Di bulan Ramadan bagi umat Islam saat berpuasa harus menahan nafsu dari terbit hingga terbenamnya matahari dan berpuasa tidak menutup kemungkinan untuk berhenti beraktivitas seperti sekolah dan bekerja. So pasti kita sahur biasa dilakukan di rumah sebelum memulai aktivitas. Tetapi bagaimana sih cara berbuka puasa saat di perjalan menuju rumah yang masih jauh, apa lagi kalo jalannya sedang macet? Nih! Kamu bisa intip tips di bawah ini.

1. Pertama, tetap tenang

tenang saat berbuka puasa

tenang saat berbuka puasa via http://www.nu.or.id

Usahakan kita tidak terbawa emosi saat menghadapi kemacetan karena akan menggurkan puasa kita. Ambil hikmah dalam setiap kejadian yang kita rasakan seperti, berisiknya klakson kendaraan mungkin saja orang yang membunyakan itu sedang buru-buru. lampu merah yang sangat lama, mungkin saja kita sendiri berada saat lampunya baru berubah merah jadi kita merasa itu hal yang wajar.

2. Menyiapkan minum atau makanan kecil

Bekal takjil yang dibawa untuk diperjalanan

Bekal takjil yang dibawa untuk diperjalanan via https://www.panjimas.com

Advertisement

Takjil yang kita siapkan usahakan yang tidak terlalu  berat karena akan memakan waktu kita juga saat diperjalanan. Usahakan bekal yang dibawa juga sehat ya! 

3. Berhenti di area musala atau masjid saat memasuki waktu berbuka

Berhenti di musala atau masjid terdekat

Berhenti di musala atau masjid terdekat via https://www.pontianakpost.co.id

Kalian bisa salat berjamaah dan biasanya musala atau masjid menyediakan takjil untuk para jamaah. Asyik, ya! Tetapi tidak berlebihan ya! Nanti makanan yang ada di rumah malah tidak termakan dan tidak khusyuk saat salat isya dan tarawihnya.

4. Membeli takjil saat di perjalanan

Membeli takjil

Membeli takjil via https://www.kabartravel.com

Untuk mempersiapkan berbuka diperjalanan bisa mampir ke pedagang takjil yang simpel berada di jalanan bisa berbuka di pedagang kaki lima secukupnya, supaya tetap bisa makan makanan berat di rumah dan kuat dalam salat.

5. Melewati jalan alternatif untuk menghindari macet

Advertisement

Melewati jalan alternatif merukapan  cara menghindari kemacetan jalan raya saat menjelang berbuka puasa. Melewati jalan tikus searah dengan jalan menuju rumah sangatlah efektif.

So guys, kalian nggak perlu panik saat adzan magrib sudah berkumandang dan kalian masih berada diperjalanan. Kalian tetap bisa berbuka besama keluarga di rumah juga, kok! Semoga tips ini bermanfaat dan tetap semangat menjalani puasa dan berburu pahala di bulan Ramadan ini!

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya