Masa-masa kuliah pastinya berbeda dengan masa-masa sewaktu SMA dulu. Apalagi buat kamu mahasiswa perantauan. Tentunya butuh adaptasi dan juga banyak informasi. Gara-gara gak nyaman dengan masa kuliah, gak jarang ada yang gak betahan atau ingin pindah kuliahan. Atau yang dulunya rajin jadi malah kebawa males dan gak karuan. Buat kamu mahasiswa baru, berikut adalah tips menjalani semester pertama perkuliahan

1. Rajin bertanya kepada senior

Buat kamu yang baru banget dengan kehidupan kampus, gak ada salahnya rajin bertanya dengan para senior di kampus. Kamu bisa mulai dari pertanyaan seputar mata kuliah, karakter dosen, budaya kampus hingga cara dapetin jodoh di kampus.

2. Bikin kelompok belajar

Advertisement

Buat kelompok belajar adalah salah satu cara efektif buat kamu yang masih kesulitan belajar setelah meninggalkan kelas. Ajak teman kamu yang lebih pintar dan teman-teman yang senasib dengan mu, lalu adakanlah kelompok diskusi atau belajar. Tanyalah sesukamu kepada temanmu yang pintar. Jangan malu dan sungkan pada temanmu. Karena bisa jadi kamu tidak paham di kelas karena gugup bin takut dengan dosen barumu.

3. Aktif dan jadi ketua kelas

Hari pertama di kelas kuliahan pastinya agak beda dengan masa-masa SMA. Biasanya hari pertama di kelas kamu gak akan langsung disuguhkan materi perkuliahan yang berat. Karena biasanya hari pertama diisi dengan perkenalan. Meskipun nggak jarang, ada juga dosen yang langsung ke materi perkuliahan. Hari pertama juga biasanya menjadi akan ada penawaran ketua kelas. Kalau penawaran ini ada, jangan ragu untuk menjadi ketua kelas. Karena ketua kelas biasanya punya nilai tambah dan lebih dekat dengan sang dosen.

4. Hindari bangun siang dan begadang semaleman

Hidup menjadi mahasiswa tentunya beda dengan pelajar. Jam kuliahan di esok hari pun kadang bisa siang, pagi bahkan nggak ada kelas sama sekali. Sehinga nggak jarang biasanya kesempatan ini jadi sering begadang semaleman dan berujung pada bangun siang. Jangan sampai hal ini dijadikan kamu sebagai kebiasaan. Karena dengan kebiasaan bangun siang, selain rezekimu dipatok ayam kamu juga bisa telat bahkan nggak bisa ikut kuliah.

5. Ikuti banyak pelatihan dan seminar

Advertisement

Kampus adalah lingkungan akademisi dan intelektual. Sehingga nggak jarang setiap pekannya selalu ada seminar dan workshop pelatihan. Buat kamu mahasiswa kosan ataupun yang gabut gak ada kerjaan, kegiatan ini cocok banget buat jadi aktfitas pengisi kekosongan. Selain manfaat ilmu yang kamu dapatkan, kamu juga bisa hemat dalam hal makan.

6. Ikuti organisasi dan kepanitiaan

Banyak orang hebat ternyata lahir dari lika-liku di organisasi dan tempaan kepanitiaan. Organisasi dan kepanitiaan mengajarkan kita banyak hal. Dari sekedar belajar kepemimpinan hingga merancang visi ke depan. Selain itu organisasi dan kepanitiaan juga memberikan kita banyak jaringan yang sangat berguna bagi kehidupan pasca kampus kita.

7. Ikuti kejuaraan dan perlombaan

Punya prestasi dalam kejuaraan dan perlombaan adalah sesuatu yang berharga. Dengan mengikuti banyak kejuaraan dan perlombaan kamu pun bisa membuat cv pribadimu menjadi lebih menarik dan tidak kosongan. Selain itu, hadiah juara lomba pun bisa kamu jadikan tabungan agar mandiri dari pemberian beasiswa orangtua.

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya