Selama berjalannya waktu, pernahkah kamu merasakan  hari-harimu berjalan lebih berat dari pada sebelumnya dan kamu jadi berpikir bahwa menjadi dewasa bukanlah perkara yang mudah? Kamu seringkali dihadapkan pada situasi yang  menuntut tanggungjawab dalam menjalani berbagai pilihan-pilihan yang kamu buat, termasuk untuk segera lulus dari kampus tercinta. Setelah itu cari kerja, cari pacar menikah punya anak, menua dan mati. Kalau kamu sedang merasakan kebisingan hidup kamu dia usia 20-an ini berarti tandanya kamu sedang menghadapi fase yang dinamakan quarter life crisis, fase ini merupakan masa transisi menuju tahap dewasa.

Hmmm meski begitu, setidaknya kamu harus menikmati tahapan ini walaupun rasanya nggak mudah banget, serasa semua beban bertumpuk di kepala. Maklum aja, bagi kalian yang belum siap menghadapi tahapan ini belumlah terbiasa untuk mengutak-atik semua cara pandang kamu dan menggantinya dengan perspektif yang lebih luas.

1. Ada saat ketika merasa sendiri adalah hal yang sering kamu alami

No one likes to be alone

No one likes to be alone via https://pin.it

Memang merasa sendiri bukanlah perasaan yang menyenangkan. Kamu akan menghadapi situasi dimana dunia tidak berpihak pada dirimu, serasa semua adalah musuh yang terus mengintaimu dan siap  membuatmu terjatuh. Tetapi tenanglah, perasaan ini sebenarnya hanyalah perasaan yang timbul karena kamu tidak melakukan  apapun alias masih dalam pertahanan zona nyaman.

Advertisement

Cobalah untuk melakukan hal baru, yang membuatmu lebih tertantang untuk mengeksplorasi dunia luar. Lakukanlah kegiatan yang bisa mengiinspirasi harimu menjadi lebih berwarna, dengan begitu selain kamu akan terhibur tentunya perasaan sendiri itu perlahan akan mulai berkurang.

2. Ketika melihat teman kamu sudah meraih mimpinya sedangkan kamu masih segini aja

No Longer Not Enough

No Longer Not Enough via https://pin.it

Tentunya saat ini akan kamu alami adalah saat dimana orang lain terlihat lebih bahagia dari hidupmu sekarang seperti ungkapan rumput tetangga nampak lebih hijau. Sayangnya, kalau dalam taraf ini kamu terlalu larut dan menjadikannya sebagai parameter untukmu juga, bukannya hidupmu makin membaik justru akan membuatmu lebih terpuruk.

Cobalah untuk menghargai dirimu dengan tidak melihat orang lain terlalu banyak. Pandanglah bahwa kesuksesan orang lain adalah sebagai motivasi untukmu agar lebih semangat dalam meraih mimpimu meski dengan takaran yang berbeda. Dengan begitu, hudupmu akan lebih santai tanpa membandingkan pencapaiamnu dengan orang lain.

3. Masalah hati sering membuatmu tak keruan bahkan memengaruhi kepercayaan terhadap dirimu

The cost of staying in a relationship without value becomes a lonely place

The cost of staying in a relationship without value becomes a lonely place via https://pin.it

Advertisement

Persoalan batin memanglah tidak pernah bosannya menerpa kegalauanmu. Ia seringkali menjadikan dirimu seorang yang lemah. Beberapa kali dihadapkan dengan sebuah permasalahan yang seakan terus mengurai air matamu. Masalah hati memanglah sering menjadikan kelesuan dalam hari-harimu, namun setidaknya masalah ini bisa dihadapi dengan cara melatih mindset dalam dirimu menjadi citra yang positif.

Anggap saja bahwa semua yang kamu alami baik itu dalam berjuang menjaga hati atau sedang berusaha memantapkan hati adalah perjalanan untuk mebawa dirimu menjadi pribadi yang lebih kuat dan tabah. Semua yang kamu alami tersebut baik berupa hal- hal manis ataupun kenangan yang menyesakkan suatu saat akan menyadarkan kamu bahwa hidup harus selalu berserah kepada yang maha memiliki hati. Dengan kamu lebih berserah diri kepada Tuhan, situasi hati akan menjadi lebih tenang.

4. Di kala kamu sedang merintis karir ternayata tidak semudah yang kamu bayangkan

The Grumpy

The Grumpy via https://pin.it

Untukmu yang sedang berjuang mencari pekerjaan pastinya akan merasakan tantangan yang lebih sulit. Mencari pekerjaan memanglah tidak mudah, apalagi kalau menyangkut style dan kenyaman kamu. Terkadang untukmu yang sudah menemukannya pun masih harus berjuang merasakan penatnya dunia kerja apalagi  dengan berbagai tugas yang membuatmu semakin berat menjalaninya.

Untuk itu setidaknya jangan terlalu memforsir tenaga dan pikiranmu terhadap hal yang tidak bisa kamu kendalikan, teruslah mencoba untuk membuka diri dengan berbagai keterampilan, teruslah menambah wawasanmu dengan memperbanyak relasi ataupun membuka peluang sendiri. Intinya adalah jangan pernah menyerah dan terus melakukan hal terbaik dengan begitu akan lebih ringan dalam menjalaninya.

5. Bersyukurlah, karena kamu sudah mencapai masa ini

Life mantras to live a happy life

Life mantras to live a happy life via https://pin.it

Dan bersyukur adalah solusi terbaik ketika apa yang kamu alami sampai hari ini justru membuatmu sedikit demi sedikit menjadi pribadi nyang lebih matang dan dewasa.dengan bersyukur membuatmu lebih mantap menapakai hari- hari berikutnya.

Lihatlah kembali kebersamaan  dengan orang-orang yang kamu sayang. Tentunya adalah momen yang sangat membahagiakan kan? Jadikan setiap masalah yang kamu hadapi adalah ujian untuk selalu memahami kehidupan secera lebih arif sehingga hidup ini akan terasa lebih indah.

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya