Pada tanggal 2 Oktober 2009 silam, Indonesia telah melakukan suatu langkah besar dengan menetapkan batik sebagai warisan kemanusiaan untuk budaya Lisan dan nonbendawi. sejak saat itulah tanggal 2 Oktober diperingati sebagai hari Batik Nasional yang juga sudah diakui oleh Unesco bahwa batik berasal dari Indonesia. Langkah tersebut dilakukan karena ada Negara yang mengklaim bahwa batik adalah aset budayanya, padahal potensi batik sangatlah besar bagi sebuah Negara termasuk Indonesia.

Baju batik sendiri identik dengan baju yang biasanya digunakan untuk acara acaara formal, namun seiring berkembangnya dunia fashion, kini Batik justru menjadi trend pakaian sehari hari dan bukan lagi menjadi sebuah pakaian yang hanya digunakan untuk keperluan acara formal.

Hal ini pun membuat banyak sekali masyarakat indonesia makin jatuh cinta pada batik karena selain merupakan asli dari Indonesia, kini banyak sekali model Baju Batik yang bagus dan bahkan cocok untuk anak muda sekalipun.

Namun terlepas dari itu semua, ada beberapa fakta unik mengenai Baju batik yang mungkin belum kamu tahu, berikut ini adalah ulasannya.

1. Sempat di Klaim Malaysia Sebagai Aset budayanya

sempat di klaim negara tetangga

sempat di klaim negara tetangga via http://batiksfabric.com

Sebelum UNESCO Meresmikan batik sebagai asli peninggalan Indonesia, masyarakat Indonesia pernah dihebohkan dengan klaim yang dilakukan oleh Malaysia yang mengklaim bahwa batik adalah aset budayanya.

Hal ini pun membuat pemerintah dan masyarakat geram, sampai puncaknya, 2 Oktober 2009 batik resmi jadi warisan budaya asli dari Indonesia yang sekaligus menjadi awal populernya baju batik di kalangan masyarakat Indonesia, bahkan sekarang, banyak sekolah sekolah yang menggunakan baju batik sebagai salah satu seragam tetap.

2. Asal Kata "Batik"

asal kata Batik

asal kata Batik via http://hipwee.com

Advertisement

Berbicara Batik, sebenarnya dari mana asal kata Batik itu sendiri? Batik merupakan gabungan dua kata dalam bahasa Jawa. yang terdiri dari kata "amba" yang berarti menulis dan "Titik" yang berarti titik. Dan apabila kedua kata tersebut digabungkan maka maknanya menjadi menulis titik-titik indah di atas kain. Hal ini pula yang membuat motif batik memang sangat berseni dan indah.

3. Teknik Pembuatan Batik

teknik pembuatan batik ada berragam

teknik pembuatan batik ada berragam via http://hipwee.com

Tahukah kamu? Bahwa Batik sendiri dibuat dengan berbagai macam teknik pembuatan dari dulu sampai sekarang tercatat ada belasan teknik batik yang digunakan mulai dari Nyungging, Njaplak, Nglowong, Ngiseni dan masih banyak lagi.

Namun sekarang ini, pembuatan batik dilakukan dengan Teknik Tulis, Cap dan Printing. harga batik yang paling mahal adalah yang dibuat dengan teknik tulis karena untuk membuat batik dengan teknik ini, perlu waktu yang sangat lama dan dilakukan secara manual.

4. Batik Sebagai Sumber Devisa yang Besar.

sumber devisa negara

sumber devisa negara via http://hipwee.com

Advertisement

Tak hanya populer di Indonesia. Baju Batik juga sudah mendunia, hal inilah yang membuat Batik sekarang menjadi salah satu sumber devisa yang besar bagi negara. bahkan ada beberapa tokoh luar negeri yang pernah menggunakan Baju Batik seperti Nelson Mandela, Kate Middleton dan Heidi Klum.

Dan masih banyak lagi. Popularitas batik yang digunakan para tokoh dunia pun membuat Batik menarik perhatian besar masyarakat Dunia seperti Amerika, Jerman, Jepang, Korea Selatan dan lain sebagainya.

5. Pak Soeharto adalah Orang Pertama yang mengenalkan Batik ke Dunia

pertama kali Batik dikenalkan ke internasional

pertama kali Batik dikenalkan ke internasional via http://hipwee.com

Presiden Republik Indonesia ke 2 yakni Bapak Soeharto, ternyata beliaulah yang pertama kali mengenalkan Batik ke kancah internasional pada pertengahan 80an. bukan hanya itu saja, Batik pada tahun 1994 juga dijadikan sebagai cenderamata atau kenang kenangan untuk tamu kenegaraan yang di mana saat itu Indonesia adalah tuan rumah KTT APEC II yang diadakan di Bogor.

Bagaimana? Dengan mengetahui fakta soal batik diatas, semoga kamu makin cinta dan bangga memakai baju Batik, YA!

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya