Tugas Menumpuk Bikin Ngga Mood? Kamu Bisa Lakukan 5 Hal Ini!

Tugas numpuk emang bikin stres, tapi selalu ada jalan untuk mengatasinya, kalau kamu mau.

Mahasiswa pasti gak asing lagi sama yang namanya tugas. Memang, kita sebagai mahasiswa tentu perlu mendengarkan setiap materi dari dosen dan memenuhi segala tetek bengek tugas yang diberikan agar nilai kita baik.

Pun tak heran kalau setiap hari yang kita lakukan hanya bergumul dengan buku dan laptop hingga tak jarang pula yang terkena semprotan dari orang tua karena lupa makan demi tugas yang punya deadline mepet. Parahnya, ngga hanya satu mata kuliah saja, tapi hampir setiap mata kuliah selalu diberi tugas di akhir pelajarannya. Apalagi di masa pandemi seperti ini yang kuliah pun online.

Tapi tetap tenang, santai, nggak usah stres dan banyak ngeluh. Kamu bisa mengerjakan tugas sambil rebahan, ngemil, atau bahkan sambil liburan itung-itung healing time seperti remaja pada umumnya.. Nah, di sini aku punya tips dan trik buat kamu ngga stres lagi mikirin tugas yang numpuk.

Advertisement

1. Membuat daftar tugas

Photo by Ivan Samkov from Pexels

Photo by Ivan Samkov from Pexels via http://pexels.com

Gimana ngga numpuk kalau kamu mau ngerjain aja bingung mau milih yang mana saking banyaknya, kamu perlu buat daftar nih biar lebih gampang dan teratur pas ngerjain dan juga pasti lebih cepet dong.

Isi dari daftar tugas ini sendiri ngga banyak kok,cukup berisi nama mata kuliah, judul tugas, waktu pengumpulan, dan jangan lupa kasih sedikit ruang biar kamu bisa men-ceklis saat kamu sudah selesai mengerkan.

Advertisement

Eits,kalau bisa dibuat semenarik mungkin biar enak dilihat dan bikin semangat, kamu juga bisa loh buat catatan di handphone kamu yang sekarang pasti sudah ada fitur note atau catatan.

2. Kerjakan yang tenggat waktunya dekat

Photo by Helena Lopes from Pexels

Photo by Helena Lopes from Pexels via https://pexels.com

Nah ini nih salah satu faktor yang bikin panik, tugas mepet tapi sama sekali belum dikerjain. Kamu bisa melihat dari daftar tugas yang kamu buat tadi, mana yang waktunya lebih mendekati tenggat maka kamu kerjakan meskipun tugas tersebut lebih sulit tetap fokus dan kerjakan, sisanya tunda dulu nggapapa lah ya.

Itung-itung buat bernafas,mahasiswa juga manusia.

3. Kerjakan sendiri

photo by Anna Shvetz

photo by Anna Shvetz via https://pexels.com

Siapa nih yang suka ngajak nongkrong dengan embel-embel buat tugas padahal akhirnya cuma ngobrol. Sebenernya emang lebih mudah kalau mengerjakan tugas bareng temen sambil ketawa-ketiwi, tapi itu juga bisa menjadi penghambat dalam pengerjaan loh.

Mending tugas kamu selesaikan dulu baru ngajak temen buat nongkrong,lumayan kan bisa ngobrol tanpa beban tugas dan nambah feed insta***m dong..

4. Teknik jitu PODOMORO

Photo by Cottonbro

Photo by Cottonbro via https://google.com

Teknik Podomoro ini adalah teknik konsentrasi yang berasal dari Italia. Teknik ini juga bisa disebut dengan SKS (Sistem Kebut Semalam).

Kamu bisa gunakan teknik ini untuk mengerjakan tugasmu dalam waktu yang cepat,tentu saja agar hobimu yang sekarang a.k.a begadang gak sia-sia! Caranya gampang, kamu gunakan stopwatch di jam atau ponselmu dan atur dalam 25 menit.

Selama 25 menit itu kamu harus berfokus pada tugas dan jangan beralih pada hal lain seperti pesan dari pujaan hati (eits,yang jomblo harap sabar). Saat timer sudah habis kamu bisa gunakan waktu 5 menit untuk istirahat sejenak lalu melanjutkan tugasmu. Lakukan berulang hingga tugasmu selesai.

5. Target waktu

Photo by Andrea Piacquadio from Pexels

Photo by Andrea Piacquadio from Pexels via https://pexels.com

Tentukan waktu kamu mengerjakan. Misal,kamu mengerjakan tugas pada pukul 7 malam, kamu harus menargetkan tugasmu selesai 3 jam setelahnya yaitu jam 10 malam agar kamu bisa cepat tidur dan menghilangkan mata pandamu karena begadang mengerjakan tugas yang menumpuk.

Atau kamu bisa mengerjakan tugasmu di sela-sela waktu kuliahmu jika kamu bisa langsung terfokus pada tugas, tapi emang lebih disarankan sore atau malam saat tidak pelajaran sih biar kamu nggak gagal fokus.

Nah, itulah tips dan trik yang dapat kamu lakukan untuk mengurangi tugasmu yang menumpuk. Akan lebih baik lagi kalau kamu mengerjakan dari jauh-jauh hari,tentu saja hasilnya akan maksimal.

Jangan terlalu sering nengerjakan tugas dengan sistem kebut semalam. Selain tidak maksimal begadang juga mempengaruhi kesehatanmu, lho. Tetap semangat dan salam rebahan ya, teman-teman mahasiswa!

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya

Advertisement

“Artikel ini merupakan kiriman dari pembaca hipwee, isi artikel sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.”

Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

CLOSE