Waktu Terbaik Mengirim Lamaran Kerja untuk Perbesar Kesempatan Diundang Interview

Perhatikan waktu terbaik ini saat mengirim lamaran kerja

Banyak pencari kerja yang fokus memperbaiki CV supaya diterima perusahaan impiannya. Tapi ternyata ada faktor lain yang nggak kalah penting untuk diperhatikan lho, yap waktu mengirim lamaran kerja. Pasalnya ada waktu-waktu tertentu yang punya peluang lebih besar agar CV kita dilihat dan nggak ketumpuk sama kandidat lain.

Nah, supaya surat lamaranmu lebih cepat dibaca HRD dan peluang diterimanya lebih besar, ada beberapa tips yang terkait waktu mengirim lamaran yang bisa kamu ikuti. Simak ulasannya berikut ini.

Advertisement

1. Kenapa memperhatikan waktu mengirim lamaran itu penting?

Photo by tirachardz via freepik

Photo by tirachardz via freepik via http://freepik.com

Mencari tahu waktu terbaik mengirim email lamaran kerja bertujuan supaya CV yang kamu kirim bisa lebih cepat dibaca, meningkatkan peluang dipanggil interview, bahkan diterima kerja.

Sayang kan, kalau email dan lampiran yang sudah kamu susun sebaik mungkin tidak terbaca oleh HRD sebab kamu mengirim di waktu yang kurang tepat. Perlu diingat kamu akan bersaing dengan ratusan bahkan ribuan pencari kerja lain, jadi maksimalkan segala aspek untuk meningkatkan peluang diterima.

Advertisement

2. Kirim lamaranmu di hari kerja

Photo by timeimage via freepik

Photo by timeimage via freepik via http://freepik.com

Tujuannya nggak lain agar lamaranmu dibaca oleh perekrut. Berdasarkan riset di beberapa perusahaan, mereka lebih sering membuka email di hari kerja. Sementara di hari Sabtu dan Minggu, kemungkinan email tersebut dibuka menurun drastis hingga 8,5%.

Sedangkan jam 6-10 pagi jadi waktu terbaik mengirim lamaran kerja karena cenderung mendapat respon positif dari perekrut.

3. Lamaran yang masuk di hari Senin cenderung lebih menarik

Photo by azerbaijan-stockers via freepik

Photo by azerbaijan-stockers via freepik via http://freepik.com

Sebuah penelitian di Amerika Serikat menemukan, 30 persen surat lamaran kerja yang masuk di hari Senin lebih banyak mencuri perhatian para perekrut dan bisa jadi langkah awal yang baik menuju proses seleksi selanjutnya.

Selain karena Senin jadi hari pertama kerja, surat lamaran yang lain belum banyak yang masuk, jadi kemungkinan emailmu ada di posisi paling strategis.

4. Hindari melamar di akhir pekan

Photo by snowing via freepik

Photo by snowing via freepik via http://freepik.com

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, Sabtu dan Minggu jadi hari paling buruk untuk mengirim lamaran kerja. Jangan sampai email lamaranmu ada di list paling bawah dan nggak sempet kebaca, jadi mending tunggu hari Senin aja.

 

Hindari juga mengirim email lamaran di luar jam kerja, seperti pada malam hari. Selain tidak terbaca, kamu juga akan dinilai kurang profesional.

5. Usahakan kirim email di hari yang sama saat lowongan kerja dipublikasi

Photo by asier-relampagoestudio via freepik

Photo by asier-relampagoestudio via freepik via http://freepik.com

Lebih cepat lebih baik, sebisa mungkin kirim lamaranmu untuk iklan lowongan kerja yang masih fresh. Lebih bagus lagi di hari yang sama saat lowongan tersebut rilis. Jumlah pelamar yang mengirim lamaran juga masih sedikit dibanding lowongan yang sudah tayang berminggu-minggu lalu.

HRD juga kemungkinan masih semangat-semangatnya menyelami email yang masuk dan membacanya satu persatu.

 

Sudah paham kan harus kirim lamaran kerja di hari dan jam berapa? Temukan informasi lowongan kerja terupdate dan rencanakan karir hebatmu di TopKarir. Download aplikasinya gratis di App Store dan Play Store.

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya

Advertisement

“Artikel ini merupakan kiriman dari pembaca hipwee, isi artikel sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.”

Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

CLOSE