Siapa sih yang nggak kenal dengan Bluebird? Salah satu nama taksi yang sangat terkenal di Indonesia. Bluebird lahir pada tahun 1972 didirikan oleh mendiang Ibu Mutiara Djokosoetono yang adalah nenek dari CEO Bluebird saat ini; Ibu Noni Purnomo. 

Kamu bisa banyak belajar dari kisah perjalanan Bluebird yang berdiri sejak tahun 1972 hingga sekarang mampu bertahan. Tentu nggak mudah apalagi sekarang banyak bisnis serupa yang berbasis online. Lalu bagaimanakah tips suksesnya membangun bisnis taksi yang awalnya hanya bermodalkan 2 mobil dari garasi hingga sekarang menjangkau 19 kota dengan 37.000 armada (mobil)?

Yuk simak tips dari CEO Bluebird, Ibu Noni Purnomo yang dihimpun penulis dari berbagai sumber ini!

1. Jangan pernah berhenti belajar, teruslah belajar apapun dan jangan membatasi dirimu

Tekun belajar yuk

Tekun belajar yuk via http://pexels.com

Advertisement

Jangan membatasi dirimu untuk belajar. Belajar itu bisa macam-macam. Itu yang akan membuatmu terus berkembang nantinya. Jangan hanya belajar satu jenis bidang saja.

Kalau kata Om Steve Job, “stay foolish stay hungry” kamu harus merasa dirimu itu masih bodoh dan harus merasa lapar pengetahuan.

2. Jika kamu seorang perempuan, jangan membatasi diri karena kamu perempuan

Perempuan saatnya terbang tinggi!

Perempuan saatnya terbang tinggi! via https://unsplash.com

Perempuan di zaman sekarang bukan perempuan yang lemah yang hidup di dalam penindasan. Kamu jangan membatasi diri karena kamu perempuan. Perempuan itu bisa melakukan apa saja. Lihatlah taksi Bluebird didirikan oleh seorang perempuan. Beliau menjadi founder dan bos bagi karyawannya.

Advertisement

Ya! Perempuan bisa memimpin. Jadilah perempuan kuat yang nggak kenal nyerah menghadapi rintangan apapun.

3. Satu hal yang terpenting adalah bagaimana kamu menghormati orang lain

menghormati orang lain bagian dari kesukseanmu

menghormati orang lain bagian dari kesukseanmu via https://unsplash.com

Nggak ada kesukesan yang didapatkan dengan menyakiti orang lain. Kesuksesan sejati adalah ketika kamu bisa menghormati orang lain dalam perjalanan hidupmu.

Kamu akan menjadi pribadi yang besar jika menghormati orang lain. Kamu juga bakal dapetin timbal balik yang bagus.Kamu bakal menjadi orang yang dihormati oleh orang lain juga.

4. Ingat! Kesuksesan nggak ada yang instan

berjuang meraih kesuksesan

berjuang meraih kesuksesan via https://www.pexels.com

Siapapun yang kepengen sukses instant berarti siap menderita. Soalnya nggak ada sukses instant, ada juga mie instant. Kamu itu generasi Z. Generasi yang hidup di era teknologi yang sangat modern.Informasi sangat mudah kamu dapatkan. Jadikan itu sebagai fasilitas dan anak tangga untuk meraih kesuksesan ya.

Menurut Bu Noni Purnomo, pendidikan itu penting. Itu adalah dasarnya. Eits! pendidikan itu nggak selalu identik dengan sekolah lho! kamu bisa mendapatkan pendidikan hidup dari keluarga, teman-teman, dan dari apa yang kamu alami. Percayalah! untuk kamu yang ingin sukses, kesuksesan itu sebuah keniscayaan jika kamu akrab dengan perjuangan.

5. Pengen sukses tapi males? Ngimpi! Sukses itu butuh disiplin dan kerja keras

Kroscek agendamu yuk!

Kroscek agendamu yuk! via https://unsplash.com

Syarat mutlak kalau kamu kepengen sukses itu ya disiplin dan kerja keras. Coba mulai benahi dirimu. Cek lagi agendamu per harinya. Dimulai dari jam berapa kamu bangun dan apa yang kamu kerjakan. Sudahkah kamu punya agenda yang bikin kamu produktif tiap harinya? atau kamu sekadar membuang waktu dengan main game dan nonton youtube

Katanya mau sukses? Jadi kamu harus bisa membuang kebiasaan lamamu yang kurang produktif itu menjadi aktifitas yang bisa menghasilkan sesuatu. Lakukanlah hal yang bermanfaat dan tunaikanlah tanggug jawabmu sebagai generasi Z yang ingin sejahtera di usia tua.

Meski terlihat sulit dan butuh waktu, namun jika kamu melakukan perubahan detik ini juga. Suatu hari di masa depan nanti, kamu akan berterima kasih kepada dirimu sendiri karena sudah mau berjuang meraih kesuksesan.

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya