur.

2. Fokus dalam mengerjakan sesuatu, tidak mengerjakan semuanya dalam sehari

Fokus dalam bekerja foto oleh Mart Production

Fokus dalam bekerja foto oleh Mart Production via http://www.pexels.com

Fokus dalam mengerjakan projek, agar hasilnya lebih teratur dan rapi. Karena kalau tidak fokus dalam bekerja, biasanya ketika waktunya sudah hampir habis. Hasil kerjanya malah alakadarnya, untuk menghindari distraksi. Mulai untuk bekerja tanpa menyalakan notifikasi ponsel, atau memikirkan projek yang akan datang. Lakukan sesuatu dengan fokus, tidak sambil ngobrol atau mengemil. Ketika semuanya selesai, maka hasil pekerjaan lebih maksimal. Daripada ngonten sambil lihat medsos, lebih baik fokus menyelesaikan satu tugas terlebih dahulu baru mengerjakan yang lain. 

Advertisement

3. Kurangi mengeluh dalam melakukan kegiatan, mengeluh hanya memperkeruh keadaan

wanita bekerja foto oleh Mikhail Nilov

wanita bekerja foto oleh Mikhail Nilov via http://www.pexels.com

Mengeluh pada permasalahan yang sedang dihadapi tidak akan membantu keluar dari masalah, tetapi malah membuat pikiran penuh, energi menjadi terkuras pun kalau emosi labil, energi untuk aktivitas menurun. Mulai tersenyum, walaupun banyak rintangan dan gangguan. Mengeluh terkadang hanya menghambat untuk menuju satu tujuan, sebaliknya bersyukur dalam keadaan apa pun akan memudahkanmu untuk bekerja. Alihkan pikiran dengan berpikir logis namun memancing ketenangan, berusaha mencari jalan keluar dengan mendengarkan lagu favorit. Agar tidak mudah stress cukup istirahat. Tidak ada yang baik-baik saja di dunia ini, dengan mengurangi keluhan setidaknya melepas satu beban emosi negatif.

4. Mencari jalan keluar dari masalah tanpa harus mengorbankan diri dengan pelarian

Berkumpul foto oleh Athena

Berkumpul foto oleh Athena via https://www.pexels.com

Kalau kita ibarat berada dalam labirin kebun, pasti berusaha untuk mencari jalan keluar kan ya? Mencari jalan keluar dari masalah tanpa mencari pelarian yang ternyata malah terjebak dari masalah lainnya. Namun, jika pelariannya positif seperti ikut komunitas, kegiatan gathering atau perkumpulan yang baik nantinya bisa sharing dengan orang lain. Untuk memecahkan masalah tidak bisa diselesaikan sendiri. Karena kita juga makhluk sosial. Mencari jalan keluar dengan menumbuhkan harapan kebaikan.Ketika ada harapan, akan muncul rasa optimis untuk menyelesaikan sebuah masalah, tidak hanya diam, butuh terus bergerak.

5. Bersyukur pada pencapaian dan sesuatu yang telah dimiliki

wisuda foto oleh Akbar Nemati

wisuda foto oleh Akbar Nemati via https://www.pexels.com

Memiliki rasa syukur dalam pencapaian atau pun kepemilikan sesuatu. Saat sedang bercita-cita tinggi ingin menjadi penulis sukses dan terkenal, namun terkendala dengan alat. Jangan batasi cita-citamu. Bersyukur pada apa yang dimiliki, memiliki tangan untuk bisa menulis di kertas. Memiliki ponsel bisa sambil menabung untuk mendapatkan laptop. Begitu pula jika ingin mengejar pendidikan yang lebih tinggi, butuh syukur terlebih dahulu. Akan muncul peluang-peluang jika syukur itu ada. Namun, jika selalu merasa kurang/ inscecure, biasanya tidak akan mau berproses. Sudah lulus kuliah namun belum dapat pekerjaan, tetap bersyukur. Selagi mencari lamaran kerja, bekerja freelancer di internet. 

Advertisement

6. Berlatih menulis jurnaling tiap hari, sebagai evaluasi dan pengingat menuju impian

Jurnaling foto oleh Jodie Cook

Jurnaling foto oleh Jodie Cook via https://unsplash.com

Membuat perencanaan harian atau mingguan bisa membantumu mengingat. Menulis jurnal sebagai cara menentukan langkah kecil menuju impianmu. Semakin sering menuliskan perencanaan, mungkin impianmu akan semakin dekat. Namun jika tidak ada rencana biasanya hari-harimu akan penuh dengan waktu kosong.

7. Bangun pagi menjadi langkah awal menentukan keberhasilanmu

Bangun pagi foto oleh Sage Friedman

Bangun pagi foto oleh Sage Friedman via https://unsplash.com

Membiasakan diri bangun lebih pagi, akan membuatmu terbiasa dengan rutinitas yang padat. Karena waktu akan habis jika bangunnya terlambat. Awali pagimu dengan kegiatan yang produktif seperti menghirup udara segar, yang ternyata akan memperbaiki daya ingat dan perasaan akan nyaman. Bangun lebih pagi, bisa mengecek jadwal yang belum selesai atau mengatur janji dengan rekan kerja untuk bertemu. Membuat sarapan dan lebih awal beraktivitas.

8. Menjaga kebugaran tubuh dengan olahraga fisik

Olahraga foto oleh Juan Pablo Rodriguez

Olahraga foto oleh Juan Pablo Rodriguez via https://unsplash.com

Tubuh butuh bergerak agar otot menjadi lentur dan badan bugar. Kalau memang sulit berolahraga, bisa jalan kecil atau menyiapkan alat-alat fitness di rumah. Kalau pun kerjaannya terlalu sibuk seperti ibu rumah tangga, tetap olahraga seperti pemanasan sebelum aktivitas agar sirkulasi peredaran darah menjadi lancar dan tubuh menjadi sehat. Tubuh yang sehat, mendukung untuk tetap produktif dan berkarya.

9. Manajemen keuangan, batasi belanja yang jika hanya sebatas keinginan

Belanja foto oleh freestocks

Belanja foto oleh freestocks via https://unsplash.com

Orang sukses tidak selalu lahir dari orangtua yang kaya, namun dari orang yang pandai mengatur pengeluaran uang. Buat perencanaan keuangan, uang yang masuk dan keluar harus dicatat. Penting untuk mengetahui pos uang masuk dan keluar, agar tidak minus. Sebisa mungkin menhan diri untuk membeli barang yang disukai. Belum tentu yang disukai akan dibutuhkan, karena hasrat pengin cuma sesaat maka tunggulah sampai seminggu sampai kau benar-benar butuh akan manfaat dari barang atau jasa yang dibutuhkan.

Shobat Hipwee, inilah sembilan tips agar menjadi pribadi produktif untuk menghadapi tantangan 2023 sebagai pendorong kita untuk semangat belajar, bertumbuh dan mandiri finansial. Tentunya butuh konsisten dan terus berbenah setiap harinya. Agar setiap yang dicita-citakan tercapai. 

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya

Advertisement

“Artikel ini merupakan kiriman dari pembaca hipwee, isi artikel sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.”

Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

Wanita muda yang suka fotografi, Editor freelance, bookstagram. Suka menulis cerpen, novel dan blog. Bukunya yang sudah terbit DARAH: sepuluh cerita psikopat dan September Wish. Menulis membuatmu ada.

Editor

Writing...

CLOSE