Sering Jadi Pintu Masuk Kuman, Jangan Heran 10 Kebiasaan Kecil Ini Ternyata Memicu Tumbuhnya Jerawat

Selain mengganggu, jerawat kerap membuat kita kurang percaya diri. Sehingga tak jarang kita menempuh banyak cara hanya untuk menghilangkannya dari wajah. Dimulai dari double cleansing, mengoleskan krim penghilang jerawat, hingga melakukan perawatan di klinik kecantikan.

Pada umumnya, jerawat disebabkan oleh tersumbatnya folikel rambut oleh minyak dan sel-sel kulit mati. Kondisi ini sangat umum terjadi di dunia. Bahkan, seorang peneliti masalah jerawat ternama, Kligmann, mengatakan bahwa tidak ada seorang pun di dunia ini yang melewati masa hidupnya tanpa jerawat.

Penyebab munculnya jerawat pun beragam. Bahkan, ada beberapa penyebab yang kadang tidak kita sadari dapat menyebabkan jerawat. Apa sajahkah itu? Langsung saja simak 10 hal kecil yang sering tidak kita sadari ternyata dapat menyebabkan jerawat.

Advertisement

1. Terlalu sering makan gorengan

Terlalu sering makan gorengan

Terlalu sering makan gorengan via http://fimela.com

Banyak orang menyukai gorengan karena rasanya yang enak. Padahal, gorengan dapat mendatangkan banyak penyakit. Gorengan mengandung lemak jenuh yang sangat tidak baik untuk kesehatan kulit karena dapat memperlambat sirkulasi darah dan menyumbat pori-pori. Sumbatan inilah yang dapat menyebabkan jerawat. Kalau kamu menyukai gorengan, sebaiknya kurangi mengkonsumsi makanan ini. Boleh, sih, sekali-kali, tapi jangan sampai keseringan, ya!

2. Tidak menggunakan masker saat berkendara

Tidak menggunakan masker.

Tidak menggunakan masker. via http://halodoc.com

Ketika kamu berpergian ke daerah yang berpolusi tinggi seperti Jakarta, Surabaya, dan Tangerang, sebaiknya gunakanlah masker saat berada dalam udara bebas, terutama saat berkendara. Penggunaan masker ini meminimalisir masuknya polusi ke wajah. Dilansir dari Grist, seorang ahli dermatologi, Anne Marie Fine mengatakan partikel kecil dan beracun yang terdapat di udara (polusi) dapat mengganggu kesehatan kulit. Senyawa nitrogen dioksida dan sulfur dioksida yang terkandung di dalamnya dapat merangsang pertumbuhan jerawat. Selain itu, paparan sinar matahari secara langsung juga dapat menambah risiko timbulnya jerawat. Untuk itu, selalu gunakan sunscreen, ya, saat beraktifitas di luar ruangan!

Advertisement

3. Menggunakan helm secara bergantian

Menggunakan helm secara bergantian.

Menggunakan helm secara bergantian. via http://liputan6.com

Bagi kamu yang sering membeli jasa kendaraan bermotor ojek online, ada baiknya jika melapisi rambut dengan penutup kepala terlebih dahulu, kemudian memakai helm. Helm yang digunakan secara bergantian tentu mengandung banyak bakteri yang dapat menyebabkan kulit berjerawat terutama area dahi. Jerawat juga dapat timbul akibat penumpukan minyak yang bercampur keringat dan debu pada kulit yang tertutup helm.

4. Lama tidak mengganti sprei

Lama tidak mengganti sprei.

Lama tidak mengganti sprei. via http://hellosehat.com

Kuman, bakteri, bahkan make up terkadang menumpuk di sprei yang kita pakai. Kuman dan bakteri inilah yang dapat memicu timbulnya jerawat. Oleh karena itu, gantilah sprei setiap minggu untuk menghindari penumpukan kuman dan bakteri yang ada di sprei.

5. Suka begadang

suka begadang.

suka begadang. via http://hellosehat.com

Tugas menumpuk atau sekedar menonton film kesukaan membuat sebagian orang tidur sangat larut. Kebiasaan ini tentu saja harus dihilangkan karena selain tidak baik untuk kesehatan mata dan tubuh, begadang juga dapat menyebabkan timbulnya jerawat. Tingkat stres dapat meningkat 14 persen setiap seseorang kurang tidur selama satu jam. Stres dapat menghasilkan lebih banyak hormon korsitol yang dapat memicu timbulnya jerawat.

Advertisement

6. Rambut kotor

Rambut kotor.

Rambut kotor. via http://hellosehat.com

Rambut adalah sesuatu yang berharga. Orang-orang bahkan mengibaratkan rambut sebagai mahkota bagi para wanita. Maka dari itu, rambut harus dijaga agar tetap bersih. Rambut kotor selain dapat membuat tidak enak dipandang juga dapat memicu timbulnya jerawat pada wajah, terutama area dahi dikarenakan letaknya yang berada dekat dengan wajah. Jika rambut kotor, tentu banyak bakteri dan kuman yang ada pada rambut berpindah mengenai wajah. Bakteri dan kuman inilah yang dapat menyebabkan timbulnya jerawat.

7. Alergi kosmetik

Alergi kosmetik.

Alergi kosmetik. via http://liputan6.com

Banyak orang menggunakan kosmetik untuk mempercantik dirinya sendiri. Namun, bukannya mempercantik, beberapa produk make up dapat menimbulkan jerawat pada wajah. Tidak semua bahan kimia yang ada pada kosmetik cocok dipakai wajah kita. Ada beberapa produk kosmetik yang dapat menimbulkan alergi. Jerawat yang muncul setelah menggunakan make up adalah reaksi dari alerginya kulit pada produk make up tersebut. Jadi, jika timbul jerawat pada wajahmu setelah menggunakan make up, maka bisa jadi kamu alergi pada produk make up tersebut.

8. Stres berlebihan

stres berlebihan.

stres berlebihan. via http://hellosehat.com

Jika kita mengalami stres, reseptor yang ada pada sel-sel kulit kita akan membentuk sebum atau kumpulan bakteri yang dapat menyumbat pori-pori kulit wajah. Tersembatnya pori-pori pada wajah inilah yang dapat menimbulkan jerawat.

9. Scrub wajah terlalu sering

Scrub wajah terlalu sering

Scrub wajah terlalu sering via http://tribunnews.com

Scrub memang baik untuk kesehatan wajah, tapi jangan lakukan terlalu sering. Apalagi jika sudah berjerawat dan sering melakukan scrub. Bakteri yang ada pada jerawat dapat menyebar sehingga bisa menambah jumlahnya pada wajah. Oleh karena itu, lakukanlah scrub satu sampai dua kali seminggu. Bahkan, kamu yang memiliki kulit tipe kering cukup satu kali dua minggu.

10. Sering menyentuh wajah

Meyentuh wajah dengan tangan kotor.

Meyentuh wajah dengan tangan kotor. via http://topmetro.news

Memainkan telepon genggam, memakan cemilan, membaca buku, lalu menyentuh wajah tanpa mencuci tangan dahulu. Bayangkan berapa banyak kuman yang ada dalam tangan berpindah ke wajah. Kuman inilah yang dapat menyebabkan timbulnya jerawat. Untuk itu, jangan menyentuh wajah dengan sering. Jika ingin menyentuhnya, jangan lupa untuk cuci tangan dengan bersih dahulu.

Itulah dia 10 kebiasaan kecil yang sering tidak kita sadari, justru membuat wajah kita terkena kuman dan menyebabkan jerawat. Semoga setelah menghindari hal-hal di atas, jerawatmu tak akan datang lagi, ya!

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya

Advertisement

“Artikel ini merupakan kiriman dari pembaca hipwee, isi artikel sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.”

Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

Football, music, movie, drama, and writing enthusiast. Interest in politic, social issues, and woman empowerment. Feel free to discuss or little talk @abidahac

CLOSE