Mengalami bullying tidaklah menyenangkan, kadang kamu merasa sangat terpuruk ketika seseorang atau sekelompok orang mem-bully kamu.  Namun, setidaknya kamu bisa lakukan 5 langkah ini untuk keluar dari cicrle of bullying!

1. Survive

Be Strong ! via https://www.kamdora.com

Mungkin dalam tahap ini kamu tidak tau mau bagaimana untuk menghadapi bully-an dari circle kamu, yang perlu kamu lakukan adalah bertahan! Entah itu bully-an dalam bentuk verbal maupun non-verbal, yang perlu kamu tau adalah kamu harus kuat menghadapinya dulu! It takes time untuk keluar dari circle bullying! Sabarlah dan lakukan tahap kedua!

2. Find a new circle

Teman baru bisa jadi lebih menghargai lho via http://news.okezone.com

Walau kamu punya lingkungan atau grup di hidupmu, tapi bukan berarti itu yang terbaik. Apalagi kalo kamu sering kena hinaan, cibiran maupun kekerasan fisik. Kamu perlu membuka diri ke circle yang lebih baru, jangan takut untuk bergaul dengan orang lain. Siapa tau justru lingkungan pertemanan baru mu malah lebih menghargai mu bahkan menjagamu. Karena kebanyakan permasalahan dalam circle bullying adalah si anak tidak mau pergi ke lingkungan baru, sehingga menyebabkan dirinya stuck disitu saja dan kena bully-an dalam jangka waktu lama.

3. Ketahui potensi diri dan perbaiki

Advertisement

Hanya karena kamu sering menjadi bahan bully, bukan berarti kamu tidak punya nilai plus! Cari tau potensi diri kamu, entah kamu punya bakat dalam music, menari maupun akademis. Asah terus potensi mu sehingga kamu menjadi bersinar. Biasanya orang yang membully kita mempunyai alasan bahwa pembully iri dengan kita sehingga mencoba menjatuhkan kita agar dia merasa lebih baik dari kita. Perbaiki dirimu, misal kalo kita dibully karena kita terlihat lusuh, perbaiki cara penampilan kamu. Atau karena kita sering ngomong yang tidak berbobot, segera tambah pengetahuan kamu dan perbaiki cara kamu berbicara. It is a better move rather than just do nothing at all and don't forget, be the best version of your self!