7 Tips agar Resolusimu Benar-benar Terlaksana, bukan Sekadar Wacana. 2020 saatnya Berubah Jadi Lebih Baik!

Tips dalam membuat resolusi tahun baru dan bagaimana mempertahankannya

“New year, new me.”

Pasti semua orang sudah tidak asing lagi dengan ucapan yang satu ini. Tiap berganti tahun, tiap orang mengharapkan hal-hal berbeda yang datang baik dari luar maupun diri sendiri. Mungkin di tahun berikutnya kamu mau lebih sehat, menurunkan berat badan, atau mungkin cari hobi baru. Segala sesuatu memang butuh proses, tapi kenapa tiap tahun seperti tidak ada perubahan ya? Kok resolusi tahun baru gagal mulu? Berikut adalah 7 tips agar resolusi tahun baru kamu sukses dijalani!

Advertisement

1. Ketahui apa saja yang mau kamu ubah

Woman looking at her face in mirror

Woman looking at her face in mirror via http://www.freepik.com

Memperbaiki kekurangan boleh, tapi bukan berarti mengganti jati diri kamu seluruhnya. Jika kamu memiliki kebiasaan merokok, mulailah berhenti demi kebaikanmu sendiri. Kalau kamu ingin menurunkan berat badan, diet dan olahraga sangatlah penting. Tetapi kamu tidak usah memaksakan diri untuk berpakaian berbeda hanya untuk mengikuti tren, lakukan saja apa yang dapat membuatmu menjadi pribadi yang lebih baik dan tentunya bahagia.

2. Tidak usah terburu-buru, lakukan sedikit demi sedikit

Goals plans dreams make to do list for new year Christmas concept writing

Goals plans dreams make to do list for new year Christmas concept writing via http://www.freepik.com

Setelah membuat list tentang apa saja yang mau diubah, mulai jalani rencanamu sedikit demi sedikit. Misal di bulan pertama kamu ingin mulai jogging tiap pagi, lakukanlah. Lalu di bulan berikutnya, kamu ingin belajar main gitar, dan seterusnya. Ingat, sedikit demi sedikit, lama-lama jadi bukit!

Advertisement

3. Ambil pelajaran dari tahun-tahun sebelumnya, pastikan kamu tidak melakukan kesalahan yang sama

Dreamy man thinking about what to write

Dreamy man thinking about what to write via http://www.freepik.com

Tahun lalu kamu mau mengurangi pengeluaranmu tiap bulan. Eh, kok masih aja boros ya? Nah, tahun ini kurangilah makan diluar. Sesekali masak saja dirumah biar nggak hedon! Sumber ilmu utama kita adalah pengalaman kita sendiri, maka belajarlah dari masa lalu.

4. Menerima kegagalan yang telah lalu, tapi jangan menyerah untuk hari yang baru

Woman practicing yoga by a lake

Woman practicing yoga by a lake via http://www.freepik.com

Manusia memang tidak ada yang sempurna, kesalahan itu manusiawi kok. Justru belajarlah dari kegagalanmu dan terus mencoba. Ingat, jika di hari pertama ada yang terlewat, masih ada 365 hari di tahun ini. Jadi jangan patah semangat!

5. Menceritakan resolusi kamu ke teman atau keluarga

Excited cheerful mix raced friends enjoying walking

Excited cheerful mix raced friends enjoying walking via http://www.freepik.com

Beri tahu teman, keluarga, pasangan atau bahkan rekan kerja tentang resolusi tahun baru kamu. Memiliki bahkan satu orang saja untuk menceritakan masalah atau keberhasilan kamu itu sangatlah baik untuk kesehatan pikiran kamu. Coba deh, pasti jadi lebih termotivasi!

Advertisement

6. Berkomitmen pada perubahan, demi kebahagiaanmu sendiri

Photo by Sebastian Voortman from Pexels

Photo by Sebastian Voortman from Pexels via https://www.pexels.com

Segala sesuatu butuh proses dan mungkin sesekali ada kegagalan yang menghambat proses. Tapi kerja keras tidak mungkin sia-sia. Berkomitmenlah pada resolusi yang telah kamu buat. Bukan untuk orang lain, tapi demi kebahagiaan kamu kedepannya.

7. Hadiahi dirimu sendiri, tapi jangan sampai lupa diri

Pretty girls exploring shops in mall

Pretty girls exploring shops in mall via http://www.freepik.com

Ini nih yang pasti paling digemari semua orang. Eits, tapi jangan seenaknya juga! Sesekali hadiahilah dirimu sendiri atas usaha serta keberhasilanmu. Misal jika seminggu kamu sudah berhasil bangun pagi, kamu dapat hadiahi diri sendiri dengan pergi menonton. Tapi jangan sampai upahnya bertentangan sama resolusi kamu, ya. Masa udah berhasil diet seminggu akhirnya mau makan seenaknya? Sama aja bohong dong!

Nah, kan sekarang sudah tau nih proses pembuatan resolusi tahun baru gimana. Mau tunggu apa lagi? Tidak ada yang namanya kata terlambat kalau soal memperbaiki diri. Asal ada niat dan tekad yang kuat pasti bisa kok, semangat!

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya

Advertisement

“Artikel ini merupakan kiriman dari pembaca hipwee, isi artikel sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.”

Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

CLOSE