Untuk Kamu yang Sudah Berkepala Dua dan Merasa Masih Galau? Baca Ini Yuk!

Semua itu wajar, tapi...

Hidup di usia 20-an merupakan fase peralihan hidup yang memiliki tantangannya tersendiri. Pada saat mulai menginjak usia ini kita sedang mengalami fase peralihan dari remaja menuju dewasa. Fase peralihan ini cukup sulit bagi sebagian besar orang karena adanya berbagai problematika hidup baik dalam hal cinta, pekerjaan, pandangan hidup, maupun finansial. Hal yang paling pokok, fase ini adalah fase perlalihan dari kebebasan menuju tanggungjawab besar. Di usia ini orang dituntut untuk bersikap lebih dewasa dalam menentukan arah tujuan hidup mereka.

Untuk Kamu yang Sudah Berkepala Dua dan Masih Galau, yuk simak tulisan di bawah ini!

Advertisement

1. Kamu adalah Manusia yang Kuat

Hai, coba deh bercermin dan kenalan sama seorang yang sangat tanggung. Dia adalah pejuang, lihat saja matanya, sangat kuat menahan semua air mata yang mengetuk-ngetuk ingin keluar. Mungkin sesekali menetes juga, tapi tak mengapa, hidup kan tidak selalu baik-baik saja.

2. Kamu Gak harus Jadi Super Star Kok

Super Star

Super Star via https://www.pexels.com

Insecure. Sudah seberapa sering merasakannya? Melihat update orang lain di media sosial, seperti Instagram, Facebook, dan Friendster mungkin kalo masih ada, hehe. Merasa mereka punya hidup yang lebih keren, lebih oke, lebih dari yang kamu miliki saat ini. Tenang, kamu nggak harus jadi super star kok di usia sekarang. Kamu juga kan ga berdiam diri, tapi terus berjuang. Kalo perjuangan gak dinikmatin nanti tiba-tiba tua dan ubanan loh?

Advertisement

3. Kamu Bukan Anak Kecil lagi

Anak Kecil

Anak Kecil via https://unsplash.com

20 tahun, dua dekade. Lama banget ya? Iya memang lama, bukan waktu yang sebentar. Sekarang kamu sudah bukan anak kecil lagi, yang makannya disuapin, atau lari-lari masuk kelas saat bel jam 7 pagi berbunyi. Kamu sekarang udah ngerti gimana model rambut yang keren, sepatu yang matching, ataupun baju yang trendy. Kamu sekarang sudah bisa menyelesaikan masalahmu sendiri. Keren! Kamu tumbuh dengan cepat dan pesat, meskipun luka datang silih berganti.

4. Kadar Bahagiamu seperti Apa Sekarang?

Kalo inget zaman dulu, duduk seharian dikelas, jam istirahat jajan di kantin, dan ngobrol-ngobrol, membuat kita udah bahagia banget ya. Bisa ketawa sampai ngakak. Masih inget ga tuh? Jangan-jangan udah lupa. Gimana sekarang? Teman makin banyak atau malah berkurang drastis?

5. Perjuangan Belum Selesai, Perjalanan Masih Panjang

Hei, masa udah capek? Jangan nyerah dulu dong. Sabar, tahan, perjuangan masih panjang, masih ada hal-hal yang harus kamu kejar. Di depan sana, gak akan semakin mudah, tapi semakin sulit. Tapi kamu pasti bisa kok, tenang aja. Percaya deh, kamu ga akan menyerah gitu aja kan?  Kalo capek, coba ambil jeda, istirahat aja bentar. Nanti mulai lagi. Tetaplah jadi kamu yang apa adanya, yang penuh semangat, yang bisa tertawa sekalipun masalah datang, yang kuat berlari walaupun di tengah hujan.

Advertisement

6. Jangan Lupa Diri Sendiri

Lupa Diri

Lupa Diri via https://unsplash.com

Kita semua ingin membahagiakan orang-orang di sekitar kita. Orangtua, keluarga, sahabat, dan teman-teman. Tapi ingat, jangan lupa temukan juga kebahagianmu. Kamu memang masih harus berjuang, tetapi kamu tidak harus berjuang sendirian.

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya

Advertisement

“Artikel ini merupakan kiriman dari pembaca hipwee, isi artikel sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.”

Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

Penulis yang mengubah rasa menjadi cerita.

CLOSE