#UpgradeDirimu Agar Tidak Melebar Ketika Lebaran

Agar puasa kita lebih bermakna dan ketika lebaran tubuh kita tidak menjadi lebar-an :p

Puasa di bulan Ramadan adalah kegiatan yang sangat mulia bahkan dianjurkan pula oleh kesehatan karena dapat membuang racun-racun dalam tubuh. Tapi, ada pertanyaan yang sering timbul ketika puasa telah usai. Pertanyaan kenapa badan saya makin lebar? Padahal sebulan kemarin saya berpuasa. Sebenarnya banyak faktor-faktor yang membuat badan kita bertambah lebar setelah menjalankan ibadah puasa sebulan penuh di bulan ramadhan.

Contohnya, menjadikan buka puasa ajang balas dendam sampai kekenyangan sampai tidak bisa shalat tarawih, makan gorengan berlebihan, dan masih banyak lagi faktor-faktor yang menyebabkan  badan kita bertambah lebar setelah berpuasa yang seharusnya ibadah puasa itu dijadikan ajang dimana kita merasakan apa yang dirasakan oleh saudara-saudara kita yang kurang beruntung. Malah menjadi ajang memuaskan nafsu kita. Bukankah hal terpenting yang didapatkan dari menjalankan ibadah puasa adalah bagaimana cara kita menahan hawa nafsu kita?

Agar puasa kita lebih bermakna dan ketika lebaran tubuh kita tidak menjadi lebar-an. Berikut ini cara-cara yang bisa diterapkan agar tubuh kita tidak bertambah lebar setelah berpuasa:   

1. Meskipun lemas, tapi tetap harus berolahraga

berolahraga ketika berpuasa

berolahraga ketika berpuasa via https://radarpriangan.com

Advertisement

Berolahraga itu penting untuk menjaga kebugaran tubuh kita selama berpuasa. Selian itu, olahraga juga dapat membakar sisa-sisa makanan dan lemak yang ada di dalam tubuh kita.  Jangan jadikan lemas karena berpuasa sebagai penghalang kita untuk berolahraga. Cara agar berolahraga tanpa mengganggu ibadah puasa kita yaitu dengan berolahraga sejam sebelum berbuka puasa.

Cara ini lebih efektif dibandingkan kita berolahraga di pagi hari atau di siang hari. Kenapa begitu? Berolahraga sejam sebelum berbuka puasa dapat menghindari kita dari dehidrasi karena setelah berolahraga kita dapat memulihkan tubuh kita dari dehidrasi ketika berbuka puasa.

2. Berbuka dengan yang manis itu dianjurkan, tapi bukan manis dari sirup.

Berbuka dengan kurma

Berbuka dengan kurma via https://www.fimela.com

Rasulullah menganjurkan untuk berbuka dengan yang manis. Manis yang dianjurkan oleh Rasullallah berasal dari buah-buahan yaitu buah kurma. Bukan rasa manis yang berasal dari sirup-sirup yang mengandung gula buatan atau pemanis buatan yang tidak baik bagi tubuh kita. Selain tidak baik bagi tubuh, mengosumsi pemanis buatan juga dapat menambah timbunan lemak dalam tubuh kita. Kenapa bisa seperti itu?

Advertisement

Pemanis buatan dalam sirup-sirup yang bertebaran di muka bumi selama ramadhan tinggi akan kalori. Jika kita mengosumsi sirup-sirup tersebut, maka tubuh kita akan kelebihan kalori. Kalori yang berlebih dalam tubuh kita akan menjadi timbunan lemak.

Jadi, berhenti mengkomsumsi sirup-sirup atau apapun yang menggunakan pemanis buatan. Mari kita konsumsi pemanis alami yang berasal dari buah-buhan seperti yang dianjurkan oleh Rasulullah.

3. Jangan gunakan buka puasa sebagai ajang balas dendam

Advertisement
Makan berlebiahn

Makan berlebiahn via https://www.liputan6.com

Buka puasa adalah saat dimana kita mengucapkan rasa syukur kepada Allah SWT karena telah menunaikan kewajiban kita sebagai umat muslim. Wujud syukur kita kepada Allah SWT dengan berbuka puasa secukupnya bukan berbuka puasa sekenyangnya, seakan-akan kita manusia paling lapar di dunia ini.

Bagaimana tubuh kita tidak bertambah lebar jika berbuka puasa seperti itu. Jangan jadikan buka puasa ajang balas dendam tapi jadikan buka puasa sebagai wujud syukur kita kepada Allah SWT dengan berbuka secukupnya. 

4. Kurangi maka gorengan

Gorengan mengandung lemak yang dapat menambah lebar tubuh kita. Maka dari itu kita harus mengurangi mengkonsumsi gorengan-gorengan seperti bakwan, tempe goreng, dan lain sebagainya.

5. Niat yang kuat

Niat yang Kuat

Niat yang Kuat via http://unycommunity.com

Hal terpenting dari semua cara-cara agar tidak lebarran ketika lebaran adalah niat yang kuat. Jika didasari niat yang kuat semua cara-cara di atas akan terasa mudah dan tidak menjadi beban ketika melakukannya.

Semoga cara-cara di atas berguna bagi kalian yang selalu bertanya kenapa badan saya tambah lembar setalah berpuasa. Selamat mencoba.

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya

Advertisement

“Artikel ini merupakan kiriman dari pembaca hipwee, isi artikel sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.”

Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

CLOSE