5 Inspirasi Perpaduan Warna Pastel untuk Interior Rumah. Bikin Suasana Jadi Lebih Nyaman

warna paster interior rumah

Ngomongin soal desain interior rumah, gaya modern dan minimalis seperti industrial, Scandinavian, Korean, atau Japandi masih jadi primadona. Biasanya, desain interior minimalis punya karakteristik seperti furnitur yang bergaris tegas dan bentuknya simpel serta fungsional. Warna-warna yang dipakai juga warna-warna yang sifatnya monokrom, seperti hitam, putih, abu-abu atau krem.

Saat ingin memberi warna aksen, warna-warna tradisional seperti kuning, oranye, biru, atau ungu mungkin terlalu ngejreng dan malah nggak cocok dengan suasana minimalis yang ingin ditunjukkan. Kalau kamu ingin memberikan permainan warna untuk interior rumah minimalis, warna pastel mungkin bisa jadi pilihan yang tepat!

Banyak cara yang bisa kamu lakukan buat memasukkan warna-warna pastel dengan lebih pintar dan mulus dalam aspek-aspek lain interior rumah. Dengan begitu, interior rumahmu bisa tampil lebih stand out dan berkarakter dari rumah modern dan minimalis lainnya. Warna pastel punya kemampuan buat bikin satu ruangan jadi lebih estetik dan instagramable

Gimana caranya supaya warna pastel nggak cuma jadi warna cat tembok di rumah? Cek inspirasinya dari Dekoruma di bawah ini, yuk!

Advertisement

1. Suasana memasak jadi lebih menyenangkan dengan biru pastel. Dapur tampil lebih gemas, segar, dan hangat dengan kabinet dapur warna pastel

Sumber: Dekoruma

Sumber: Dekoruma via https://www.dekoruma.com

Buat suasana dapur jadi lebih hidup dan picture perfect dengan penggunaan warna pastel pada kabinet dapur! Kabinet dapur dengan warna putih atau abu-abu udah biasa banget nggak, sih? Pakai warna seperti biru pastel atau hijau muda pastel buat mengubah drastis tampilan dapur jadi lebih menyenangkan. Warna-warna ini juga cocok, lho, dipadukan sama unsur kayu di meja makan dan motif batu bata atau keramik pada backsplash dapur. 
 

2. Nuansa tenang dan segar saat bangun tidur dan sebelum tidur. Warna pastel seperti biru, hijau atau cokelat dipercaya bisa meningkatkan kualitas istirahatmu untuk hari yang lebih produktif

Sumber: Dekoruma

Sumber: Dekoruma via https://www.dekoruma.com

Pemilihan warna punya efek kepada suasana hati dari orang yang melihatnya atau ada dalam satu ruangan. Saat bangun tidur, kamu ingin suasana hati yang baik untuk siap menjalani aktivitas dan sebelum tidur, suasana yang tenang akan lebih mudah membuatmu tidur dengan nyenyak dan berkualitas.

Advertisement

Salah satu cara membuat kamar tidur yang tenang dan segar adalah dengan memasukkan warna pastel ke dalamnya. Selain biru dan hijau, warna-warna pastel seperti coklat muda atau kuning juga mampu berpengaruh pada kualitas istirahat seseorang.  

3. Kerja dan belajar jadi lebih semangat. Pilih warna pastel yang tepat untuk meningkatkan produktivitas

Sumber: Dekoruma

Sumber: Dekoruma via https://www.dekoruma.com

Sama seperti istirahat malam, warna juga punya pengaruh sama produktivitas waktu kamu kerja atau belajar. Manfaatkan efek psikologi dari warna pastel yang bercorak muda tapi kalem dan menenangkan bisa berdampak positif untuk kreativitas dan produktivitasmu. 

Buat suasana ruang kerja menjadi lebih nyaman dengan menambahkan warna-warna pastel pada tembok depan meja belajar atau belakang rak buku. Palet warna yang bisa dipilih seperti oranye, kuning, dan dua warna pastel favorit: hijau dan biru. 

Advertisement

4. Color blocking warna pastel? Siapa takut! Dua atau lebih warna pastel dalam satu ruangan jadi kombinasi yang pas dan apik

Sumber: Dekoruma

Sumber: Dekoruma via https://www.dekoruma.com

Menggabungkan dua warna pastel yang kelihatannya kontras banget? Siapa takut! Color blocking terutama buat dinding rumah mungkin mengintimidasi buat sebagian orang. Cuma, kamu nggak perlu khawatir. Dengan bantuan perangkat teknologi desain dan desainer interior, dua warna pastel yang bertolak belakang malah bisa bikin ruangan jadi lebih hidup dan cantik.

Kabinet biru pastel dengan latar belakang dinding hijau pastel? Nggak masalah dan kombinasinya malah kelihatan cocok, lho! Apalagi dengan perpaduan dua warna yang sama di furnitur lain, aksesoris, dan printilan lainnya. 

5. Nggak hanya di dinding, warna pastel juga bisa dijadikan aksen dengan dimasukkan dalam berbagai furnitur

Sumber: Dekoruma

Sumber: Dekoruma via https://www.dekoruma.com

Seperti yang udah dibilang sebelumnya, sayang banget kalau warna pastel cuma dijadikan aksen dinding di salah satu ruangan. Padahal, potensi warna pastel buat bikin interior rumah punya nuansa yang mewah dan estetik banyak banget. Contohnya seperti gambar di atas dengan sofa minimalis di bawah tangga berwarna pastel.

Cara lain misalnya daun pintu atau bingkai jendela berwarna pastel. Kabinet atau rak warna pastel, bahkan railing tangga berwarna pastel. Selama berpadu dengan warna netral, warna pastel bisa masuk ke dalam berbagai aspek interior di rumah, lho! 

Itu dia lima inspirasi desain interior yang menggunakan warna pastel. Interior rumah jadi kelihatan punya napas baru, kan? Warna pastel cocok banget sama warna-warna netral seperti putih, abu-abu, krem, dan unsur interior alami seperti kayu atau batu bata yang terekspos. Jadi, jangan takut buat berkreasi dengan warna pastel, ya!

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya

Advertisement

“Artikel ini merupakan kiriman dari pembaca hipwee, isi artikel sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.”

Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

CLOSE