5 Langkah Realistis Merancang Resepsi Pernikahan. Bikin Momen Spesialmu Tak Terlupakan!

Pernikahan merupakan salah satu momen berharga dan bahagia dalam hidup yang akan terus diingat bagi setiap pasangan. Perjalanan panjang akan dilalui oleh setiap pasangan untuk mencapai suatu tujuan yaitu kesepakatan pernikahan.

Menyelenggarakan resepsi pernikahan tentunya merupakan hal bahagia tidak hanya bagi pasangan namun untuk segenap keluarga dan kerabat. Maka dari itu, pasangan harus memikirkan berbagai detail dari acara pernikahan tersebut dari jauh-jauh hari.

Setiap hal detail tersebut tentunya harus disusun secara bertahap dan rapi dengan mencari konsep wedding yang ingin diaplikasikan dalam acara pernikahan agar semua detail selaras dan teratur. Berikut merupakan beberapa step merencanakan hari spesialmu.

Advertisement

1. Dimulai dari mengenali diri dan pasangan

Photo by freepik on Freepik.com

Photo by freepik on Freepik.com via http://freepik.com

Kenali suatu keunikan dari cerita kalian yang bisa diangkat menjadi konsep kalian. Mengenali diri dan pasangan lebih membahas kearah bagaimana acara pernikahan yang Anda impikan, sesuatu yang anda dan pasangan Anda sukai dan tidak sukai, serta referensi-referensi lain yang bisa kalian tuangkan. Tapi tenang, jika kalian berpikir tidak memiliki cerita unik atau sesuatu untuk dibagikan, angkatlah sesuatu dari apa yang anda dan pasangan anda sama-sama sukai.

2. Kumpulkan referensi dan olah kembali

Photo by freepik on Freepik.com

Photo by freepik on Freepik.com via http://freepik.com

Setelah mengerti apa yang kalian inginkan dari tahap pertama, tahap berikutnya adalah untuk memetakannya color guide apa yang akan diangkat, pengalaman apa yang ingin dihadirkan, dan membuat alternative melalui moodboard dengan gambar-gambar referensi yang sesuai dengan apa yang kalian inginkan.

Advertisement

Selain hal itu, olah kembali secara terjadwal dan buat janji dengan berbagai wedding vendor yang diperlukan dan sesuai dengan tema yang ingin diterapkan. Contohnya dalam mencari vendor dekor pasangan perlu mengenal portofolio dari vendor dekor yang ingin dituju, apakah vendor tersebut dapat merealisasi konsep yang ingin diciptakan.

3. Menikmati dan menjalani proses demi proses

Photo by freepik on Freepik.com

Photo by freepik on Freepik.com via http://freepik.com

Setelah menjadwalkan dengan berbagai vendor, hal berikutnya yang harus di lakukan adalah melakukan monitoring dan quality control dari setiap vendor dan proses. Hal ini dimaksudkan agar setiap proses yang dijalankan tetap selaras dengan konsep yang ingin dihadirkan dari awal dan tidak melenceng. Pastikan juga setiap proses dan konsep yang diterapkan dalam berbagai detail acara pernikahan memancarkan identitas pasangan dan merupakan sesuatu yang special.

4. Mengungkapkan identitas pasangan melalui GR

Advertisement
Photo by freepik on Freepik.com

Photo by freepik on Freepik.com via http://freepik.com

Setelah semua perencanaan sudah tertata dengan baik dan lancar maka tahap selanjutnya adalah melakukan GR atau yang lebih dikenal dengan Gladi Bersih.

GR merupakan merupakan hal penting yang harus dilakukan sebelum acara dimulai. Dengan GR pasangan bisa mengetahui bagaimana detail acara dan bagaimana konsep-konsep sudah berjalan dengan baik secara langsung dan secara langsung dengan waktu yang sesuai dengan perencanaan di hari-H.

Melalui GR juga pasangan dapat mengetahui bagian mana yang mau diubah atau diperbaiki karena tidak sesuai dengan tema yang telah direncanakan. Setiap vendor dapat ikut menerapkan dan mengaplikasikan jobdesknya masing-masing sesuai yang telah dijadwalkan seperti dekorasi, rigging, MC, pengisi acara, dan lainnya.

5. Tahap terakhir dan final, stage directing

Photo by freepik on Freepik.com

Photo by freepik on Freepik.com via http://freepik.com

Pada tahap akhir ini, pastikan kembali setiap vendor sudah siap untuk berjalan dan acara siap berlangsung sesuai dengan GR yang telah dilakukan. Sentuhan terakhir yang perhatikan adalah memastikan setiap elemen yang diaplikasikan tetap sesuai dengan tema dan konsep yang telah direncanakan.

Dengan begitu, setiap pasangan dapat menikmati jalannya pernikahan yang menakjubkan sesuai dengan identitas mereka tanpa melewatkan hal-hal tersebut. Para tamu, kerabat, dan keluarga juga dapat menimati setiap detail dengan nyaman serta mengenal identitas pasangan melalui setiap aspek yang diterapkan di pernikahan.

Berikut beberapa step dalam mengaplikasikan konsep acara pernikahanmu dengan orang tercinta agar dapat lebih bermakna dan terus berkesan sampai hari tua.

Bagaimana? Apakah kalian sudah terpikirkan konsep mana yang ingin kamu dan pasangan bawakan di hari besar kalian? Semoga artikel ini dapat memberi inspirasi dan bermanfaat, terima kasih telah membaca!

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya

Advertisement

“Artikel ini merupakan kiriman dari pembaca hipwee, isi artikel sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.”

Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Editor

Learn to love everything there is about life, love to learn a bit more every passing day

CLOSE