Hey temen-temen semua, pasti udah ngak asing lagi dengan kalimat “Summit Attack” bagi para pendaki gunung, summit attack adalah dimana lokasi para pendaki gunung berada di posisi yang telah mendekati dengan puncak gunung tersebut, biasanya jalur pendakian akan semakin sulit dari yang telah di lalui sebelumnya.

Ada beberapa tips nih temen-temen untuk menghadapi “Summit Attack” tersebut dari pengalaman diri saya sendiri dan beberapa sumber lainya, seperti berikut:

1. Lampu Penerangan

Pertama, meskipun pergi bersama rombongan, salah satu orang di antara mereka wajib membawa senter serta battery cadanganya. Baik itu senter, headlamp atau lain sebagainya, lebih baiknya lagi masing-masing membawa lampu penerangan agar lebih safety pada saat jalur pendakian gelap.

2. Mengisi Perut Untuk Stamina Tubuh

Apalagi kalo makanya bareng si "Dia" via http://google.co.id

yang kedua, inget ya salah satu penyebab Hipotermia adalah perut kosong dan terkena udara dingin pegunungan, maka dari itu wajib mengisi perut terlebih dahulu sebelum melanjutkan perjalanan “Summit Attack”. Sebisa mungkin isilah dengan makanan dan minuman hangat agar tidak cepat lelah dan lemah.

3. Membawa Perbekalan Makanan dan Minuman Secukupnya

Makanan Ringan via http://google.co.id

Advertisement

Yang ketiga, bawalah makanan dan minuman yang cukup saat di perjalanan menuju puncak, seperti roti, kue, coklat dan lain sebagainya. Minumlah secara teratur untuk menghindari dehidrasi.

4. Membawa Peralatan P3K

Peralatan P3K via http://dolandolans.com

Yang ke empat, ini tidak kalah penting dari yang sebelumnya, bawalah perlengkapan P3K demi keamanan dan antisipasi apabila hal buruk terjadi.

5. Saling Menjaga Antar Sesama

Pendakian Bersama via http://google.co.id

Yang ke lima, sebenarnya bukan hanya seorang ‘leader’ atau ‘sweeper’ yang harus memperhatikan dan menjaga teman dalam tim pendakian, tetapi semua anggota harus ikut andil dalam saling menjaga satu sama lain.

6. Stop! Vandalisme

Advertisement

Yang ke enam nih, INGAT!! Jangan meninggalkan sampah apapun dan jangan pula iseng mencoret-coret batu/pohon menggunakan spidol atau benda apapun sehingga merusak keindahan lingkungan.

7. Segera Turun Jika Fisik Mulai Tidak Fit

Mountainerrs via http://google.co.id

Yang ke tujuh, jika mulai merasa tidak fit atau sakit, segera cari bantuan minimal pada teman satu tim dan turun ke dataran yang lebih rendah.

8. Jangan Memaksakan Diri

Pendaki solo via http://google.co.id

Yang ke delapan, nah ini yang terakhir temen-temen sekalin jikalau tidak mampu sampai ke puncak, maka jangan di paksakan! Ingat bahwa masih ada “lain kali”

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya