Untukmu Para Calon Ibu, 5 Hal Ini Harus Kamu Persiapkan Menjelang Persalinan Anak Pertama

Kamu adalah perempuan hebat yang bahagia

Selamat ya! setelah perjuangan dan kesabaranmu akhirnya Tuhan mengaruniakan hadiah kepadamu. Kamu berhasil melewati semua perjalanan hidup dan melewati betapa tidak enaknya di awal masa kehamilan. Perut yang perlahan semakin hari semakin besar itu membuatmu sedikit tak nyaman. Selain perubahan fisik, tentu ada sakit yang harus kamu rasakan. Kamu merasakan pusing,mual, tidur pun tak seenak biasanya. Bahkan hidungmu jauh lebih sensitif terhadap bau.

Kamu berjuang menahan emosimu agar tetap stabil. Demi perasaan suamimu yang harus kamu jaga juga. Bahkan kamu masih menyempatkan waktu untuk memasak, melayani suami. Kamu adalah calon Ibu yang Tuhan percayai untuk mengurus, mendidik dan menjaga manusia ciptaan-Nya. Bukan tak ada alasan Tuhan memercayaimu. Jelas, itu karena Dia tahu kamu mampu dan pantas. Ya! karena kamu kuat dan hebat. Selamat ya! sebentar lagi kamu bertemu dengan bayi pertamamu.

Untuk kamu calon ibu yang sedang menunggu persalinan anak pertama, 5 hal ini harus kamu persiapkan agar momen itu menjadi lebih mudah dan kamu tidak panik saat prosesnya.

Advertisement

1. Ilmu dan wawasan

Photo by Unsplash

Photo by Unsplash via https://unsplash.com

Ketika memasuki usia kehamilan ke-7, tentu rasa hati tidak menentu. Debar jantung seperti tak sabar ingin segera melihat dan menggendong bayi pertama. Semakin dekat jadwal persalinan, maka kamu membutuhkan semakin banyak ilmu dan wawasan. Sering-seringlah membaca buku tentang proses persalinan. Kamu juga bisa browsing atau googling untuk mengetahui tips dan trik ketika menjalani proses melahirkan.

Selain itu, kamu juga harus sering bertanya kepada orang yang sudah mengalami lahiran. Dari situ ilmu dan wawasanmu akan bertambah. Kamu akan semakin percaya diri dan tenang menjalani usia-usia kehamilan yang semakin tua. Tidak perlu malu untuk bertanya sebab kamu memang membutuhkannya.

Advertisement

2. Mindset yang positif

Photo by Unsplash

Photo by Unsplash via https://unsplash.com

Kamu jangan takut, jangan panik. Tenang saja semua akan berjalan baik-baik saja. Kamu dan bayimu akan sehat dan selamat. Latih mindsetmu untuk tetap positif. Jangan sampai ada pikiran yang mengganggu suasana hatimu. Suasana hatimu memiliki peran penting bagi kesehatan kandungan dan dirimu sendiri.

Salah satu agar menjaga mindset tetap positif adalah dengan tidak membandingkan dirimu dengan siapapun. Biasanya karena efek dari sering bertanya kepada orang yang sudah pernah melahirkan. Kamu jadi cenderung membandingkan dirimu dengan yang lain. Ini sangat riskan, kamu bisa terjatuh ke jurang rasa cemas yang berlebihan.

Kamu adalah calon ibu yang hebat. Hempaskan segala pikiran burukmu ya. Teruslah bermindset positif. Sebab mindset positif akan menyelamatkan mu dari kegelisahan.

Advertisement

3. Jangan Putus Berdoa

Photo by Unsplash

Photo by Unsplash via https://unsplash.com

Proses melahirkan itu seperti pertaruhan antara mati dan hidup. Bagi kamu, ini yang pertama kali. Kamu sama sekali belum punya pengalaman melahirkan. Tentu, rasa cemas pasti menyerang. Oleh karena itu janganlah putus berdoa. Setiap saat, setiap waktu, setiap detik. Teruslah berdoa kepada Tuhan agar Dia menguatkanmu.

Tuhan pasti mendengar doamu. Dialah Maha Penyayang yang pasti akan dan selalu menjagamu dimanapun dan kapanpun. Dia-lah yang bisa mengabulkan doa-doamu. Jangan jauh dari-Nya. Dekati terus Tuhan dan meminta pada-Nya agar kamu bisa melewati setiap fase kehidupan dengan kuat. 

Memohon keselamatan dan kelancaran untuk proses melahirkan nanti. Tuhanlah satu-satunya yang bisa menolongmu. Jadi berdoalah terus seiring dengan napas yang kamu embuskan.

4. Persiapkan tas perlengkapan persalinan Ibu

Photo by Unsplash

Photo by Unsplash via https://unsplash.com

Persiapkan tas persalinan bagi ibu. Hal ini penting, karena jika tidak dipersiapkan dari sekarang kamu akan kerepotan. Tas persalinan biasanya berisi baju ganti untuk ibu setelah melahirkan. Berikut detail yang harus kamu siapkan:

  • 1 Baju lengan pendek busui firendly
  • 2 Celana dalam
  • 1 Handuk
  • Pembalut melahirkan

List di atas adalah perkiraan, karena setiap tempat melahirkan akan berbeda-beda. Biasanya ketika kamu cek kehamilan saat menjelang melahirkan, kamu akan disarankan mempersiapkan tas persalinan.

5. Persiapkan tas perlengkapan bayi

Photo by Unsplash

Photo by Unsplash via https://unsplash.com

Memang terlihat sepele, tapi mempersiapkan tas persalinan ini bisa sangat membantu proses melahirkanmu. Mumpung ada waktu, yuk persiapkan dari sekarang. Berikut ini list yang harus kamu cek:

1. Perlengkapan bayi baru lahir

  • 1 Kain pernel / bedong
  • 1 Baju pendek
  • 1 Baju panjang
  • 1 Popok kain
  • 1 Selimut bayi
  • 1 topi bayi

2. Perlengkapan bayi untuk mandi

  • 1 Sabun dan shampoo bayi
  • 1 Minyak telon
  • 1 Handuk bayi
  • 1 Washlap

3. Perlengkapan bayi pulang

  • 1 Kain pernel /  bedong
  • 1 Baju pendek
  • 1 Baju panjang
  • 1 Popok kain
  • 1 Selimut bayi untuk pulang
  • 1 Topi bayi
  • 1 Sarung tangan dan sarung kaki
  • 1 Gendongan bayi

Mempersiapkan jauh lebih baik daripada kerepotan. Setelah melahirkan pasti tubuhmu akan lemas karena lelah. Oleh karena itu persiapkan dari sekarang segala perlengkapannya. Semoga proses melahirkan bayi pertamamu lancar dan menyenangkan. Selamat untuk kamu calon ibu. Tetaplah berbahagia dan tetaplah kuat. Tuhan ada bersamamu.

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya

Advertisement

“Artikel ini merupakan kiriman dari pembaca hipwee, isi artikel sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.”

Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

Kesempatan yang sama tidak akan datang dua kali. Sebab kesempatan yang datang setelahnya pasti lebih baik.

CLOSE