UK itu Bukan Cuma Inggris, Ini 7 Alasan Kenapa Kamu Juga Harus Berkunjung ke Wales!

Ketika mendengar kata United Kingdom atau UK, yang terlintas di fikiran kebanyakan orang biasanya adalah Inggris. Padahal sebenarnya banyak negara bagian lain yang bisa di explore di negara kerajaan ini. Sekarang, sebelum sebelum bercerita lebih lanjut mengenai kecantikan UK, kita samakan persepsi dulu tentang negara ini ya.

United Kingdom terdiri dari empat negara bagian yang meliputi Inggris yang ibu kotanya adalah London, Skotlandia yang ber ibu kota Edinburgh, Irlandia Utara dengan ibu kota Belfast dan Wales yang ibu kotanya adalah Cardiff. Jadi UK itu nggak cuma Inggris yaaa, nggak cuma London. Banyak negara bagian dan kota-kota lain yang tak kalah cantik dan menarik untuk dikunjungi.

Kali ini kita explore Wales, si cantik di sisi pantai barat daya UK, salah satu negara favorit yang pernah saya kunjungi. Banyak hal unik dan menarik yang bisa nikmat di negara kecil ini. Semua tempatnya sangat instagrammable. Penasaran? Yuk kita intip!

1. Pemandangan Indah di Sepanjang Perjalanan

Sejauh mata memandang

Sejauh mata memandang via https://www.instagram.com

Saya memulai perjalanan dari kota Leeds, kota di mana saya tinggal untuk melanjutkan studi. Perjalanan kami mulai pagi-pagi sekali saat warga Leeds yang lain mungkin masih tertidur pulas di bawah selimut-selimut tebal mereka. Hawa dingin yang menyeruak terasa sekali masuk kedalam pori-pori pagi itu. Saya dan teman-teman memulai kami dengan sangat excited karena perjalanan ini juga menjadi ajang refresing setelah berkutat dengan ujian semester yang panjang dan melelahkan.

Perjalanan kami tempuh dalam waktu kurang lebih tiga jam. Kami menyewa sebuah mobil kecil dalam perjalanan kali ini jadinya kami bisa mampir dan berhenti di mana saja kami mau. Hari itu rasanya saya berterimakasih sekali pada Tuhan yang tak henti-hentinya menyuguhkan keindahan alamnya, yang membuat kami berdecak kagum sepanjang perjalanan. Maka road trip dengan menggunakan mobil sewaan hari itu benar-benar pilihan yang tepat menurut saya.

2. Pantai Cantik yang Bikin Malas Pulang

Pantai cantik

Pantai cantik via https://www.instagram.com

Destinasi pertama yang kami singgahi adalah pantai Llandudno. Pantai ini berada tak jauh dari pusat kota Conwy. Ketika melewati pantai ini, kami langsung sepakat untuk berhenti sejenak. Tempat cantik ini kami temui tanpa sengaja alias tidak masuk kedalam itinerary awal tapi justru akhirnya kami menghabiskan waktu sampai berjam-jam di sini.

Saat itu masih sangat pagi, pantai masih sepi dan yang pasti udara masih sangat dingin. Angin pantai yang menyapu muka masih segar rasanya. Pantai ini terlihat berbeda dari pantai-pantai yang saya temui di UK. Jika biasanya pantai dikelilingi oleh pepohonan, pantai ini dikelilingi oleh bangunan-bangunan klasik khas Britania Raya. Semakin terlihat indah dengan perbukitan hijau yang ada dibelakangnya. Intinya kalau berkesempatan ke Wales, tempat ini wajib sekali masuk kedalam bucket list kamu!

3. Kastil Indah di Atas Awan

Conwy Castle yang Gagah

Conwy Castle yang Gagah via http://www.travelessential.com

Hari sudah semakin siang saat kami sampai di Conwy. Tujuan utama ke tempat ini adalah untuk mengunjungi Conwy Castle, sebuah kastil yang menjadi kebanggaan masyarakat Wales sampai saat ini. Kastil yang dibangun untuk Raja Edward I ini dirancang khusus oleh arsitek kenamaan asal Prancis bernama Master James of St George.

Kastil di pantai utara Wales ini menjadi salah satu benteng terbaik yang pernah dimiliki warga Wales pada abadnya. Conwy Castle disebut-sebut sebagai salah satu kastil termegah di dunia, lho! Desain kastil ini sekilas terlihat seperti kastil yang ada di film-film Walt Disney, but this one is real! Menaiki kastil ini hingga ke puncak menara membuat saya merasa sedang berada di atas awan. Dari atas kita bisa melihat hamparan pantai, keindahan birunya laut dengan kapal-kapal kecil milik nelayan setempat dan puncak gunung Snowdonia yang tertutup salju tipis. Cantik!

4. Snowdonia yang Tak Butuh Banyak Usaha Untuk Terlihat Cantik

Snowdonia dari Kejauhan

Snowdonia dari Kejauhan via https://www.instagram.com

Snowdonia National Park adalah salah satu keindahan alam Wales yang paling sering dikunjungi wisatawan, baik lokal ataupun mancanegara. Gunung ini menjadi incaran banyak pendaki karena pemandangan yang ditawarkannya begitu menakjubkan. Tempat ini selalu ramai dikunjungi meski pada saat musim salju sekalipun.

Puncak Snowdonia bisa didaki melalui banyak jalan, tetapi rute yang populer adalah dari Llanberis yang berjarak sekitar 7.6 km. Jarak yang tak terlalu jauh memang, namun cukup menantang disebabkan track yang berbatu dan cuaca yang sangat dingin. Puncak juga bisa dicapai dengan menaiki kereta yang juga berangkat dari Llanberis, lebih cepat sampai namun jadinya tidak akan semenantang dibanding mendaki sendiri. So, the option is yours! Hari itu karena waktu yang terbatas, kami hanya menikmati keindahan Snowdonia dari kejauhan. Tetapi itu saja sudah membahagiakan.

5. Desa-desa Kecil yang Bikin Betah

Desa kecil yang damai

Desa kecil yang damai via https://www.instagram.com

Countryside memang selalu punya ceritanya tersendiri. Rumah-rumah di countryside juga cenderung lebih kecil dan hanya di huni oleh orang-orang paruh baya. Sedangkan anak-anak mereka biasanya merantau untuk bersekolah atau bekerja di kota kota besar seperti Cardiff, London, Manchester atau kota-kota besar di negara tetangga.

Penduduk di countryside juga cenderung lebih homogen, tidak seperti kota besar yang penduduknya multikultural. Ini adalah photo pedesaan di Conwy yang saya ambil dari atas kastil. Bagaimana, ingin menghabiskan hari tua di tempat ini?

6. Wales Memiliki Bahasa Sendiri yang Unik

Wales memiliki bahasa sendiri di samping Bahasa Inggris. Penduduknya masih sangat bangga menggunakan bahasa Wales ini. Saya juga baru tahu tentang hal ini ketika sampai di Wales dan melihat sesuatu yang berbeda di papan-papan pengumunan yang ada di pinggir jalan. Saya tergkagum-kagum melihat bahasanya di mana banyak susunan huruf konsonan tanpa huruf vokal sebagai perantaranya. Unik, ya?

7. Danau-danau Indah di Pinggir Jalan yang Bikin Bahagia

Sebahagia itu ~

Sebahagia itu ~ via https://www.instagram.com

Banyak kejutan yang kami temui selama perjalanan, salah satunya danau-danau indah yang membuat kami tak berhenti berdecak kagum. Lihat deh wajah-wajah bahagia ini, semua penat selepas ujian, perjalanan berjam-jam semenjak subuh rasanya terbayarkan dengan keindahan alam yang disuguhkan.

Kami berhenti disini juga sebenarnya tidak sengaja. Tapi pas berhenti akhirnya keenakan. Padahal cuma duduk-duduk, buka cemilan sama photo-photo. Iya, sederhana tapi efeknya bisa bikin sebahagia itu.

Intinya, bagi yang berkesempatan berkunjung ke UK, percayalah bahwa banyak tempat lain yang jauh lebih Indah daripada Inggris dan London. UK itu luas dan setiap tempatnya punya cerita yang kadang tak bisa diceritakan, namun hanyak bisa dirasakan. Yuk mulai sekarang masukkan Wales ke dalam bucket list kamu, dijamin akan jadi pengalaman yang sangat berharga seumur hidupmu kelak! :)

Penulis

An educator who falls deeply in love with words.